Senin, 17 Juni 2019

RPP Eko_X_BAB.1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

       Sekolah                             : SMA Negeri 3 Pemalang
       Mata Pelajaran                  : Ekonomi
       Kelas/Semester                 : X / Satu
       Materi Pokok                    : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
       Alokasi Waktu                  :12 x 45 menit (4 kali pertemuan)

A.        Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator :
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1.  Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
Pertemuan Minggu ke 1
3.1.1.         Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
3.1.2.         Mengidentifikasi manfaat dan tujuan mempelajari ilmu ekonomi
3.1.3.         Menjelaskan pengertian kelangkaan
3.1.4.         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
Pertemuan Minggu ke 2
3.1.5.         Mendeskripsikan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3.1.6.         Menjelaskan pengertian kebutuhan
3.1.7.         Mendeksripsikan macam-macam kebutuhan
3.1.8.         Menentukan skala priorikas kebutuhan manusia
3.1.9.         Mendeskripsikan macam-macam alat pemuas kebutuhan
3.1.10.     Mendeskripsikan jenis-jenis kegunaan barang dan jasa
Pertemuan Minggu ke 3
3.1.11.     Menjelaskan pengertian biaya peluang
3.1.12.     Menghitung besarnya biaya peluang
3.1.13.     Mendeskripsikan biaya peluang
3.1.14.     Menjelaskan pengertian prinsip ekonomi
3.1.15.     Mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi
3.1.16.     Menjelaskan pengertian motif ekonomi
3.1.17.     Mengidentifikasi motif seseorang bertindak ekonomi
Pertemuan Minggu ke 4
3.1.18.     Menjelaskan pembagian ilmu ekonomi
3.1.19.     Mendeskripsikan konsep dasar ilmu ekonomi
3.1.20.     Menjelaskan pengertian ekonomi syariah
3.1.21.     Mengidentifikasi tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah
3.1.22.     Mendeskripsikan konsep ekonomi syariah
4.1.  Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

4.1.1.       Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.       Mempresentasikan hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

C.        Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik dapat mendeskripsikan  konsep ilmu ekonomi dan menyajikan permasalahan kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan serta cara mengatasinya dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja sama.

D.        Materi  Pembelajaran
Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
1.       Pengertian ilmu ekonomi
2.       Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
3.       Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas
4.       Kebutuhan  dan alat pemuas kebutuhan
5.       Biaya peluang (opportunity cost)
6.       Prinsip ekonomi
7.       Motif ekonomi
8.       Pembagian ilmu ekonomi
9.       Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah)

E.         Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.         Pendekatan    :Saintifik
b.        Model                                : PBL (Problem Based Learning)
c.         Metode            : Ceramah, Diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.         Media Pembelajaran

Media/Alat               : Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point

 

G.        Sumber Belajar

Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi 1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta:CV Putra Kertonatan
Ismawanto. 2017. PanduanMateri Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi Insani.
Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber

H.        Langkah-Langkah Pembelajaran

a.       Pertemuan Minggu I (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1)Guru mempersiapkankelas  agar lebih  kondusif untuk memulai proses belajarmengajar dengan mengajak berdoa kepada Tuhan.
2)Guru mempersiapkankelas  agar lebih  kondusif untuk proses belajarmengajar; kerapiandankebersihan  ruangkelas, mengajak berdoa, presensi (absensi, kebersihan,   kelas, menyiapkan media dan alat serta bukuyangdiperlukan).
3)GurumenyampaikantopiktentangKonsep Ilmu Ekonomi. Namunsebelummengkajilebihlanjuttentang topikitu, secara khusus guru mengadakansesiperkenalan. Diusahakan masing-masingpeserta didikbisatampiluntukmemperkenalkan diri (minimalsebut nama, alamat, cita-cita),terakhirguru memperkenalkandiri.
4)Gurumemberikanmotivasidanbersyukurbisabersekolah,(Usahakan45 menitpertama kegiatan 1, 2, dan3sudahselesai).
5)Guru menegaskankembali  tentangtopik dan menyampaikan kompetensiyangakandicapai.
45 menit
Inti
1) Sebelum peserta  didikmempelajari pengertianilmu ekonomi, gurudapat menunjukkanpendapat tentang ilmu ekonomi dari beberapa tokoh. Guru  dapat memulai pelajaran dengan mengemukakan tentang konsep ilmu ekonomi dari beberapa tokoh diantaranya : Adam Smith mengemukakan bahwa Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu.Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah Ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu oikos=keluarga atau rumah tangga, nomos=peraturan atau hukum.John Stuart Millmengemukakan pengertian ilmu ekonomi (1806-1873) karena ia seorang ekonom, filsuf, dan pejabat senior di perusahaan East-India berkebangsaan Inggris. Bagi John Stuart Mill, ilmu ekonomi adalah praktik ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan keuangan.Permendiknas Nomor 22 Tahun  2006 tentang Standar Isi,Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,  konsumsi, dan/atau distribusi. Collins dalam Kamus Ekonomi, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan ilmu tentang pemakaian faktor-faktor produksi yang tersedia seefektif mungkin, dalam memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbatas atas barang dan jasa. Tujuan akhir kegiatan ekonomi adalah untuk memuaskan kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa.Menurut Prof. P.A. Samuelson dalam bukunya yang berjudul Foundations of Economic Analysis, mengemukakan bahwa IlmuEkonomiadalahsuatustudimengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan   atau   tanpa   penggunaan   uang,   dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluankonsumsisekarangdandimasamendatang,kepada berbagai orang dan golongan masyarakat.
2)Pesertadidikdisajikanceritatentangrealitaskegiatan ekonomi yang dilakukan olehmasyarakat. Misalnya tentang kegiatan produksi, kegiatan distribusi atau kegiatan konsumsi yang dilakukan sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan tentang ilmu ekonomi.
3)Peserta  didikkemudian diberikan gambaranbahwa ilmu ekonomi sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga peserta didik dapat mengambil kesimpulan dari berbagai pendapat.Dan diberikan pejelasan mengenai tujuan, manfaat ilmu ekonomi, masalah kelangkaan, serta faktor penyebab kelangkaan. Laluyangpenjadipertanyaanadalahapayangdimaksud dengan Ilmu Ekonomi jika dikaitkan dengan kegiatan manusia sehari hari?
75 menit
Penutup
1)Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
2)Pesertadidikdimintauntuk mengerjakansoaluji kompetensidi halaman enam untuk mengukursejauh  mana dapat mengerti apayangdijelaskanolehguru.
3) Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas kelompok dan tugas mandiri yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
4)Sebelum  mengakhiri pelajaran, peserta didikdapat ditanyakan tentangnilai-nilaiatau manfaat apasajayangdidapat daripelajaranhariini. Dilanjutkan doa untuk mengakhiri pembelajaran
15 menit

