Senin, 17 Juni 2019

RPP Eko_X_BAB.5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

                                                                Sekolah                                : SMA Negeri 3 Pemalang
                                                                Mata Pelajaran                 : Ekonomi
                                                                Kelas/Semester                : X / Satu
                                                                Materi Pokok                     : Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar
                                                                Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit (2 kali pertemuan)
                                                   
A.        Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator :
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar
Pertemuan ke 14
3.4.18. Menjelaskan pengertian pasar dan jenis-jenis pasar
3.4.19. Mengidentifikasi peran pasar dalam perekonomian
3.4.20. Mendeskripsikan bentuk-bentuk pasar barang (output)

Pertemuan ke 15
3.4.21. Menjelaskan grafik pembentukan harga barang pada berbagai bentuk pasar
3.4.16. Menjelaskan kebaikan dan keburukan berbagai bentuk pasar output
4.4   Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar
o  Setiap kelompok menulis kembali tentang Konsep Pasar dan struktur pasar
o  Menyajikan hasil diskusi kelompok tentang Macam-macam pasar dan struktur pasar

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah  mengikuti  kegiatan   pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Smart Teaching, peserta didik dapat Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar, khususnya materi yang berhubungan dengan peran pasar dalam perekonomian, serta menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan di pasar dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras, toleransi dan bekerja sama.

D.        Materi  Pembelajaran
Peran pasar dalam perekonomian
·      Pengertian pasar
·      Peran pasar dalam perekonomian
·      Macam-macam pasar
·      Struktur pasar /bentuk pasar
·      Peran Iptek terhadap perubahan jenis dan struktur pasar

E.              Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.         Pendekatan    : Saintifik
b.        Model                : PBL
c.         Metode            : Ceramah, Diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       Media Pembelajaran

Media/Alat               : Laptop, LCD, Peta Konsep dan Power point

 

G.        Sumber Belajar

Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi  1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta: CV Putra Kertonatan
Ismawanto. 2017. Panduan Materi Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi Insani.
Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran

a.       Pertemuan Minggu XIV (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a) Kelas  dipersiapkan   agar  lebih  kondusif  untuk   proses  belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan  kelas, menyiapkan  media  dan  alat serta  buku  yang diperlukan).
b) Peserta   didik  disinggung   tentang  materi   minggu   lalu  yaitu diagram arus  kegiatan ekonomi kemudian dihubungkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan pasar dan kondisi kehidupan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
d) Peserta  didik dibagi  menjadi  enam  kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.

20 menit
Inti
a) Sebelum  peserta  didik mempelajari  Pelaku-pelaku kegiatan ekonomi,   peserta didik dapat   diberikan  apersepsi  dengan menanyakan tentang pasar dalam kegiatan ekonomi yang mereka ketahui.
b) Kelompok I, II dan III ditugaskan untuk melakukan kajian tentang pengertian pasar dan peran pasar dalam perekonomian melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
c) Kelompok IV, V dan VI ditugaskan untuk  melakukan  kajian tentang bentuk-bentuk pasar barang (output) melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
d) Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang  dikaji. Hasil kajian  itu sebaiknya didukung  dengan gambar-gambar yang relevan.
e) Kelompok  I dan V ditunjuk   oleh   guru   untuk   mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok II, III, IV dan VI yang tidak presentasi  dapat  mengajukan pertanyaan.
f) Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja.
g) Hasil diskusi kelompok kemudian  dikumpulkan  kepada  guru.

100 menit
Penutup
a) Peserta  didik  dapat   ditanya  apakah   sudah  memahami  materi tersebut.
b) Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas kerja.
c) Guru  menutup pembelajaran minggu ke-14  ini             dengan memberikan   ringkasan  tentang makna  Pasar dalam kegiatan ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15 menit

b.      Pertemuan Minggu XV (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a) Kelas  dipersiapkan   agar  lebih  kondusif  untuk   proses  belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan  kelas, menyiapkan  media  dan  alat serta  buku  yang diperlukan).
b) Peserta   didik  disinggung   tentang  materi   minggu   lalu  yaitu Pengertian pasar dan  peran pasar dalam perekonomian kemudian menghubungkannya dengan kegiatan ekonomi masayarakat dan kondisi kehidupan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.

20 menit
Inti
a) Sebelum  peserta  didik mempelajari  grafik dalam bentuk-bentuk pasar output,   peserta didik dapat   diberikan  apersepsi  dengan menanyakan tentang perbedaan antara pasar sempurna dan pasar tidak sempurna yang mereka ketahui.
b) Peserta didik diajak untuk mengamati berbagai gambar/foto atau video tentang kegiatan yang ada di suatu pasar kemudian peserta didik diminta untuk memberikan komentar tentang kegiatan yang ada di pasar tersebut dan
c) Peserta didik disuruh untuk membandingkan antara kegiatan ekonomi masyarakat yang berkaitan tentang pasar dengan teori yang ada di buku-buku yang tersedia di perpustakaan.
d) Peserta didik diajak menganalisis gambar pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna dengan bimbingan guru
e) Peserta didik diminta untuk memahami ciri-ciri, kebaikan dan keburukan pasar persiangan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna
f) Peserta didik disuruh untuk mengerjakan soal pada uji pemahaman materi