b.      Pertemuan Minggu II (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
1)Kelasdipersiapkan olehguru yang diawali dengan berdoa agar lebihkondusif  untuk proses belajarmengajar  (kerapiandankebersihan  ruangkelas,presensi/ absensi,menyiapkanmediadanalatsertabukuyangdiperlukan).
2)Gurumenyampaikantopiktentang pembagian ilmu eknomi, prinsip dan motif ekonomi.Pembahasan dapat dimulaidenganmengajukan pernyataandanpertanyaan sebagaiapersepsi.
3)Guru menegaskankembali  tentangtopik dan menyampaikan kompetensiyangakandicapai.
4)Pesertadidikdibagimenjadienam kelompok (kelompokI,II,III, IV,V,danVI), dengan menggunakan waktu 30 menit untuk kegiatan diskusi
20 menit
Inti
1) Pesertadidikberkumpul dikelompokmasing-masing
2) Pesertadidikditugaskan:
a)kelompok   I  dan II  mendiskusikan  dan membuat rumusan tentangprosesterjadinya kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan pengertian kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan
b)kelompok III dan IV  mendiskusikan dan membuatrumusan tentangMacam-macam kebutuhan dan skala prioritas kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan
c)kelompokVdanVImendiskusikan danmerumuskantentang Macam-macam alat pemuas kebutuhan dan jenis kegunaan barang dari buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan.
3)Setelah  kira-kira 45 menit  diskusi kelompok  diakhiri, guru kemudian meminta peserta didikmempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuaimasalahyangdidiskusikan. Mengingatwaktu yang  terbatasdan ada dua kelompok yang mendiskusikan masalah  yangsamamakagurumenunjuk hanya satukelompokuntuksetiapmasalah.Misalnyaditunjukkelompok I,III,danVI.
4) Pada saat satu kelompok presentasi, kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan,memberimasukan danbegitu seterusnya.
100 menit
Penutup
1)Pembelajaran  minggu  ke-2 ini  ditutup  dengan memberikan komentardankesimpulantentang materiyangbarusaja didiskusikan.
2)Gurumenanyakanapakahpesertadidiksudahmemahamimateri yangtelahdidiskusikan.
3)Peserta  didik diberikan  pertanyaan lisan secara  acak   untuk mendapatkan umpan balikataspembelajaranmingguini, misalnya: Definisi kebutuhan, Contoh kebutuhan, mengidentifikasi kelangkaan, jenis barang atau jasa dan sebagainya
4) Guru mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
15     menit

c.       Pertemuan Minggu III (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a)Kelas  dipersiapkan  agar lebih kondusif untuk  proses belajar mengajar;kerapiandankebersihanruangkelas, berdoa, presensi(absensi, kebersihan kelas,menyiapkan media dan  alatserta buku  yang diperlukan).
b)Peserta   didik disinggung  tentang materi  minggu  lalu yaitu kebutuhan, skala prioritas dan alat pemuas kebutuhan manusia kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidpan sehari-hari.
c)Pesertadidikditegaskankembalitentangtopikdanmenyampaikan kompetensiyangakandicapai.
d)Peserta didikdibagi menjadi enam kelompok(kelompokI,II,III,IV,V,danVI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
20 menit
Inti
a)Sebelum  peserta didikmempelajari  inti masalah ekonomi/kelangkaan,  peserta didikdapat  diberikan apersepsi denganmenanyakantentang perbedaan kebutuhan dengan keinginan dan cara pemenuhan kebutuhanyangmerekaketahui.
b)KelompokI, dan IVditugaskanuntukmelakukankajiantentang pengertian biaya peluang, menghitung biaya peluang dan mendeskripsikan biaya peluangmelaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
c) KelompokII, dan Vditugaskanuntuk  melakukan kajiantentangPengertian prinsip ekonomi dan mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi baik produsen maupun konsumen melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
d) KelompokIII, dan VIditugaskanuntuk  melakukan kajiantentang pengertian motif ekonomi dan mengidentifikasi motif seseorang bertindak ekonomi tersebut melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
e)Setiapkelompokharusmembuatlaporansesuaidenganmasalah yang dikaji.Hasilkajian  itu sebaiknyadidukung dengangambar-gambaryangrelevan.
f)Kelompok  IV, V dan VI ditunjuk  oleh  guru  untuk  mempresentasikan kajiannyakemudiankelompok I, II dan III yangtidakpresentasi dapat mengajukanpertanyaan.
g)Pesertadidikdimintamenuliskanhasildiskusipadalembarkertas kerja.
h)Hasildiskusikelompokkemudian dikumpulkan kepada guru.

100 menit
Penutup
a)Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
b)Pesertadidikdimintauntukmengumpulkankertaskerja atau hasil diskusi.
c)Gurumenutuppembelajaran mingguke-3ini    dengan memberikan  ringkasan tentangmakna biaya peluang, prinsip ekonomi dan motif ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15 menit




d.      Pertemuan Monggu IV (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a)Kelas  dipersiapkan  agar lebih kondusif untuk  proses belajar mengajar;kerapiandankebersihanruangkelas, berdoa, presensi(absensi, kebersihan kelas,menyiapkan media dan  alatserta buku  yang diperlukan).
b)Peserta   didik disinggung  tentang materi  minggu  lalu yaitu biaya peluang, prinsip dan motif ekonomi kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari.
c)Pesertadidikditegaskankembalitentangtopikdanmenyampaikan kompetensiyangakandicapai.
d)Peserta didikdibagi menjadi enam kelompok(kelompokI,II,III,IV,V,danVI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.

20 menit
Inti
a)Sebelum  peserta didikmempelajari pembagian ilmu ekonomi dan ekonomi islam,  peserta didikdapat  diberikan apersepsi denganmenanyakantentang mengapa manusia melakukan kegiatan ekonomi dan masalah ekonomi dalam dunia nyatayangmerekaketahui.
b)KelompokI, dan IVditugaskanuntukmelakukankajiantentang pembagian ilmu ekonomi dan konsep dasar ilmu ekonomimelaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
c) KelompokII, dan Vditugaskanuntuk  melakukan kajiantentangpengertian ekonomi syariah dan tujuan serta prinsip ekonomi syariah melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
d) KelompokIII, dan VIditugaskanuntuk  melakukan kajiantentang karakteristik ekonomi syarian dan konsep ekonomi syariah melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
e)Setiapkelompokharusmembuatlaporansesuaidenganmasalah yang dikaji.Hasilkajian  itu sebaiknyadidukung dengangambar-gambaryangrelevan.
f)Kelompok  I, II dan III ditunjuk  oleh  guru  untuk  mempresentasikan kajiannyakemudiankelompok IV, V dan VI yangtidakpresentasi dapat mengajukanpertanyaan.
g)Pesertadidikdimintamenuliskanhasildiskusipadalembarkertas kerja.
h)Hasildiskusikelompokkemudian dikumpulkan kepada guru.

100 menit
Penutup
a)Peserta didik  dapat  ditanya apakah  sudah memahami materi tersebut.
b)Pesertadidikdimintauntukmengumpulkankertaskerja.
c)Gurumenutuppembelajaran mingguke-4 ini dengan memberikan  ringkasan tentangmakna pembagian ilmu ekonomi dan masalah ekonomi dan ekonomi Islam. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

16     menit











I.           Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran  
1.    Teknik Penilaian:
A.   Penilaian Pengetahuan       :     Tes Tertulis
B.    Penilaian Keterampilan       :     Unjuk Kerja/ Praktik dan Portofolio
2.    Bentuk Penilaian              :              
A.   Tes tertulis                    : Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian
B.    Unjuk kerja                  :lembar penilaian presentasi dan pedoman penilaian
C.    Portofolio                      : Pengumpulan tugas mandiri
3.    Instrumen penilaian        : terlampir
4.    Alat Penilaian                     : Soal terlampir


      Pemalang,  ­­­­­­­­­­­­­­­­16 Juli 2018
         Mengetahui,                                                                 Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA Negeri 3 Pemalang                                             


                                               
CAHYONO, S.Pd., M.Si.                                                 SRI PUJIASTUTI,S.Pd.
NIP. 19680102 199301 1 004                                        NIP. 19780924 200701 2 007









































Lampiran Materi Pembelajaran
Materi Pertemuan I
ILMU EKONOMI
A.      PENGERTIAN ILMU EKONOMI

Mengapa belajar ilmu ekonomi? Pertanyaan ini layak untuk diajukan dalam kehidupan. Kalau kita pelajari lebih lanjut tentang ilmu ekonomi akan dapat memberikan manfaat yang dapat dita peroleh dalam kehidupan, diantaranya :
1.       Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam pengambilan keputusan
2.       Membantu memahami masyarakat
3.       Membantu memahami masalah-masalah internasional (global)
4.       Bermanfat dalam membangun masyarakat demokrasi
Sedangkan tujuan kita mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita dapat :
1.       Memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
2.       Menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi
3.       Membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4.       Membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional
Menurut asal kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos. Oikos artinya rumah tangga atau keluarga dan Nomos artinya aturan, peraturan atau hukum, sehingga istilah ekonomi berarti mengatur rumah tangga atau keluarga. Dalam kegiatan rumah tangga manusia selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhannya baik berupa barang maupun jasa agar tercapai kemakmuran.
Menurut Prof. P.A. Samuelson, seorang ahli ekonomi mengemukakan,“IlmuEkonomiadalahsuatustudimengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan   cara   atau   tanpa   penggunaan   uang,   dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk keperluankonsumsisekarangdandimasamendatang,kepada berbagai orang dan golongan masyarakat. Ilmu ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan serta memperbaiki corak penggunaansumberdaya-sumberdaya.”
Berdasarkan  definisi  ilmu  ekonomi  yang dikemukakan oleh Prof. PA Samuelson,   terdapat prinsip dasar yang melahirkan ekonomi adalah :
1.  kelangkaan(scarcity), dan
2.  pilihan(choice).
Dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun  2006 tentang Standar Isi, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,  konsumsi, dan/atau distribusi.
Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi,  konsumsi, dan/atau distribusi agar tercapai kemakmuran.










B.      KELANGKAAN

KelangkaanSumberDaya terdiri dari :
a. KelangkaanSumberDayaAlam
b. KelangkaanSumberDayaManusia
c. KelangkaanSumberDayaModal
d. KelangkaanSumberDayaWirausaha
Sumber daya ekonomi yang tersedia dalam jumlah yang terbatas atau langka harus dilaksanakan secara bijak agar masalah kelangkaan bisa teratasi, yang caranya, antara lain, sebagai berikut.
a.       Menentukan prioritas pemanfaatan sumber daya sehingga masyarakat masih dapat menikmatinya
b.      Peduli terhadap kerusakan lingkungan akibat adanya ulah manusia yang cenderung serakah
c.       Disiplin dalam menggunakan sumber daya sehemat mungkin
d.      Tanggung jawab atas kebutuhan masyarakat banyak
e.      Memanfaatkan sumber daya ekonomi secara selektif, dengan mempertimbangkan kelestariannya, agar anak cucu kita dapat menikmatinya.
f.        Meningkatkan kemampuan sumber daya Indonesia untuk menguasai teknologi
g.       menggunakan sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa agar dapat mengimbangi keinginan manusia yang tidak terbatas

Instrumen Penilaian Pertemuan I
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Berikan penjelasan tentang mengapa kita mempelajari ilmu ekonomi ?
2.       Jelaskan perbedaan antara ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro !
3.       Bagaimana kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu-ilmu sosial ? Berikan alasannya!
4.       Dalam perkembangannya ilmu ekonomi terapan sangat banyak, diantaranya ilmu matematika ekonomi, ekonomi perusahaan, ekonomi moneter dan ekonomi syariah. Berikan penjelasan perkembangan ilmu ekonomi terapan tersebut !
5.       Jelaskan hubungan antara ilmu ekonomi dan kemakmuran (individu, masyarakat dan bangsa) !

Score : Setiap soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4

Tugas:
1.     Carilah di berbagai sumber buku-buku, internet, atau pun majalah dan buletin ekonomi tentang kondisi perekonomian di negara kita sekarang ini!
2.     Lakukanlah analisis terhadap kondisi perekonomian dan klasifikasikan ke dalam ilmu ekonomi di atas yang telah dikelompokkan berdasarkan pembagiannya masing-masing!
3.     Tulislah hasil analisis kelompokmu terhadap permasalahan tersebut kemudian presentasikan ke depan kelas sebagai bahan diskusi!
4.     Setiap respon dari anggota diskusi, sebaiknya diselesaikan dan ditanggapi dengan ranah sikap yang bijak, ramah, bersahabat, dan percaya diri.
Sistematika laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan dokumen pendukung yang anda miliki.




Materi Pertemuan II

C.      KEBUTUHAN MANUSIA

1.   Pengertian Kebutuhan
Kebutuhan diartikan sebagai hasrat yang muncul dari dalam diri manusia dan harus dipenuhi karena jika tidak terpenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidupnya. Lain hal dengan keinginan, keinginan adalah hasrat yang muncul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Maka, bisa dibedakan bahwa kebutuhan harus dipenuhi oleh manusia sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi. Seperti contoh di atas, keinginan untuk tour ke Bali tidak akan memengaruhi kelangsungan hidup seseorang; namun kebutuhan pokok terhadap makanan dan minuman yang tidak terpenuhi dapat berakibat fatal.

2.     Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan 
a.      Tingkat Kepuasan dan Gaya Hidup
b.      Umur
c.      Penghasilan yang Diperoleh
d.      Pendidikan
e.      Pekerjaan
Adapun faktor-faktor eksternal yang memengaruhi kebutuhan manusia, antara lain, sebagai berikut.
a.      Keadaan Alam
b.      Tingkat Kemajuan Peradaban 
c.      Agama dan Kepercayaan
d.      Adat-Istiadat
e.      Tingkat Kemajuan Teknologi

3.     Jenis-Jenis Kebutuhan 
a. KebutuhanMenurutIntensitasnya
1)        Kebutuhan Primer
2)        Kebutuhan Sekunder
3)        Kebutuhan Tersier
b. KebutuhanMenurutSifatnya
1)KebutuhanJasmani
2) KebutuhanRohani
c. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya
1)        Kebutuhan Sekarang
2)        Kebutuhan Masa Datang/Depan
d.     Kebutuhan Berdasarkan Subjek atau Pihak yang Membutuhkan
1)      Kebutuhan Individu
2)      Kebutuhan Masyarakat/Publik/Kelompok
e.     Kebutuhan Berdasarkan Wujudnya
1)      Kebutuhan Material
2)      Kebutuhan Spiritual

D.      SKALA PRIORITAS

1.   Perbuatan Pilihan
Jika anda amati dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu dihadapkan pada suatu pilihan (choice), baik dalam memenuhi kebutuhannya maupun mengalokasikan seluruh pendapatannya, sehingga anda harus bisa melakukan pilihan yang lebih menguntungkan terutama bagi dirinya sendiri. Dengan pendapatan yang terbatas manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya apabila tidak memikirkan kebutuhan mana yang seharusnya dipenuhi terlebih dahulu. Oleh karena itu kita selalu dihadapkan pada masalah pilihan terhadap kebutuhan mana yang harus didahulukan maupun kebutuhan mana yang harus dipenuhi di kemudian hari.
Sebagai contoh Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penghasilan yang terbatas, disamping membiayai kebutuhan sehari-hari di rumah juga membiayai kebutuhan sekolah anaknya (SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi) dan lain-lain. Pada suatu saat anaknya yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi minta untuk dibelikan kendaraan (mobil) untuk memperlancar kuliahnya. Maka timbul pertanyaan : Kebutuhan manakan yang harus didahulukan, apakah membeli kendaraan (mobil) atau membiayai sekolahnya?
Seperti telah diuraikan di muka bahwa setiap hari manusia dihadapkan pada suatu pilihan, maka dari itu kita perlu menyusun skala pemenuhan kebutuhan berdasarkan intensitasnya (kepentingannya). Kebutuhan yang memiliki intensitas tinggi harus didahulukan, kemudian baru memenuhi kebutuhan yang memiliki intensitas yang rendah, bahkan lebih rendah lagi. Untuk menyusun skala pemenuhan kebutuhan perlu dipertimbangkan beberapa hal, diantaranya
1.       Nilai kegunaan di masa kini ataupun di masa yang akan datang
2.       Ketepatan waktu pemenuhan kebutuhan
3.       Trend mode atau kecenderungan keadaan saat ini
4.       Adat dan kebiasaan yang dilakukan oleh manusia/masyarakat 