100 menit
Penutup
a) Peserta  didik  dapat   ditanya  apakah   sudah  memahami  materi tersebut.
b) Peserta didik diminta untuk mengumpulkan jawaban uji pemahaman materi
c) Peserta didik dibagi  menjadi  enam  kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI) dan diberikan tugas untuk melakukan browsing internet yang berkaitan dengan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, termasuk gambar atau foto kegiatan pasar tersebut.
 d) Peserta didik diminta untuk menyusun laporan hasil penugasan tersebut
e) Guru  menutup pembelajaran minggu ke-15 ini             dengan memberikan   ringkasan  tentang makna bentuk-bentuk pasar. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15     menit

I.           Penilaian Proses da Hasil Pembelajaran
1.    Teknik Penilaian :
A.   Penilaian Pengetahuan       :     Tes Tertulis
B.    Penilaian Keterampilan       :     Unjuk Kerja/ Praktik dan Portofolio
2.    Bentuk Penilaian              :              
A.   Tes tertulis                    : Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian
B.    Unjuk kerja                  : lembar penilaian presentasi dan pedoman penilaian
C.    Portofolio                      : Pengumpulan tugas mandiri
3.    Instrumen penilaian        : terlampir
4.    Alat Penilaian                     : Soal terlampir




     Pemalang,  ­­­­­­­­­­­­­­­­16 Juli 2018
         Mengetahui,                                                                 Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA Negeri 3 Pemalang                                             


                                               
CAHYONO, S.Pd., M.Si.                                                 SRI PUJIASTUTI,S.Pd.
NIP. 19680102 199301 1 004                                        NIP. 19780924 200701 2 007


Lampiran Materi Pembelajaran
Materi Pertemuan XIV

PASAR DALAM KEGIATAN EKONOMI

A.    PASAR (MARKET)

1.       Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melaksanakan tukar menukar barang/jasa dengan sistem, prosedur dan interaksi dan komunikasi antara kedua belah pihak sehingga dapat menentukan harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan.

2.       Peran Pasar dalam Perekonomian
a.         Pasar sebagai tempat untuk memperdagangkan barang/jasa atau sarana distribusi barang/jasa.
b.        Pasar sebagai tempat untuk menawarkan barang-barang yang masih baru/langka atau sebagai tempat promosi.
c.         Pasar dapat meningkatkan kegiatan perekonomian masyarakat atau pemberdayaan ekonomi masyarakat.
d.        Pasar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan perkapita, sehinga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
e.        Pasar menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam memperdagangkan barang/jasa
f.          Pasar memperlancar arus uang dan arus barang/jasa.
g.         Pasar membantu pemerintah dalam meningkatkan penerimaan negara.
h.        Pasar dapat mewujudkan peningkatan pembangunan ekonomi negara.
i.           Pasar dapat mengurangi pengangguran atau dapat menciptakan lapangan pekerjaan.
j.          Pasar mengurangi praktik monopoli yang merugikan masyarakat.

B.    BENTUK-BENTUK PASAR BARANG (OUTPUT)

1.   Bentuk-bentuk Pasar (Output) dan Ciri-Cirinya
a.   Pasar Berdasarkan Wujudnya
Pasar berdasarkan wujudnya ini, dibedakan menjadi dua, yaitu pasar konkret dan pasar abstrak.
b.    Berdasarkan Waktu Terjadinya
Menurut waktu terjadinya, pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer.
c.     Berdasarkan Luas Jangkauannya
Berdasarkan luas Jangkauannya, pasar dibedakan menjadi tiga, yaitu pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.
d.    Berdasarkan Hubungannya dengan Proses Produksi
              Berdasarkan hubungannya dengan proses produksi, pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input.
e.    Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual dan Pembeli)
              Struktur pasar dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

2.   Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market)
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat mobilitas sempurna  dari  sumber  daya  serta  adanya  pengetahuan  yang sempurna  baik  pembeli  maupun  penjual,  sehingga  kekuatan permintaan dan penawaran dapat bergerak bebas. Contoh pasar persaingan  sempurna,  antara  lain,  bursa  efek  atau  pasar  modal atau pasar uang.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna diantaranya :
a.        Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
b.       Barang yang dijual bersifat homogen
c.        Terdapat kebebasan keluar masuk pasar, baik bagi pembeli maupun penjual (Free entry and Exit)
d.       Ada mobilitas barang, sehingga pembeli dapat memperoleh barang dalam jumlah berapapun
e.       Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya.
f.         Produsen/penjual dan konsumen tidak dapat menentukan harga pasar (price maker), tetapi sebagai pengambil harga (price taker) atau Perusahaan menerima harga yang ditentukan oleh pasar (price taker)
g.        Kurva permintaan yang dihadapi  seorang produsen adalah garis lurus horizontal, artinya harga cenderung stabil walaupun jumlah barang yang terjual mengalami perubahan, sehingga kurva permintaan sama dengan kurva Penerimaan Rata-rata (Average Revenue = AR) dan Kurva Penerimaan Marjinal (Marginal Revenue = MR).