2. Skala Prioritas
Setiap hari kita selalu dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup.Penghasilanyangkitaterimadapatdipergunakanuntuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seluruh pendapatan yang diperolehakandikeluarkanuntukmencukupikebutuhan,baik untuk konsumsi dan produksi maupun ditabung. Karena jumlah kebutuhan konsumen tidak terbatas, maka sebaiknya disusunskalaprioritaskebutuhanataudaftarurutankebutuhan, agarpendapatanyangdimilikidapatdigunakansesuaidengan urutan kepentingannya. Adapunhubunganantarapendapatandengankonsumsiadalah berbanding terbalik seperti yang dikemukakan oleh sarjana ekonomiJermanbernamaEngelyangterkenaldenganHukum Engel, berbunyi “Semakin besar pendapatan, semakin kecil bagian pendapatan yang digunakan untuk konsumsi, dan sebaliknya”.
Berdasarkan Hukum Engel, maka kamu perlu berperilaku hiduphematdengancaramenyusunanggaran dan skala prioritas,sehinggaantara besarnyapenerimaandanpengeluaranselaluseimbang.Bagaimanakah cara menyusun skala prioritas kebutuhan? Agar lebih mudah memahami, sebaiknya kamu perhatikan contoh berikut.
Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penghasilan sebulan sebesar Rp5.000.000,00 dan telah berkeluarga serta memiliki anak sebanyak 3 anak. Agar dengan gaji tersebut dapat terpenuhi segala kebutuhannya, maka disusun skala prioritas kebutuhan sebagai berikut.
Kebutuhan Primer
          Makan dan Minum                                                          Rp 1.200.000,00
          Listrik, air, telepon (hp) dan internet                       Rp    500.000,00
          Keperluan sekolah anak                                                Rp    600.000,00
          BBM                                                                                      Rp    300.000,00
Kebutuhan Sekunder
          Keperluan mandi dan cuci                                            Rp    500.000,00
Rekreasi dan jajan                                                           Rp    750.000,00
Sosial dan keamanan                                                      Rp    250.000,00
Kebutuhan Tersier
          Tabungan untuk beli motor                                         Rp    400.000,00
          Tabungan untuk masa depan                                     Rp    500.000,00
                                                                                                          _____________ +
                          Jumlah                                                                  Rp 5.000.000,00
                                                                                                          =============


E.       ALAT PEMUAS KEBUTUHAN

1.     Alat  Pemuas  Kebutuhan  (Barang  dan Jasa)
a. BarangMenurutSifatnya
1)Barang Ekonomis
2)  BarangBebas

b. BarangMenurutFungsinya(TujuanPenggunaannya)
1)Barang Konsumsi
          Barang konsumsi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
a)    Barang yang hanya dipakai satu kali langsung habis. Contoh: makanan, minuman, dan lain-lain.
b)    Barang yang dapat dipakai beberapa kali. Contoh: pakaian, sepatu, dan lain-lain.
2) Barang Produksi/Barang Modal
c. BarangMenurutWujudnya
1)Barang  Konkret/Nyata/Material
2)  Barang abstrak/immaterial
d. BarangMenurutCaraPenggunaannya
1)Barang Substitusi
2)  Barang Komplementer
e. BarangMenurutCaraPengerjaannya
1)Barang Mentah
2)  BarangSetengahJadi
3)Barang jadi
Dengan demikian,sudahjelasbahwabarangataujasasangatbergunabagi manusiadanmempunyainilaisertamanfaatyangbesardalam rangka memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia.
2. Jenis-jenis kegunaan barang/jasa
MenurutAl Meyers, jenis-jenis kegunaan barang atau benda dapatdiuraikansebagaiberikut.
a.  Element utility (faedah elemen), artinya benda berguna karena mempunyai zat asli yang dibutuhkan. Misalnya umbi-umbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.
b.  Time utility (faedah waktu), artinya benda akan lebih berfaedah bila digunakan pada waktu yang tepat. Sebagai contoh menimbun gabah untuk persiapan pada masa paceklikdanpayungpadasaatmusimhujan.
c.  Place utility (faedah tempat), artinya benda yang setelah dipindahkan tempatnya akan lebih berfaedah bagi manusia. Misalnyapasirdisungaidipindahkankekotadankayudi hutandipindahkankekotadipakaisebagaibahanbangunan.
d.  Form utility (faedah bentuk), artinya benda setelah diubah bentuknya dapat lebih berfaedah bagi manusia. Misalnya kayudiubahmejadimebel,kaindiubahmenjadibaju/celana, gandumdiubahmenjadiroti,dansebagainya.
e.  Ownership utility (faedah hak milik), artinya benda yang dapatberfaedahsetelahdimiliki.Misalnyamobilyangmasih di toko setelah dibeli oleh konsumen akan menjadi lebih berguna.

Instrumen Penilaian Pertemuan II
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Ada sementara orang berpendapat bahwa prinsip ekonomi adalah berusaha dengan biaya yang serendah-rendahnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Coba kamu pikirkan secara logis, layakkah pernyataan tersebut sebagai prinsip ekonomi? Berikan penjelasan!.
2.       Berikan penjelasan tentang prinsip ekonomi dan motif ekonomi!
3.       Identifikasikan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam melakukan perbuatan yang berdasarkan prinsip ekonomi!
4.       Berikan lima contoh seseorang melakukan perbuatan ekonomi berdasarkan prinsip ekonomi!
5.       Berikan lima contoh seseorang melakukan motif ekonomi!

Score : Setiap soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4

Tugas:
Cobalah kamu laksanakan salah satu dari 10 prinsip ekonomi Gregory Mankiw di atas. Setelah percobaanmu selesai, tulislah dalam bentuk laporan deskripsi singkat mengenai prinsip ekonomi yang kamu pilih dan interaksinya terhadap tindakan yang kamu lakukan! Diskusikan hal tersebut bersama teman kelompok!

Materi Pertemuan III

F.       BIAYA SEHARI-HARI DAN BIAYA PELUANG

Biaya sehari-hari adalah biaya / ongkos yang dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam barang/jasa yang diperlukan agar tercapai kemakmuran
Sedangkan Biaya Peluang/Biaya Implisit/Ongkos Alternatif (Opportunity Cost) adalah sejumlah barang atau pendapatan yang harus dikorbankan agar sejumlah barang yang lain dapat diproduksi/digunakan, atau kesempatan untuk memperoleh sesuatu yang hilanh karena telah memilih alternatif lain. Jadi Ongkos alternatif sejumlah barang X adalah sejumlah barang Y yang harus dikorbankan agar sejumlah barang X dapat diproduksikan.
Biaya Eksplisit adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar biaya input atau biaya atas penggunaan faktor produksi, Misalnya Biaya gaji atau biaya tenaga kerja, biaya sewa, biaya listrik dan air, biaya bahan baku, biaya penjualan, biaya aministrasi dan sebagainya
Biaya Sesungguhnya/Biaya Kesempatan merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan dan biaya yang tidak mengharuskan perusahaan untuk membayar biaya-biaya input, sehingga biaya sesungguhnya merupakan penjumlahan antara biaya implisit dengan biaya eksplisit
Biaya Sesungguhnya = Biaya Implisit + Biaya Eksplisit
 



Laba-Rugi Akuntansi atau Keuntungan Akuntansi (Accounting Profit) adalah selisih antara seluruh pendapatan perusahaan (jumlah pendapatan yang diterima oleh suatu perusahaan sebagai hasil penjualan output) dengan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan (biaya usaha dan biaya di luar usaha yang merupakan biaya eksplisit).
Keuntungan Akuntansi = Pendapatan Total – Biaya total atau Biaya Eksplisit
 



Laba-Rugi Ekonomi atau Keuntungan Ekonomi (Economic Profit) adalah selisih antara pendapatan total (pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha) dengan biaya sesungguhnya (biaya implisit dan biaya eksplisit)
Keuntungan Ekonomi = Pendapatan Total – Biaya Sesungguhnya
 


                                                                                                                                                               
Atau
Keuntungan Ekonomi = Keuntungan Akuntansi – Biaya Implisit
 



Contoh 1 :
Seorang lulusan SMA diterima di UGM. Yang bersangkutan juga sudah diterima untuk bekerja penuh waktu (full time) di Toko A dengan gaji Rp 3.000.000,00 per bulan, di pabrik B dengan gaji Rp 3.250.000,00 per bulan, dan di kantor C dengan gaji Rp 3.500.000,00 per bulan. Jika yang bersangkutan memutuskan untuk kuliah dan bukan bekerja, maka biaya oportunitasnya sebesar Rp 3.500.000,00 perbulan
Contoh 2 :
Perusahaan melakukan pengambilan keputusan mengganti atau tetap memakai mesin yang sekarang digunakan. Jika biaya operasi mesin lama Rp 100.000,00 perbulan, sedangkan biaya operasi mesin baru Rp 75.000,00 perbulan, maka penghematan biaya Rp 25.000,00 perbulan tersebut merupakan biaya peluang atau biaya kesempatan bagi alternatif biaya menggunakan mesin lama.
Contoh 3 :
Tn. Amir seorang karyawan perusahaan swasta di kota "Y" memperoleh gaji Rp 3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenti dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri batu bata. Pendapatan dari industri batu bata 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah karyawan Rp 2.000.000,00 dan biaya lain‑lain Rp 750.000,00. Berdasarkan contoh tersebut maka dapat ditentukan hal-hal berikut ini :
a.    Biaya peluang / Biaya implicit sebesar Rp 3.000.000,00
b.    Biaya eksplisit                    = Rp 1.500.000,00 + Rp 2.000.000,00 + Rp 750.000,00
                        = Rp 4.250.000,00
c.     Biaya sesungguhnya       = Rp 3.000.000,00 + Rp 4.250.000,00
= Rp 7.250.000,00
d.    Laba-Rugi akuntansi        = Rp 5.000.000,00 – Rp 4.250.000,00
Laba Akuntansi                  = Rp 750.000,00
e.    Laba-Rugi ekonomi          = Rp 5.000.000,00 – Rp 7.250.000,00
      Rugi Ekonomi                     = Rp 2.250.000,00





G.     PRINSIP EKONOMI DAN MOTIF EKONOMI

1.  Prinsip Ekonomi
a.     Pengertian prinsip ekonomi
Prinsip Ekonomi adalah pedoman/patokan yang digunakan manusia dalam melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi. Pedoman tersebut berupa kalimat istimewa, yaitu dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang tertentu atau dengan pengorbanan yang tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
b.     Ciri-Ciri Perilaku Seseorang yang Menggunakan Prinsip Ekonomi
1)      Bersikap hemat
2)      Menentukan skala prioritas
3)      Bertindak secara rasional dan ekonomis
4)      Bertindak dengan prinsip cost and benefit
5)       

2. Motif Ekonomi
Motif ekonomi adalah gejala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Tindakan atau motif ekonomi seseorang biasanya berupa berikut:
1.       motif untuk mencari keuntungan/kemakmuran;
2.       motif untuk mencapai kekuasaan;
3.       motif untuk mencapai penghargaan;
4.       motif untuk melakukan kegiatan sosial.

Instrumen Penilaian Pertemuan III
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Alat pemuas kebutuhan manusia dikatakan terbatas. Sekalipunjumlahnyabanyaksekalitetapitetapdikatakan. terbatas,mengapahalinidapatterjadidanapayangharus kamu lakukan?
2.       Diskusikan dengan kelompokmu mengenai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk mengatasi kelangkaan sumberdaya!
3.       Mengapakebutuhanmanusiasifatnyatidakterbatasdanalatpemuaskebutuhanmanusia terbatas? Jelaskan!
4.       Jelaskan perbedaan antara kebutuhan jasmani dengan kebutuhan rohani dan kebutuhan sekarang dengan kebutuhan masa yang akan datang !
5.       Berikan masing-masing 3 contoh kebutuhan menurut intensitasnya dan kebutuhan menurut subyeknya !
6.       Jelaskan perbedaan antara barang konsumsi dengan barang produksi dan barang ekonomi dengan barang bebas !
7.       Apakah bisa barang bebas menjadi barang ekonomi ? jelaskan dengan contoh !
8.       Jelaskan pengertian barang substitusi dan berikan 4 contoh pasangan barang substitusi !
9.       Berikan masing-masing 5 contoh kegunaan barang menurut AL Meyers !
10.   Diskusikan dengan kelompokmu mengenai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk mengatasi kelangkaan sumberdaya!

Score : Setiap soal memiliki nilai 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 2

Tugas:
TUGAS KELOMPOK
Amatilah kehidupan di sekitar lingkunganmu! Bagaimanakah orang-orang di sekitarmu berusaha memenuhi kebutuhannya? Sebutkan atau tuliskanlah beberapa cara orang-orang di sekitar Anda dalam berusaha memenuhi kebutuhannya! Jika memungkinkan, tulislah pula jenis kebutuhan yang berhasil dipenuhi oleh orang-orang tersebut!

TUGAS MANDIRI
Tunjukkan dalam contoh bahwa tradisi di wilayahmu memengaruhi keinginan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan! Buatlah laporan tertulis mengenai hal ini dan presentasikan di depan kelas untuk memperoleh tanggapan.


Materi Pertemuan IV

H.     PEMBAGIAN ILMU EKONOMI

Ilmu ekonomi termasuk bagian dari Ilmu Pengetahuan Sosial (social science) sehingga ruang lingkup dalam pembagian ilmu ekonomi dapat kita bahas menurut masalah yang dipelajari dan menurut kegiatannya.
Menurut masalah yang dipelajari, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
a.      Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics),
Ekonomi deskriptif menggambarkan atas peristiwa-peristiwa ekonomi yang timbul dalam masyarakat, sehingga tidak diperlukan penjelasan dan penilaian atas fakta atau peristiwa tersebut. Contoh : Peristiwa kenaikan harga barang, kelangkaan barang yang ada di pasar, terjadinya gagal panen,  pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dan sebagainya
b.      Ekonomi Teori (Theory Economics)
Teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua, yaitu teori ekonomi mikro yang membahas permasalahan bersifat parsial atau bagian kecil dari kegiatan perekonomian, dan teori ekonomi makro, yang membahas permasalahan ekonomiyangbersifatglobalataumenyeluruh.
a. EkonomiMikro
Ekonomimikroadalahilmuyangmempelajari aktivitas-aktivitasperekonomianyangbersifatbagiankecil,yang memusatkanperhatiannyapadamasalahbagaimanakonsumen akan mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap berbagai macam barang dan jasa yang dibutuhkan, untuk memperoleh kepuasan maksimum. Dan umumnya membahas tiga masalah pokok ekonomi modern, yakni What, Hor dan For Whom.
b. EkonomiMakro
Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yangmempelajarimekanismebekerjanyaperekonomiansecara keseluruhan.Dengandemikianhubungankausalyangdipelajari dalam ekonomi makro, pada intinya adalah hubungan antar variabel ekonomi agregatif (secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, saving (tabungan), investasi nasional, tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, stok kapital nasional, utang pemerintah, dansebagainya.
c.       Ekonomi Terapan (Applied Economics)
a.       Matematika Ekonomi
Matematika Ekonomi merupakan cabang ilmu ekonomi yang mencakup pengertian-pengertian, dalil-dalil dan rumus-rumus serta teknik-teknik penggunaan matematika dalam pembahasan persoalan-persoalan ekonomi secara kuantitatif.
b.      Politik Ekonomi
Politik Ekonomi merupakan ilmu ekonomi yang membahas kebijakan-kebijakan pemerintah dalam bidang perekonomian dalam rangka untuk mencapai kemakmuran atau kesejahteraan rakyat
c.       Ekonomi Perusahaan
Ekonomi Perusahaan merupakan suatu bagian dari ilmu ekonomi yang khusus bertujuan untuk mempelajari gejala-gejala dalam rumah tangga perusahaan
d.      Ekonomi Industri
Ekonomi Industri merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas hubungan berbagai perusahaan dalam suatu industri, baik industri kecil, menengah maupun industri besar
e.      Ekonomi Moneter
Ekonomi Moneter merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas permasalan moneter (inflasi, deflasi dan jumlah uang yang beredar) dalam masyarakat suatu negara
f.        Ekonomi Internasional
Ekonomi Internasional merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari segala sesuatu mengenai hubungan ekonomi antar negara di dunia.
g.       Ekonomi Keuangan atau Keuangan Negara
Ekonomi Keuangan merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan pembahasan keuangan negara atau anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
h.      Ekonomi Syariah atau Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah merupakan cabang ilmu ekonomi yang kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip Islam atau hukum Islam
Menurut kegiatannya, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
a.       Kegiatan Produksi
b.      Kegiatan Distribusi
c.       Kegiatan Konsumsi
3.     Pembagian Ilmu Ekonomi Secara Fundamental dan Historis
a.     Ilmu Ekonomi Positif
Hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Merupakan ilmu yang melibatkan diri dalam masalah “apakah yang terjadi”. Oleh karena itu ilmu ekonomi netral terhadap nilai-nilai. Artinya, ilmu ekonomi positif atau bebas nilai, hanya menjelaskan ‘apakah harga itu’ dan ‘apakah yang terjadi jika harga itu naik atau turun’ bukan ‘apakah harga itu adil atau tidak’.
b.     Ilmu Ekonomi Normatif
Membahas pertimbangan-pertimbangan nilai etika. Ilmu ekonomi normatif beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri dalam mencari jawaban atas masalah “apakah yang seharusnya terjadi”.