3.   Pasar  Persaingan  Tidak  Sempurna  (Imperfect Competition Market)
Adapun jenis-jenis pasar persaingan  tidak  sempurna  terdiri  atas  pasar  monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
a)   Pasar Monopoli
Pasar Monopoli adalah Pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai pasaran
Sebab-sebab terjadinya pasar monopoli, antara lain, sebagai berikut:
(1)   penguasaan bahan mentah,
(2)   penguasaan teknik produksi  tertentu,
(3)   pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten),
(4)   adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),
(5)   adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
(6)   memiliki  modal  yang  besar  (karena  penggabungan perusahaan),
(7)   memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,
(8)   adanya keterbatasan pasar.
Ciri-ciri pasar monopoli antara lain :
1)    Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual/produsen
2)    Jenis barang yang diproduksi tidak ada barang penggantinya (no substituties) yang mirip.
3)    Adanya hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
4)    Penjual ini tidak memengaruhi harga serta output dari produk lain yang dijual dalam perekonomian.
5)    Perusahaan mempunyai kekuatan untuk menetapkan harga jual barang (price maker / price setter) sehingga dalam pasar monopoli sering terjadi eksploitasi konsumen, yakni penetapan harga yang tinggi atau memiliki daya monopoli (Monopoly power)
6)    Kurva permintaan yang dihadapi monopolis adalah juga kurva permintaan pasar / industry, yakni melereng dari kiri atas ke kanan bawah

b)   Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu keadaan pasar di mana terdapat beberapa produsen atau penjual menguasai penawaran, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama. Umumnya, jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. 
Ciri-ciri pasar oligopoli antara lain :
1)       Terdapat sedikit penjual (3 sampai dengan 10) yang menjual produk substitusi, artinya yang mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang (cross selasticity of demand) yang tinggi.
2)       Barang yang dihasilkan adalah barang diferensial atau homogen
3)       Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoly. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
4)       Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.
5)       Terjadi persaingan non harga
6)       Kurva permintaan pasar berbentuk patah (Kinked Demand Curve).
7)       CR 4 melebihi 40% atau CR4 > 40

c)   Pasar Monopolistik
Pasar  persaingan  monopolistik  adalah  pasar  yang  terjadi bila  dalam  suatu  pasar  terdapat  banyak  produsen,  tetapi ada  diferensiasi  produk  (perbedaan  merek,  bungkus,  dan sebagainya) di antara produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing produsen.
      Ciri-ciri pasar Monopolistis antara lain :
1)       Terdapat banyak penjual
2)       Barangnya bersifat berbeda corak/diferensiasi (merk, mutu, ukuran, bentuk, model, warna, kemasan/bungkus, pelayanan penjualan dan tehnologi)
3)       Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
4)       Masuk ke dalam industri relatif mudah
5)       Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif


INSTRUMEN PENILAIAN PERTEMUAN XIV

Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Berikan penjelasan tentang pasar secara umum ?
2.       Mengapa manusia atau masyarakat sangat membutuhkan pasar?
3.       Berikan contoh yang termasuk pasar konkrit dan pasar abstrak!
4.       Apa perbedaan antara pasar lokal, pasar nasional dan pasar internasional?
5.       Bagaimana peran pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat?
Score : Setiap soal memiliki nilai 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4

TUGAS DISKUSI KELOMPOK
Lakukanlah diskusi tentang permasalaan berikut dengan rekan kelompokmu!
1.     Carilah informasi mengenai peran pasar dalam perekonomian nasional!
2.     Informasi bisa diperoleh melalui media massa maupun internet.
3.     Kumpulkanlah hasil pekerjaan kepada guru untuk memperoleh apresiasi.

Materi Pertemuan XV


INSTRUMEN PENILAIAN PERTEMUAN XV
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Bagaimana keberadaan pasar persaingan sempurna dalam kenyataannya di masyarakat? Beri penjelasan!
2.       Identifikasikan  monopoli  apa  saja  yang  terdapat  di masyarakat!
3.       Jelaskan ciri-ciri pasar persaingan sempurna!
4.       Gambarkan pasar persaingan sempurna yang menunjukkan rugi minimum beserta penjelasan yang diperlukan!
5.       Gambarkan pasar persaingan monopoli yang menunjukkan rugi minimum beserta penjelasan yang diperlukan!
6.       Berikan penjelasan tentang diferensiasi produk dalam pasar persaingan monopolistik!
7.       Mengapa dalam pasar oligopoli terjadi kurva permintaan yang patah (kinkerd demand curve)!
8.       Berikan tiga contoh jenis pasar yang tergolong dalam pasar oligopoli!
9.       Identifikasi ciri-ciri pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli!
10.   Coba kamu amati lingkungan sekitarmu tentang kegiatan ekonomi yang menunjukkan adanya pasar! Identifikasikan kegiatan pasar tersebut dan klasifikasikan jenis pasar tersebut ke dalam kelompok pasar persaingan sempurna ataukah pasar persaingan tidak sempurna!
Score : Setiap soal memiliki nilai 5
Nilai akhir :

Tugas :
TUGAS DISKUSI KELOMPOK
Salah satu contoh pasar persiangan sempurna adalah Bursa Efek Indonesia. Cobalah kamu bersama teman-teman melakukan browsing internet yang berkaitan dengan kegiatan di Bursa Efek Indonesia. Setelah memperoleh bahan yang dimaksud, diskusikan kegiatan jual-beli surat berharga yang dilakukan oleh pasar tersebut. Buatlah laporan hasil diskusi untuk dipresentasikan!