I.        EKONOMI SYARIAH

Beberapa pengertian tentang Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) yang dikemukakan para ahli ekonomi Islam, diantaranya :
a.       M. Akram Kan
Ilmu ekonomi islam bertujuan untuk melakukan kajian tentang kebahagiaan hidup manusia yang dicapai dengan mengorgansiasikan sumber daya alam atas dasar bekerjasama dan partisipasi.
b.       Muhammad Abdul Manan
Ilmu ekonomi islam adalah ilmu pengetahuan social yang mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat yang diilhami oleh nilai-nilai islam
c.        M. Umer Chapra
Ekonomi islam adalah sebuah pengetahuan yang membantu upaya realisasi kebagahiaan manusia melalui alokasi dan distribusi sumber daya yang terbatas yang berada dalam koridor yang mengacu pada pengajaran Islam tanpa memberikan kebebasan individu atau tanpa perilaku makroekonomi yang berkesinambungan dan tanpa ketidakseimbangan lingkungan.
d.       Muhammad Nejatullah Ash-Shidiqy
Ilmu ekonomi islam adalah respon pemikir muslim terhadap tantangan ekonomi pada masa tertentu
e.       Kursyid Ahmad
Ilmu ekonomi islam adalah sebuah usaha sistematis untuk memahami masalah-masalah ekonomi dan tingkah laku manusia secara relasional dalam perspektif islam.
f.        Muhammad Abdullah
Ekonomi syariah atau ekonomi Islam ialah sekumpulan dasar- dasar umum ekonomi yang disimpulkan dari alquran dan sunnah, di mana merupakan bangunan perekonomian yang didirikan di atas landasan dasar-dasar tersebut sesuai lingkungan dan masa.
g.       Dr. Mardani
Ekonomi syariah adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh orang per orang atau kelompok orang atau badan usaha yang berbadan hukum atau tidak berbadan hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial menurut prinsip syariah.
h.       Dawam Rahardjo
Ekonomi Islam dapat dibagi kedalam tiga arti. Pertama, yang dimaksud ekonomi islam adalah ilmu ekonomi yang berdasarkan nilai atau ajaran islam. Kedua, yang dimaksud ekonomi islam ialah sebagai suatu sistem. Sistem menyangkut pengaturan yaitu pengaturan kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat atau negara berdasarkan suatu cara atau metode tertentu. Ketiga, ekonomi islam dalam pengertian perekonomian umat islam.

2.   Tujuan Ekonomi Syariah
Terdapat beberapa tujuan sistem ekonomi islam / syariah, antara lain :
  1. Konsumsi manusia dibatasi sampai pada tingkat yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia
  2. Alat pemuas kebutuhan manusia seimbang dengan tingkat kualitas manusia agar ia mampu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan teknologinya guna menggali sumber-sumber alam yang masih terpendam
  3. Dalam pengaturan ditribusi dan sirkulasi barang dan jasa, nilai-nilai moral harus diterapkan
  4. Pemerataan pendapatan dilakukan dengan mengingat sumber kekayaan seseorang yang diperoleh dari usaha halal, maka zakat sebagai sarana distribusi pendapatan merupakan sarana ampuh.
  5. Menyediakan dan menciptakan peluang-peluang yang sama dan luas bagi semua orang untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan ekonomi.
  6. Memberantas kemiskinan absolute dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar bagi semua individu masyarakat.
  7. Mempertahankan stabilitas ekonomi dan pertumbuhan, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Ada beberapa prinsip dasar yang digunakan dalam ekonomi syariah, antara lain sebagai berikut.
1.       Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian atau titipan dari Allah swt kepada manusia.
2.       Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas tertentu.
3.       Kekuatan penggerak utama ekonomi Islam adalah kerja sama.
4.       Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
5.       Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
6.       Seorang mulsim harus takut kepada Allah swt dan hari penentuan di akhirat nanti.
7.       Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab)
8.       Islam melarang riba dalam segala bentuk

4.    Karakteristik Ekonomi Syariah
Ada beberapa karakteristik ekonomi islam yang dapat diringkas sebagai berikut :
a.        Harta kepunyaan Allah dan manusia merupakan khalifah atas harta
b.       Ekonomi terkait dengan akidah, syariah (hukum), dan Moral
c.        Keseimbangan antara kerohanian dan kebendaan
d.       Menciptakan keseimbangan antara kepentingan individu dengan kepentingan umum
e.       Kebebasan individu dijamin dalam Islam
f.         Negara diberi wewenang turut campur dalam perekonomian
g.        Adanya bimbingan konsumsi
h.       Adanya petunjuk investasi
i.         Adanya Zakat
j.         Larangan adanya Riba

Instrumen Penilaian Pertemuan IV
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Mengapa kita harus melakukan perbuatan pilihan pada pemanfaatan barang/jasa dalam kehidupan sehari-hari?
2.       Identifikasikan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun skala pemenuhan kebutuhan!
3.       Jelaskan hukum Engel dan berikan contoh hukum Engel dengan menggunakan analisis berupa data kuantitatif (angka)!
4.       Mengapa kita harus melakukan skala prioritas dalam memenuhi kebutuhan?
5.       Bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan agar seluruh kebutuhan manusia terpenuhi secara merata?
6.       Diskusikan dengan kelompokmu cara menyusun pengelolaan keuangan dalam rangka memenuhi kebutuhan berdasarkan intensitasnya (menyusun anggaran pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga)!
7.       Bagaimana cara mengatasi jika terjadi defisit anggaran dalam kehidupan manusia sehari-hari!
8.       Berikancontohbiayapeluangyangterjadidimasyarakat!
9.       Simaklahterlebihdahulusoalceritaini.
Suatu perusahaan akan menentukan berbagai pilihan produksisebagaiberikut.Apabilamemproduksibarang A diperoleh laba Rp2.000.000,00, memproduksi barang B diperoleh laba Rp 2.200.000,00, dan memproduksi barang C diperoleh laba Rp2.500.000,00. Pada akhirnya perusahaanmengambilkeputusanuntukmemproduksi barang D. Lakukan diskusi dengan teman-temanmu berapabiayapeluangnya!
10.    Simaklah pernyataan yang berhubungan dengan biaya peluang berikut ini!
Tn. Amir seorang karyawan perusahaan swasta di kota "Y" memperoleh gaji Rp3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenti dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri batu bata. Pendapatan dari industri batu bata 1 bulan Rp5.000.000,00, beli bahan Rp1.500.000,00, upah karyawan Rp2.000.000,00 dan biaya lain‑lain Rp750.000,00. Hitunglah hal berikut.
a.       Biaya peluang / biaya implisit
b.      Biaya eksplisit
c.       Biaya sesungguhnya
d.    Laba akuntansi
e.    L/R ekonomi

Score : Setiap soal memiliki nilai 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 2

Tugas:
1.     Diskusikanlah dengan teman kelompok Anda!
2.     Perhatikanlah, sejak manusia bisa menciptakan mobil dari awal penciptaan hingga sekarang muncul mobil dengan berbagai ragam bentuk maupun model, demikian pula dengan penciptaan barang-barang yang lainnya, seperti televisi, komputer, dan handphone. Mengapa manusia tidak pernah menghentikan usahanya untuk menciptakan, membuat atau mengola suatu benda menjadi alat pemuas kebutuhan hidupnya?
3.     Lakukanlah analisis terhadap permasalahan tersebut dan buatlah laporan diskusi kepada guru pelajaran untuk mendapatkan nilai!
Sistematika laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan dokumen pendukung yang anda miliki.

PENILAIAN KETRAMPILAN
Penilaian kompetensi ketrampilan         :Penilaian Proyek
KD
IPK
4.1.  Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

4.1.1.        Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.        Mempresentasikan hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan


Satuan pendidikan              : SMA Negeri 3 Pemalang
Tahun pelajaran                   : 2018/2019
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi

No
Nama Siswa/Kelompok
Skor Perolehan
Jml
Kerjasama kellompok
Kecepatan pengerjaan
Ketepatan pengerjaan
Tehnik presentasi
Laporan
1.







2.







3.







4.







5.







6.
























Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100

Nilai akhir ketrampilan :



Penilaian kompetensi ketrampilan         : Portofolio
KD
IPK
4.1.  Mengidentifikasi kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

4.1.1.        Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.        Mempresentasikan hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan

Satuan pendidikan              : SMA Negeri 3 Pemalang
Tahun pelajaran                   : 2018/2019
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
No
Nama Siswa
SKOR
Nilai Akhir
Ketepatan waktu
Kerapihan
Kebenaran Jawaban
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.





11.





12.





13.





14.





15.





16.





17.





18.





19.





20.





21.





22.





23.





24.





25.





26.





27.





28.





29.





30.





31.





32.





33.





34.





35.





36.





Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100
Nilai Akhir =



SOAL ULANGAN HARIAN

1.       Pada saat ini dengan persaingan kerja yang begitu ketat, banyak pekerja mencoba mencari alternatif lain dalam berkendaraan untuk menghindari macet yang sering terjadi. Untuk itu pemerintah berusaha mewujudkan suatu alat transportasi yang aman, terjangkau, dan nyaman seperti Bus Trans Jakarta (Bus Way) di Jakarta. Hal ini peluang bagi produsen untuk memecahkan masalah yang tepat … .
A.       barang apa yang dapat diproduksi
B.       bagaimana cara memproduksi
C.       untuk siapa barang diproduksi
D.       di mana pengguna memanfaatkan
E.        kapan barang akan produksi

2.       Setiap musim hujan tiba, beberapa kawasan di Indonesia sering dilanda banjir. Hal ini terjadi karena alih fungsi lahan menjadi gedung perkantoran atau tempat usaha, dan menimbulkan kelangkaan lahan resapan air terutama di perkotaan. Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah … .
A.       membongkar gedung-gedung yang ada dan mengembalikan lahan bekas gedung tersebut seperti keadaan semula
B.       menyediakan lahan baru di daerah yang masih kosong untuk diijadikan tempat resapan air dan penghijauan
C.       membuat lubang biopori di setiap lahan yang masih tersisa di antara bangunan atau tempat air tergenang
D.       melakukan pengerukan sungai dari sampah dan tanah yang mengendap sehingga air mengalir dengan lancer
E.        membuat danau untuk menampung air hujan sebelum dialirkan ke sungai di sekitar pemukiman penduduk

3.       Keluarga Pak Hartanto memenuhi beberapa kebutuhan, di antaranya:
(1)    Membeli beberapa kebutuhan pokok sehari‑hari.
(2)    Membeli satu set kaset wayang kulit dalang Ki Anom Suroto.
(3)    Makan bakso sapi kegemarannya dengan keluarganya.
(4)    Pergi rekreasi dengan keluarga ke Candi Borobudur.
(5)    Membeli pakaian tebal saat musim dingin.
Jika ditinjau dari sifatnya yang termasuk kebutuhan jasmani adalah ... .
A.       (1), (2), dan (3)
B.       (1), (3), dan (5)
C.       (1), (4), dan (5)
D.       (2), (3), dan (4)
E.        (3), (4), dan (5)

4.       Di beberapa daerah terjadi kelangkaan BBM bersubsidi karena terlambat pasokannya sehingga di beberapa SPBU terlihat antrean panjang kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar. Cara yang paling tepat untuk mengatasi kelangkaan tersebut dalam jangka pendek adalah ....
A.       mengurangi pasokan BBM bersubsidi agar masyarakat tidak tergantung
B.       memperbanyak BBM non‑subsidi agar masyarakat pindah dari BBM bersubsidi
C.       membatasi pembelian oleh masyarakat agar tidak lagi terjadi kelangkaan
D.       memperbaiki saluran distribusi sehingga tidak terjadi keterlambatan
E.       mendatangkan pasokan BBM bersubsidi dari daerah lain yang berlebih

5.       Fani seorang tenaga kerja berpeluang menjadi penjaga toko dengan gaji Rp 1.500.000,00/bulan, menjadi sales barang kosmetik dengan gaji Rp 1.200.000,00/bulan, dan berpeluang menjadi karyawan swasta dengan gaji Rp 2.000.000,00. Apabila Tuan Fani memilih menjadi wirausaha, maka biaya peluang yang dikorbankan adalah …..
A.       Rp 1.200.000,00
B.       Rp 1.500.000,00
C.       Rp 2.000.000,00
D.       Rp 3.500.000,00
E.        Rp 4.700.000,00

6.       Tn. Abu ingin membuka usaha dari uang pensiunan. Jika ia membuka usaha sablon dengan omset Rp 80.000,00/hari, usaha foto copy dengan omset Rp 60.000,00/hari dan usaha salon dengan omset Rp 70.000,00/hari. (1 bulan = 30 hari). Tn Abu harus memilih salah satu dari semua kemungkinan karena ada keterbatasan modal.
Setelah dipertimbangkan, Tn Abu ingin membuka usaha sablon. Besar biaya peluang perbulan adalah …
A.       Rp 1.800.000,00              D.   Rp 4.500.000,00
B.       Rp 2.100.000,00              E.   Rp 6.300.000,00
C.       Rp 2.400.000,00

7.       Apakah mungkin keuntungan secara akuntansi bernilai positif pada saat keuntungan secara ekonomi bernilai negatif?
A.       Tidak mungkin, karena kedua konsep tersebut pada dasarnya identik.
B.        Mungkin, bila total pendapatan dapat menutupi biaya kesempatan (opportunity cosl) namun tidak dapat menutupi biaya eksplisit.
C.       Mungkin, bila total pendapatan dapat menutupi biaya eksplisit namun tidak dapat menutupi biaya kesemp atan (opporfitnity cost).
D.       Tidak mungkin, karena keuntungan secara ekonomi harus selalu lebih besar daripada keuntungan secara akrmtansi.
E.        Tidak mungkin, karene keuntungan secara ekonomi harus selalu lebih besar daripada keuntungan secara akuntansi.