TUGAS MANDIRI
1.         Apakah mungkin sebuah perusahaan milik negara yang bersifat monopoli mengalami kerugian?
2.    Carilah sumber untuk memberikan contoh perusahaan negara yang bersifat monopoli akan tetapi mengalami kerugian!
3.         Buatlah laporan hasil jawaban kemudian dipresentasikan!






Materi Pertemuan XV

C.    GRAFIK BENTUK PASAR BARANG
1. Grafik Pasar Persaingan Sempurna
Kurva permintaan yang dihadapi  seorang produsen adalah garis lurus horizontal, artinya harga cenderung stabil walaupun jumlah barang yang terjual mengalami perubahan, sehingga kurva permintaan sama dengan kurva Penerimaan Rata-rata (Average Revenue = AR) dan Kurva Penerimaan Marjinal (Marginal Revenue = MR). Sedangkan kurva permintaan pasarnya melereng dari kiri atas ke kanan bawah atau memiliki Slope Negative.
Kurva Permintaan Pasar                                             Kurva Permintaan di Perusahaan
        Harga (P)                                                       Harga (P)
                                                   S

                                                                                                        P = D = AR = MR

                                                  D

                        Kuantitas (Q)                                                  Kuantitas (Q)
Dalam jangka pendek perusahaan dalam pasar persaingan sempurna dapat memperoleh laba/keuntungan atau dapat menderita kerugian. Namun dalam jangka panjang tiap perusahaan hanya memperoleh laba normal (Normal Profit). Laba normal adalah suatu tingkat keuntungan yang dianggap cukup lumayan besar bagi perusahaan-perusahaan yang sudah ada dalam industri, sehingga mereka tidak ingin keluar dari industri atau pasar.

        Keseimbangan perusahaan dalam jangka pendek atau  Keuntungan Maksimum pada pasar      Persaingan sempurna
Keterangan :
1.     Kurva permintaan sama atau berimpit dengan kurva harga (P), AR dan MR
2.     Harga pasar berbentuk saat MC memotong MR, yaitu setinggi OP1
3.     TR = OQ1BP1
4.     TC = OQ1AP2
5.     Keuntungan maksimum sebesar P12AB dengan jumlah output OQ1 dan harga OP1
6.     Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (Biaya produksi terendah)
Harga                                                          MC = S                       
                                                                                                       

                                                                                        AC          

        P1                                             B                       P=AR=MR=D

                                                       
       P2                                                                           
                                                          A

                                                                                       
                                                                               
            0                                       Q1                     Output           
Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang atau  Laba Normal pada pasar Persaingan sempurna
Keterangan :
1.     Kurva permintaan sama atau berimpit dengan kurva harga (P), AR dan MR
2.     Harga pasar berbentuk saat MC memotong MR, yaitu setinggi OP1
3.     Laba normal adalah titik singgung kurva D dengan kurva AC di titik minimum
4.     TR = TC, yaitu sebesar OQ1BP1
5.     Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang : P = D = MR = AR = MC = AC

                                                              
Harga                                                          MC = S                       
                                                                                                       

                                                                                        AC          

        P1                                           B                        P=AR=MR=D


                                                       
                                                                                       
                                                            
                                                                       
             0                                      Q1              Output  

2.  Grafik Pasar Monopoli
Keseimbangan perusahaan dalam jangka panjang atau Keuntungan maksimum (Laba super normal) pada pasar Monopoli
Keterangan :
1.     Kurva permintaan sama dengan kurva AR atau D = AR
2.     Harga berbentuk saat MC memotong MR, yaitu setinggi OP1
3.     TR = OQ1BP1
4.     TC = OQ1AP2
5.     Keuntungan maksimum / Laba Normal sebesar P12AB dengan jumlah output OQ1 dan harga OP1
6.     Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (Biaya produksi terendah)
        Harga                                                              MC

 
                                                                                  AC                                                                                       
          P1                               B


                                             A
          P2                              
                                                                                                                
                                                            
                                                        MR                             AR = D
                                       
                0                      Q1                                           Output
Sedangkan Monopoli Alamiah adalah perusahaan yang terus menerus menikmati skala ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, yang berarti Average Cost (AC) terus menerus menurun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Dalam jangka pendek monopolis bisa memperoleh laba/keuntungan atau dapat menderita keurgian. Namun dalam jangka panjang monopolis akan memperoleh laba super normal (Super Normal Profit).
Untuk mengurangi keburukan pasar monopoli, pemerintah membuat kebijakan, diantaranya :
1)       Melakukan pengaturan/penetapan harga maksimum (ceiling price)
2)       Pengenaan pajak kepada monopolis
3)       Pengaturan Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha yang tidak sehat (UU anti Monopoli, yaitu UU NOmor 5 tahun 1999)

3.  Grafik Pasar Oligopoli
Dalam pasar oligopoli terjadi kurva permintaan patah, Kurva Permintaan Patah adalah kurva yang dihadapi setiap perusahaan oligopoly yang berbentuk bengkok, karena apabila suatu perusahaan menurunkan harga, perusahaan lainnya akan mengikutinya, sebagai akibatnya permintaan tidak mengalami peningkatan yang besar.
Bentuk Kurva Permintaan Perusahaan Oligopoli sebagai berikut :
Keterangan :
1.       Kurva permintaan yang patah dari D ke D1, dan kurva permintaan bagian atas lebih elastic dan bagian bawah lebih inelastic
2.       Kurva MR juga patah dari MR ke MR1, dan kurva PR di bagian atas lebih elastic dan bagian bawah lebih inelastis
        P



        P
                                                              D

                                                              D1
                                                      MR
                                             MR1
                                Q    
Dengan demikian di dalam pasar oligopoly, penurunan harga dari suatu perusahaan cenderung akan diikuti oleh perusahaan yang lainnya agar mereka tidak kehilangan langganan. Tetapi apabila perusahaan menaikkan harga, maka perusahaan yang lainnya tidak akan menaikkan harga, agar tidak kehilangan langganannya. Sedangkan Kurva Marginal Revenue (MR) dan Kurva Permintaan sebelum terjadi patah lebih elastis atau sangat elastis, sedangkan setelah terjadi patah, kurvanya lebih inelastis atau sangat inelastis..
Kekuatan industri oligopoli (Oligopoly Power) dapat diukur dengan perhitungan Rasio Konsentrasi (Concentration Ratio), artinya rasio yang mengukur seberapa besar output atau pangsa pasar dikuasai oleh perusahaan yang dominan/besar (4 sampai dengan 6 perusahaan). Jika Konsentrasi rasio empat perusahaan (CR 4) adalah 60%, artinya 60% output/pangsa pasar dalam industri dikuasai oleh 4 perusahaan industri tersebut. Perusahaan / industri berada dalam oligopoli apabila CR 4 melebihi 40% atau CR4 > 40.

4.  Grafik Pasar Monopolistik
Bentuk Kurva keseimbangan perusahaan pada pasar monopolistis sama dengan kurva pada pasar monopoli, hanya dalam pasar monopolistis kurva permintaan (D), AR dan MR lebih elastis atau sangat elastis. Semakin banyak perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis, maka semakin elastis atau datar kurva permintaannya.

Grafik Keseimbangan perusahaan pada pasar Monopolistik
Keterangan :
1.     Kurva permintaan sama dengan kurva AR atau D = AR, berbentuk sangat elastis
2.     Harga berbentuk saat MC memotong MR, yaitu setinggi OP1
3.     TR = OQ1BP1
4.     TC = OQ1AP2
5.     Keuntungan maksimum / Laba Normal sebesar P12AB dengan jumlah output OQ1 dan harga OP1
6.     Kurva MC selalu memotong kurva AC minimum (Biaya produksi terendah)
        Harga                                                              MC

                                                        B                              AC
          P1                                                                                                                                
                                                                                           AR = D


                                             A                            MR
          P2                              
                                                          A                                                                   
                                                            
                                                       
                                       
                0                                 Q1                                Output


D.    KEBAIKAN DAN KELEMAHAN BENTUK PASAR BARANG

        1. Pasar Persaingan Sempurna

KEBAIKAN

KEBURUKAN
1.
Pembeli sangat mengetahui harga pasar sehingga sangat kecil terjadi kerugian atau kekecewaan
1.
Hanya terdapat satu atau dua industri/pasar yang mendekati persaingan sempurna,sedang sector yang lain banyak ketidaksempurnaan
2.
Konsumen merasa sejahtera, karena bebas memasuki pasar
2.
Terdapat factor eksternal yang tidak diperhitungkan dalam posisi kesejahteraan optimum konsumen
3.
Terdapat persaingan murni, karena barang yang diperjual- belikan homogen
3.
Tidak ada barang subtitusi karena bersifat homogen
4.
Harga cenderung stabil karena keadaan pasar dapat diketahui sebelumnya
4.
Konflik Efisiensi – Keadilan
5.
Mudah memilih atau menentukan barang yang diperjual- belikan


6.
Barang yang diproduksi dapat diperoleh dengan ongkos yang serendah-rendahnya



                2. Pasar Monopoli

KEBAIKAN

KEBURUKAN
1.
Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli
1.
Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen
2.
Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya
2.
Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
3.
Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar
3.
Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli



4.
Adanya unsure eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi

        3. Pasar Duopoli dan Oligopoli

KEBAIKAN

KEBURUKAN
1.
Industri-industri oligopoly bias mengadakan inovasi dan penerapan teknologi baru yang paling pesat
1.
Kemungkinan adanya keuntungan yang terlalu besar (excess profit) yang dinikmati produsen.
2.
Terdorong untuk berlomba penemuan proses produksi baru dan penurunan ongkos produksi
2.
Tidak efisiensi produksi karena setiap produsen tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minimum
3.
Lebih mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian
3.
Kemungkinan adanya eksploitasi konsumen maupun buruh


4.
Terdapat kenaikan harga (inflasi) yang merugikan masyarakat secara makro

        4. Pasar Monopolistis

KEBAIKAN

KEBURUKAN
1.
Konsumen memiliki banyak pilihan barang
1.
Tidak efisiennya produksi karena produsen tidak berproduksi dengan biaya rata-rata (AC) yang minimum.
2.
Produsen dapat menentukan harga sendiri-sendiri dalam satu pasar karena tidak ada persaingan.
2.
Terlalu banyak perusahaan kecil
3.
Masing-masing  monopolistik mempunyai keuntungan sendiri-sendiri karena memiliki pasar (konsumen) sendiri- sendiri
3.
Konsumen masih harus membayar harga produk yang lebih tinggi dari biaya produksi untuk menghasilkan produk tersebut, atau Plebih besar dari MC


PENILAIAN LAPORAN
Penilaian kompetensi ketrampilan         : Penilaian Proyek
KD
IPK
4.4.     Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar
4.4.2.        Mempresentasikan hasil penelitian tentang pasar dan terbentuknya harga pasar


Satuan pendidikan              : SMA NEGERI 2 Boyolali
Tahun pelajaran                   : 2017/2018
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi

No
Nama Siswa/Kelompok
Skor Perolehan
Jml
Kerjasama kellompok
Kecepatan pengerjaan
Ketepatan pengerjaan
Tehnik presentasi
Laporan
1.







2.







3.







4.







5.







6.
























Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100

Nilai akhir ketrampilan :




Penilaian kompetensi ketrampilan         :  Portofolio
KD
IPK
4.4. Menyajikan hasil pengamatan tentang perubahan harga dan kuantitas keseimbangan  di pasar
4.4.2.        Mempresentasikan hasil penelitian tentang pasar dan terbentuknya harga pasar

Satuan pendidikan              : SMA NEGERI 2 Boyolali
Tahun pelajaran                   : 2017/2018
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
No
Nama Siswa
SKOR
Nilai Akhir
Ketepatan waktu
Kerapihan
Kebenaran Jawaban
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.





11.





12.





13.





14.





15.





16.





17.





18.





19.





20.





21.





22.





23.





24.





25.





26.





27.





28.





29.





30.





31.





32.





33.





34.





35.





36.





Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100
Nilai Akhir =
SOAL ULANGAN HARIAN
1.       Perbedaan pasar monopoli dengan pasar monopsoni berdasarkan pada distribusi adalah pada pasar monopoli terdapat … .
  1. Satu pembeli banyak penjual, pada pasar monopsoni satu penjual banyak pembeli
  2. Satu penjual banyak pembeli, pada pasar monopsoni satu pembeli banyak penjual
  3. Satu pembeli satu penjual, pada pasar monopsoni satu pembeli banyak penjual
  4. Satu pembeli banyak penjual, pada pasar monopsoni banyak pembeli dan penjual
  5. Banyak pembeli satu penjual, pada pasar monopsoni banyak pembeli dan penjual

2.       Perhatikan ciri pasar barang berikut ini!
(1)   Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar
(2)   Barang yang diperdagangkan bersifat homogen
(3)   Masing-masing penjual mempunyai kekuatan menentukan harga
(4)   Produsen bebas keluar masuk pasar
(5)   Penjual sebagai price taker
(6)   Produsen baru sulit memasuki pasar
Yang termasuk ciri-ciri pasar oligopoli adalah … .
A.    (1), (2), dan (3)
B.    (1), (3), dan (6)
C.    (2), (4), dan (5)
D.    (3), (4), dan (5)
E.     (4), (5), dan (6)

3.       Perhatikan pernyataan berikut!
(1)   Permintaan datangnya dari rumah tangga konsumen
(2)   Penawaran datangnya dari rumah tangga konsumen
(3)   Memperoleh penghasilan berupa gaji
(4)   Berperan sebagai pelaku proses       produksi
(5)   Tinggi rendah balas jasa dipengaruhi faktor letak
Yang merupakan pasar faktor produksi tenaga kerja adalah … .
A.    (1), (2), dan (3)
B.    (1), (3), dan (5)
C.    (2), (3), dan (4)
D.    (2), (3), dan (5)
E.     (3), (4), dan (5)

4.       Kurva permintaan yang dihadapi sebuah perusahaan dalam pasar Persaingan Sempurna berbentuk
a.     menurun dari kiri atas ke kanan bawah
b.     naik dari kiri bawah ke kanan atas
c.     horizontal
d.     vertikal
e.     patah (kinked demand curve)

5.       Dalam industri yang oligopolistis dikenal adanya ketegaran harga (price rigidity). Hal ini disebabkan .....
a.    kalau perusahaan menurunkan harga perusahaan lain turut menurunkan harga, sedangkan kalau menaikkan harga perusahaan lain tidak mengikutinya
b.    kalau perusahaan menurunkan atau menaikkan harga, perusahaan lain tidak mengikutinya
c.     kalau perusahaan menurunkan atau menaikkan harga, perusahaan lain mengikutinya
d.    perusahaan akan menderita rugi bila harganya diturunkan atau dinaikkan
e.    adanya kesepakatan tentang harga yang dicapai dalam asosiasi produsen

6.       Dalam jangka panjang Perusahaan yang berada di pasar sempurna hanya memperoleh laba normal, karena Bila masih diperoleh laba, maka banyak perusahaan lain akan masuk ke dalam industri, akibatnya .....
A.       Kurva permintaan pasar bergeser ke kanan dan jumlah barang yang dihasilkan tiap perusahaan menjadi lebih banyak
B.       Kurva permintaan pasar bergeser ke kiri dan jumlah barang yang dihasilkan tiap perusahaan menjadi lebih sedikit
C.       Kurva penawaran pasar bergeser ke kanan dan jumlah barang yang dihasilkan tiap perusahaan menjadi lebih banyak
D.       Kurva penawaran pasar bergeser ke kiri dan jumlah barang yang dihasilkan tiap perusahaan menjadi lebih sedikit
E.       Kurva penawaran pasar bergeser ke kanan dan jumlah barang yang dihasilkan tiap perusahaan menjadi lebih sedikit

7.       Berikut adalah hal-hal yang berhubungan dengan pasar persaingan sempurna, KECUALI ….
a.   dalam jangka panjang perusahaan hanya dapat memperoleh laba normal
b.   dalam jangka pendek perusahaan dapat memperoleh laba dan rugi
c.   kurva MR berimpit dengan kurva AR dan D
d.   perusahaan  yang mengalami kerugian dan perusahaan yang tidak efisien keluar dari pasar
e.   perusahaan-perusahaan (karena jumlahnya banyak) dapat memengaruhi harga pasar

8.       Berikut  berhubungan dengan oligopoli,  KECUALI ….
a.     barang yang dijual bisa homogen bisa juga diferensiasi
b.      jika harga diturunkan maka perusahan lain juga ikut menurunkan harga sehingga kurva permintaannya inelastis
c.     jika harga dinaikkan belum tentu perusahaan lain juga menaikkan harga, sehingga kurva permintaannya elastis
d.      harga dalam pasar oligopoli cenderung kaku/tegar
e.     terjadi persaingan harga di antara penjual

9.       Dalam jangka panjang, perusahaan yang berada di pasar persaingan monopolistik .....
A.    hanya akan memperoleh laba normal, di mana harganya lebih besar dari penerimaan marginal, namun tidak pada biaya rata-rata minimum
B.     hanya akan memperoleh laba normal, di mana harganya lebih besar dari penerimaan marginal, pada biaya rata-rata minimum
C.     hanya akan memperoleh laba normal, di mana harganya sama dengan penerimaan marginal
D.    menderita kerugian, karena banyak perusahaan yang akan masuk ke dalam industri
E. memperoleh laba super normal, karena perusahaan memiliki daya monopoli

10.    Pada perusahaan monopoli, .....
A.    kurva permintaan dan kurva penerimaan marginal perusahaan adalah sama dengan kurva permintaan dan kurva penerimaan marginal pasar
B.     dalam jangka pendek tidak akan akan menderita rugi, karena dia satu-satunya perusahaan di industri itu
C.     laba maksimum tercapai pada saat biaya produksi per unitnya adalah minimum
D.    dalam jangka pendek dapat menderita rugi walaupun harganya di atas biaya marginal
E.     perusahaan dapat menerapkan kebijakan diskriminasi harga, dengan demikian kurva permintaannya patah di mana bagian atas elastis dan bagian bawah inelastis

11.    Pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar tersebut, sehingga sangat dominan dalam menentukan harga disebut pasar…..
a.        Monopoli               d. Oligopsoni
b.       Monopsoni            e. Persaingan sempurna
c.        Oligopoli

12.    Dalam jangka panjang, setiap perusahaan pada pasar persaingan sempurna .....
A.    berproduksi pada saat biaya per unit yang minimum
B.     berproduksi pada saat penerimaan total yang maksimum
C.     akan menghasilkan barang diferensiasi untuk menghindari kerugian
D.    perlu mengiklankan barang hasil produksinya karena persaingan semakin ketat mengingat perusahaan lain sangat mudah masuk ke dalam industri (free entry and exit)
E.     setiap perusahaan akan hanya memperoleh laba normal di mana biaya rata-rata sama dengan biaya variabel rata-rata, karena dalam jangka panjang semua biaya adalah variabel (tidak ada biaya tetap)

13.    Pasar persaingan sempurna dalam jangka panjang akan hanya memperoleh laba normal. Kondisi tersebut digambarkan oleh keadaan berikut ini, KECUALI....
a.      kurva permintaan menyinggung minimum kurva biaya rata-rata
b.      harga sama dengan biaya marginal
c.      harga sama dengan penerimaan marginal
d.      perusahaan berproduksi pada tingkat output di mana biaya marginal lebih besar dari biaya variabel rata-rata
e.      perusahaan berproduksi pada tingkat output di mana penerimaan marginal lebih besar dari biaya rata-rata

14.    Perhatikan gambar berikut ini:
Berdasarkan gambar diatas, area dimana masyarakat akan memperoleh keuntungan jika monopoli dihapuskan ditunjukkan oleh area:
A.
A
dan
B.
B.
A
dan
C.
C.
A
dan
D
D.
D
dan
B.
E.
D
dan
C.

15.    Perhatikan gambar berikut ini:
Mengacu pada gambar diatas, berapa harga dan kuantitas keseimbangan jika pasar yang dimaksud berstruktur persaingan sempurna?
A.      Rp. 20 Juta dan 1.000 unit
B.      Rp. 13,50 Juta dan 325 unit
C.      Rp. 7 Juta dan 325 unit
D.      Rp. 10 Juta dan 500 unit
E.       Rp. 7 Juta dan 750 unit

16.    Perhatikan gambar berikut ini :
 















Mengacu pada gambar diatas, pada struktur pasar persaingan monopolistik, kurva permintaan ditunjukkan oleh:
A.      Kurva A
B.      Kurva B
C.      Kurva C
D.      Kurva D
E.       Tidak ada jawaban yang benar

17.    Dalam jangka panjang (long-run), kondisi pasar persaingan sempurna  (Perfect competition) menyatakan bahwa tidak ada satupun perusahaan yang :
A. Mendapatkan keuntungan normal
B. Melakukan produksi pada level produksi (kuantitas) dimana harga yang berlaku sarna dengan rata-rata biaya total jangka panjang (Long-run Average Total Cost / LRATC)
C. Memiliki insentif untuk masuk maupun keluar dari pasar
D. Mendapatkan keuntungan secara akuntansi
E. Mendapatkan keuntungan secara ekonomi

18.    Untuk mengurangi dampak negatif pada pasar monopoli, pemerintah dapat mengenakan pajak lumpsum. Kebijakan tersebut akan mengakibatkan bergesernya ....
a.            kurva biaya rata-rata dan biaya marginal monopolis ke atas
b.            kurva biaya marginal monopolis ke atas, sedangkan kurva biaya rata-ratanya tetap
c.            kurva biaya variabel monopolis ke atas
d.            kurva penerimaan marginal monopolis ke kiri
e.            kurva biaya rata-rata monopolis ke atas, sedangkan kurva biaya marginalnya tetap

19.    Perhatikan kurva keseimbangan berikut ini.
    Rp
                                                                   MC


    P                                  E                              D=MR=AR
                                                        AC
    A                                     B



                        Q1          Q*               Q2
Pernyataan yang tidak tepat dari kurva keseimbangan di atas adalah …..
a.        Perusahaan berusaha memproduksi pada saat MC = MR agar perusahaan memperoleh laba maksimum
b.       Laba yang diperoleh perusahaan adalah sama dengan luas bidang ABEP, disebut juga laba super normal
c.        Kurva keseimbangan di atas adalah kurva keseimbangan jangka pendek dalam pasar persaingan sempurna
d.       Perusahaan maksimal memproduksi sebanyak Q2, karena biaya rata-rata masih di bawah tambahan biaya total
e.       Jika perusahaan memproduksi sebesar Q1, maka masih diperkenankan untuk menambah output, karena tambahan penerimaan masih lebih besar dari tambahan biaya

20.    Berdasarkan ciri-cirinya pada pasar persaingan sempurna, kurva permintaan yang dihadapi perusahaan berbentuk horizontal, hal itu karena …..
a.            dalam jangka panjang perusahaan hanya memperoleh laba normal
b.            terdapat banyak perusahaan dalam industri dan dihasilkan barang homogen
c.            terdapat banyak perusahaan dalam industri dan mudah masuk ke dalam industry
d.            terdapat banyak perusahaan dalam industri dan tidak ada intervensi dari pemerintah
e.            perusahaan memiliki pengetahuan/informasi yang sempurna tentang keadaan pasa

21.    Salah satu ciri pasar persaingan monopolistis adalah …..
a.   banyak perusahaan menghasilkan barang yang serupa
b.  barang-barang yang dihasilkan dalam industry itu adalah sama tetapi berbeda corak
c.   terdapat beberapa halangan yang kuat pada perusahaan-perusahaan baru untuk memasuki industry
d.   kurva permintaan yang dihadapi setiap perusahaan adalah seperti yang dihadapi dalam pasar persaingan sempurna
e.   kurva permintaan dan penawaran pasar berbentuk garis lurus vertical

22.    Ciri pasar monopoli yang tidak terdapat pada pasar persaingan sempurna adalah .....
a.       Harga ditentukan oleh produsen
b.       Dalam jangka panjang hanya diperoleh laba normal
c.        Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
d.       Pembeli dan penjual relatif banyak
e.       Adanya informasi pasar yang sempurna

23.    Bila dalam pasar persaingan sempurna kurva-kurva biaya marjinal dari titik minimum biaya variabel rata-rata ke atas tiap perusahaan dijumlahkan secara horisontal akan diperoleh .....
A.       Kurva biaya marjina pasar
B.       Kurva penawaran pasar suatu barang
C.       Kurva permintaan pasar suatu barang
D.       Kurva Engel pasar
E.        Kurva penawaran agregat

24.    Pada perusahaan monopoli telah terjadi eksploitasi, baik terhadap konsumen maupun tenaga kerja. Eksploitasi pada monopolis tersebut terjadi karena ....
a.     harga di atas biaya marginal
b.    harga di atas biaya rata-rata
c.     berproduksi tidak pada saat penerimaan marginal sama dengan biaya marginal
d.    berproduksi tidak pada saat biaya rata-rata yang minimum
e.    menetapkan harga seenaknya / setinggi-tingginya

25.    Perusahaan dalam pasar persaingan sempurna dalam jangka pendek akan tetap berproduksi walaupun menderita rugi, karena ....
a.     tambahan penerimaan lebih besar dari tambahan biayanya
b.    tambahan penerimaan lebih besar dari tambahan biaya dari bertambahnya produksi sebanyak satu unit
c.     harganya masih di atas biaya variabel rata-rata
d.    harganya masih di atas biaya marginal
e.    biaya rata-ratanya (biaya per unitnya) minimum

1 komentar:

  1. Caesars Casino in Atlantic City, NJ - Dr.MCD
    Caesars 진주 출장샵 Casino in Atlantic City 평택 출장안마 is a 포천 출장마사지 one stop shop for all things casino entertainment. Enjoy quality dining, exciting slots, a wide 의정부 출장샵 variety of 김제 출장샵 entertainment

    BalasHapus