8.       Jika keuntungan ekonomi dari suatu perusahaan = Rp 0,00, dapat disimpulkan bahwa ….
A.       Keuntungan akuntansi perusahaan sama dengan Rp 0,00
B.       Keuntungan akuntansi perusahaan lebih besar dari pada Rp 0,00
C.       Keuntungan akuntansi perusahaan lebih kecil dari pada Rp 0,00
D.       Keuntungan akuntansi perusahaan tak bisa ditentukan
E.        Perusahaan hanya mampu menutup biaya eksplisit saja

9.     Mas Pri adalah seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji Rp 7,5 jula/bulan. Sejak dua bulan yang lalu, Mas Pri mencoba membuka warung bakso setiap malam di depan rumahnya dan ternyata bakso produksinya disukai konsumen. Mas Pri memutuskan untuk berhenti bekerja di perusahaan swasta untuk berkonsentrasi penuh di warung baksonya. Jika diketahui bahwa keuntngan warung bakso Mas Pri adalah Rp 7,5 juta/bulan, maka dapat disimpulkan bahwa …..
A.      Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri adalah Rp 0/bulan
B.       Keuntungan akuntansi usaha Mas Pri adalah Rp 0/bulan
C.       Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri adalah Rp 7,5 juta/bulan
D.       Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri pasti lebih besar dibandingkan keuntungan akuntansi, namun besarnya keuntungan tidak bias dipastikan
E.        Keuntungan ekonomi dan keuntungan akuntansi usaha Mas Pri tidak bisa diestimasi

10.    Perhatikan tabel ini
No
A
B
C
1
Makanan
Pakaian
Perusahaan
2
Piano
Video
Parabola
3
Meja, kursi
Sepatu
Sepeda
Yang termasuk kebutuhan sekunder adalah ... .
A.       A1, B1, C1             
B.       A1, B2, C1             
C.       A2, B2, C3
D.       A2, B2, C1
E.        A3, B3, C3


11.    Berikut ini merupakan definisi ekonomi Islam menurut para ahli, kecuali:
A.         ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari orang-orang memiliki nilai-nilai Islam.
B.         upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang Islam.
C.         ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas menggunakan faktor-faktor produksi yang terbatas.
D.         ilmu yang mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.
E.          upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.

12.    Dalam perekonomian Islam, negara memiliki fungsi utama yaitu:
A.         menjaga tingkat inflasi
B.         menjaga stabilitas mata uang
C.         menjamin terpenuhinya kebutuhan minimal rakyat
D.         menyediakan lapangan pekerjaan
E.          mengambil zakat

13.    Berikut ini yang bukan merupakan fungsi uang dalam ekonomi Islam adalah:
A.         alat tukar.
B.         pembakuan nilai.
C.         komoditas.
D.         satuan penghitungan.
E.          penyimpanan kekayaan.

14.    Andri siswa SMA mempunyai uang sebesar Rp500.000,00. Dia mempunyai beberapa kebutuhan antara lain, beli seragam sekolah Rp30.000,00, beli buku pelajaran Rp200.000,00, beli sepatu futsal Rp300.000,00 dan beli tas sekolah Rp200.000,00 untuk mengganti tas lama yang masih bagus dan layak pakai.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut cara mengatasinya adalah ....
A. membeli sepatu futsal dan buku pelajaran
B. membeli seragam sekolah dan buku pelajaran
C. membuat skala priori tas kebutuhan
D. mencari altematif kebutuhan lain
E. membeli semua kebutuhan dengan cara apapun

15.    Berikut ini masalah kelangkaan sumber daya yang dihadapi masyarakat:
(1) Semakin berkurangnya lahan pertanian akibat adanya proyek pembangiman perumahan.
(2) Adanya penebangan liar di hutan mengakibatkan kerusakan hutan dan menimbulkan tanah longsor.
(3) Kemarau yang berkepanjangan, masyarakat sulit mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah ....
A. melarang pembangunan perumahan di daerah perdesaan
B. mencari tempat tinggal aman dan tidak menimbulkan bencana
C.melakukan penghijauan di daerah-daerah agar tidak texjadi bencana
D. menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya sesuai kebutuhan
E. melakukan transmigrasi untuk mengembangkan potensi alam di daerah tersebut

16.    Dalam ekonomi apabila kita ingin mencapai suatu tujuan, harus mengorbankanmtujuan yang lain karena ada keterbatasan ataupun tujuan yang saling bertentangan. Hal ini disebut dengan ….
A.      Biaya oportunitas
B.       Scarcity
C.       Marginalisasi
D.       Trade off
E.        Analisis manfaat

17.    Menurut pengertian ilmu ekonomi, kemakmuran akan tercapai apabila .....
a.        Setiap orang dapat memenuhi kebutuhan pokok
b.       Semua sumber daya alam dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya
c.        Setiap orang dapat mencapai kesejahteraan lahir dan batin
d.       Setiap orang dapat memenuhi bermacam-macam kebutuhannya
e.       Terdapat keseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan

18.    Orang awam seringkali keliru memahami atau menafsirkan Prinsip ekonomi Pengertian atau tindakan pnnsip ekonomi yang benar adalah …..
A.       memaksimumkan suatu manfaat (benefit, utility, profit)
B.       meminimumkan suatu pengorbanan (cost, efforts, loss)
C.       memaksimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan yang minimum
D.       memaksimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan senilai tertentu
E.        mengoptimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan yang juga optimum

19.    Ketika menghadapi masalah ekonomi, secara disadari atau tanpa disadari setiap orang secara otomatis akan menerapkan prinsip ekonomi. Istilah teknis yang paling tepat untuk penerapan prinsip ekonomi itu adalah …..
a.        Efisiensi                  d.   Maksimalisasi
b.       Modifikasi              e.   Optimalisasi
c.        Sinkronisasi

20.    Dalam ekonomi apabila kita ingin mencapai suatu tujuan, harus mengorbankanmtujuan yang lain karena ada keterbatasan ataupun tujuan yang saling bertentangan. Hal ini disebut dengan ….
A.       Biaya oportunitas
B.       Scarcity
C.       Marginalisasi
D.       Trade off
E.        Analisis manfaat

21. Ilmu ekonomi merupakan bagain dari ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam
A.    memanfatakan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas
B.    memanfaatkan sumber daya bebas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas
C.    menganalisis biaya dan manfaat dari eksploitasi sumber daya
D.    menganalisis pengeluaran yang semaksimal mungkin dari peningkatan alokasi sumberdaya
E.     menganalisis pengeluarang minimal untuk hasil yang maksimal


22.  Situasidibawahiniyangmerupakankebutuhandasar(basicneeds)manusiaterdiriatas limahalkecuali:
A.sandang                    D.   Hak asasi
B.pangan                      E.   Pendidikan Dasar
C.kesehatan

23.    Anton mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai arsitek dimana ia mendapatkan gaji Rp. 240.000.000 per tahun untuk memulai usaha konsultan arsitekturnya sendiri. Biaya eksplisit yang timbul pada saat Anton mengambil keputusan tersebut:
A.         hanya mencakup biaya yang timbul untuk menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan kantor.
B.         hanya mencakup gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000 per tahun.
C.         mencakup biaya yang timbul untuk menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan kantor dan gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000 per tahun.
D.         tidak mencakup biaya yang timbul untuk menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan kantor dan gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000 per tahun.
E.          tidak dapat ditentukan.

24.    Seorang petani sayur melakukan kegiatan ekonominya dengan menjual sayurnya. Dia menggunakan prinsip ekonomi, Dia melihat penjual hanya sedikit tetapi pembelinya banyak. Aplikasi prinsip ekonominya adalah ….
A.       jual obral dengan harga murah biar cepat laku
B.       jual dengan harga pas (fixed) tanpa bisa ditawar
C.       jual berdasarkan harga pada hari sebelumnya
D.       jual pada harga pokok produksi
E.       jual dengan menawarkan pada harga yang tinggi tapi bisa saling tawar menawar



25.    Dalam suatu masyarakat biasanya makanan sehari-hari adalah masi dan lauk. Jika jumlah anggota masyarakatnya bertambah karena adanya pertambahan penduduk yang positif, maka kebutuhan beras juga meningkat serta kebutuhan lauk yang dimakan oleh masyarakat juga meningkat. Dalam hal ini hubungan nasi dan lauk adalah …..
A.       saling berhubungan dengan arah yang tidak jelas
B.       saling melengkapi
C.       saling menggantikan
D.       tidak ada hubungan
E.        permintaan beras meningkat tetapi tidak berhubungan dengan lauk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar