RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sekolah
: SMA Negeri 3 Pemalang
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas/Semester : X / Satu
Materi Pokok : Konsep Dasar Ilmu Ekonomi
Alokasi Waktu :12 x 45 menit (4
kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator :
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1. Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi
|
Pertemuan Minggu ke 1
3.1.1.
Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
3.1.2.
Mengidentifikasi
manfaat dan tujuan mempelajari
ilmu ekonomi
3.1.3.
Menjelaskan
pengertian kelangkaan
3.1.4.
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan
Pertemuan Minggu ke 2
3.1.5.
Mendeskripsikan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
3.1.6.
Menjelaskan
pengertian kebutuhan
3.1.7.
Mendeksripsikan
macam-macam kebutuhan
3.1.8.
Menentukan
skala priorikas kebutuhan manusia
3.1.9.
Mendeskripsikan
macam-macam alat pemuas kebutuhan
3.1.10. Mendeskripsikan jenis-jenis
kegunaan barang dan jasa
Pertemuan Minggu ke 3
3.1.11. Menjelaskan pengertian
biaya peluang
3.1.12. Menghitung besarnya
biaya peluang
3.1.13. Mendeskripsikan biaya
peluang
3.1.14. Menjelaskan pengertian prinsip ekonomi
3.1.15. Mengidentifikasi berbagai prinsip ekonomi
3.1.16. Menjelaskan pengertian motif ekonomi
3.1.17. Mengidentifikasi motif seseorang bertindak
ekonomi
Pertemuan Minggu ke 4
3.1.18. Menjelaskan pembagian ilmu ekonomi
3.1.19. Mendeskripsikan
konsep dasar ilmu ekonomi
3.1.20. Menjelaskan pengertian
ekonomi syariah
3.1.21. Mengidentifikasi
tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah
3.1.22. Mendeskripsikan
konsep ekonomi syariah
|
4.1. Mengidentifikasi
kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
|
4.1.1.
Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian
ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.
Mempresentasikan
hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi
kebutuhan
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan
saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik dapat mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi dan menyajikan permasalahan kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
serta cara mengatasinya dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras dan bekerja
sama.
D.
Materi Pembelajaran
Konsep
Dasar Ilmu Ekonomi
1.
Pengertian ilmu ekonomi
2.
Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan
kebutuhan yang relatif tidak terbatas)
3.
Pilihan (kebutuhan dan keinginan) dan skala
prioritas
4.
Kebutuhan
dan alat pemuas kebutuhan
5.
Biaya peluang (opportunity cost)
6.
Prinsip ekonomi
7.
Motif ekonomi
8.
Pembagian ilmu ekonomi
9.
Ekonomi syariah (pengertian, tujuan, prinsip
dan karakteristik ekonomi syariah)
E.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan :Saintifik
b.
Model : PBL (Problem Based Learning)
c.
Metode : Ceramah, Diskusi,
tanya jawab dan penugasan
F. Media Pembelajaran
Media/Alat : Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point
G. Sumber Belajar
Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi 1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta:CV Putra Kertonatan
Ismawanto. 2017.
PanduanMateri Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta:
Bina Prestasi Insani.
Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pertemuan Minggu I (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1)Guru
mempersiapkankelas agar lebih
kondusif untuk memulai proses belajarmengajar dengan
mengajak berdoa kepada Tuhan.
2)Guru
mempersiapkankelas agar lebih
kondusif untuk proses belajarmengajar;
kerapiandankebersihan ruangkelas, mengajak berdoa, presensi (absensi, kebersihan, kelas, menyiapkan media dan alat serta bukuyangdiperlukan).
3)GurumenyampaikantopiktentangKonsep Ilmu Ekonomi. Namunsebelummengkajilebihlanjuttentang topikitu, secara khusus guru mengadakansesiperkenalan. Diusahakan masing-masingpeserta
didikbisatampiluntukmemperkenalkan diri
(minimalsebut nama, alamat, cita-cita),terakhirguru memperkenalkandiri.
4)Gurumemberikanmotivasidanbersyukurbisabersekolah,(Usahakan45 menitpertama
kegiatan 1, 2, dan3sudahselesai).
5)Guru menegaskankembali tentangtopik dan menyampaikan kompetensiyangakandicapai.
|
45 menit
|
Inti
|
1) Sebelum peserta
didikmempelajari pengertianilmu
ekonomi, gurudapat menunjukkanpendapat tentang ilmu ekonomi dari beberapa tokoh.
Guru dapat memulai pelajaran dengan
mengemukakan tentang konsep ilmu ekonomi dari beberapa tokoh diantaranya : Adam Smith mengemukakan bahwa Ilmu
ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku
manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats
guna mencapai tujuan tertentu.Dalam
Wikipedia Bahasa Indonesia, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan
salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan
dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa.
Istilah Ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani yaitu oikos=keluarga atau
rumah tangga, nomos=peraturan atau hukum.John
Stuart Millmengemukakan pengertian ilmu ekonomi (1806-1873) karena ia
seorang ekonom, filsuf, dan pejabat senior di perusahaan East-India berkebangsaan
Inggris. Bagi John Stuart Mill, ilmu
ekonomi adalah praktik ilmiah tentang pengeluaran dan penagihan
keuangan.Permendiknas Nomor 22 Tahun
2006 tentang Standar Isi,Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber
daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi. Collins dalam Kamus Ekonomi,
dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan
ilmu tentang pemakaian faktor-faktor produksi yang tersedia seefektif
mungkin, dalam memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbatas atas barang
dan jasa. Tujuan akhir kegiatan ekonomi adalah untuk
memuaskan kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa.Menurut Prof. P.A.
Samuelson dalam bukunya yang
berjudul Foundations of Economic Analysis, mengemukakan bahwa IlmuEkonomiadalahsuatustudimengenai
bagaimana orang-orang
dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau
tanpa penggunaan uang, dengan
menggunakan sumber daya yang terbatas
tetapi dapat digunakan dalam berbagai
cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa
serta mendistribusikannya untuk
keperluankonsumsisekarangdandimasamendatang,kepada berbagai
orang dan golongan masyarakat.
2)Pesertadidikdisajikanceritatentangrealitaskegiatan ekonomi yang dilakukan olehmasyarakat. Misalnya tentang kegiatan
produksi, kegiatan distribusi atau kegiatan konsumsi yang dilakukan
sehari-hari, sehingga peserta didik memiliki pengetahuan tentang ilmu
ekonomi.
3)Peserta didikkemudian diberikan gambaranbahwa ilmu ekonomi sangat penting
bagi kehidupan manusia, sehingga peserta didik dapat mengambil kesimpulan
dari berbagai pendapat.Dan diberikan pejelasan mengenai tujuan, manfaat ilmu
ekonomi, masalah kelangkaan, serta faktor penyebab kelangkaan. Laluyangpenjadipertanyaanadalahapayangdimaksud dengan
Ilmu Ekonomi jika dikaitkan dengan kegiatan manusia sehari hari?
|
75 menit
|
Penutup
|
1)Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami
materi tersebut.
2)Pesertadidikdimintauntuk
mengerjakansoaluji kompetensidi halaman enam untuk mengukursejauh mana dapat mengerti apayangdijelaskanolehguru.
3) Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas
kelompok dan tugas mandiri yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi masyarakat.
4)Sebelum mengakhiri pelajaran, peserta didikdapat ditanyakan tentangnilai-nilaiatau manfaat apasajayangdidapat
daripelajaranhariini. Dilanjutkan doa untuk mengakhiri pembelajaran
|
15 menit
|
b. Pertemuan Minggu II (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1)Kelasdipersiapkan
olehguru yang diawali dengan berdoa agar lebihkondusif untuk proses belajarmengajar (kerapiandankebersihan ruangkelas,presensi/ absensi,menyiapkanmediadanalatsertabukuyangdiperlukan).
2)Gurumenyampaikantopiktentang pembagian
ilmu eknomi, prinsip dan motif ekonomi.Pembahasan
dapat dimulaidenganmengajukan pernyataandanpertanyaan sebagaiapersepsi.
3)Guru
menegaskankembali tentangtopik
dan menyampaikan kompetensiyangakandicapai.
4)Pesertadidikdibagimenjadienam
kelompok (kelompokI,II,III, IV,V,danVI), dengan menggunakan waktu 30
menit untuk kegiatan diskusi
|
20 menit
|
Inti
|
1) Pesertadidikberkumpul dikelompokmasing-masing
2) Pesertadidikditugaskan:
a)kelompok I dan II mendiskusikan dan membuat
rumusan tentangprosesterjadinya kebutuhan manusia yang
tidak terbatas dan pengertian kebutuhan dari buku paket dan berbagai sumber
atau literature diperpustakaan
b)kelompok
III dan IV mendiskusikan dan membuatrumusan tentangMacam-macam kebutuhan dan skala prioritas kebutuhan dari
buku paket dan berbagai sumber atau literature diperpustakaan
c)kelompokVdanVImendiskusikan danmerumuskantentang Macam-macam
alat pemuas kebutuhan dan jenis kegunaan barang dari buku paket dan berbagai
sumber atau literature diperpustakaan.
3)Setelah kira-kira 45 menit diskusi kelompok diakhiri, guru
kemudian meminta peserta didikmempresentasikan hasil rumusan masing-masing sesuaimasalahyangdidiskusikan. Mengingatwaktu yang terbatasdan ada dua kelompok yang mendiskusikan masalah yangsamamakagurumenunjuk hanya satukelompokuntuksetiapmasalah.Misalnyaditunjukkelompok I,III,danVI.
4) Pada
saat satu kelompok presentasi,
kelompok lain dapat mengajukan pertanyaan,memberimasukan danbegitu seterusnya.
|
100 menit
|
Penutup
|
1)Pembelajaran minggu
ke-2 ini ditutup dengan
memberikan komentardankesimpulantentang
materiyangbarusaja didiskusikan.
2)Gurumenanyakanapakahpesertadidiksudahmemahamimateri yangtelahdidiskusikan.
3)Peserta didik diberikan pertanyaan
lisan secara acak untuk mendapatkan umpan balikataspembelajaranmingguini, misalnya: Definisi kebutuhan, Contoh kebutuhan,
mengidentifikasi kelangkaan, jenis barang atau jasa dan sebagainya
4) Guru mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini
bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
c. Pertemuan Minggu III (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a)Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar;kerapiandankebersihanruangkelas, berdoa, presensi(absensi, kebersihan
kelas,menyiapkan media dan alatserta
buku yang
diperlukan).
b)Peserta didik disinggung tentang materi minggu
lalu yaitu kebutuhan, skala
prioritas dan alat pemuas kebutuhan manusia kemudian menghubungkannya dengan
kondisi kehidpan sehari-hari.
c)Pesertadidikditegaskankembalitentangtopikdanmenyampaikan kompetensiyangakandicapai.
d)Peserta
didikdibagi menjadi enam kelompok(kelompokI,II,III,IV,V,danVI)
dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
a)Sebelum peserta didikmempelajari
inti masalah ekonomi/kelangkaan, peserta didikdapat diberikan apersepsi denganmenanyakantentang perbedaan
kebutuhan dengan keinginan dan cara pemenuhan kebutuhanyangmerekaketahui.
b)KelompokI, dan IVditugaskanuntukmelakukankajiantentang pengertian biaya peluang,
menghitung biaya peluang dan mendeskripsikan biaya peluangmelaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
c)
KelompokII, dan Vditugaskanuntuk melakukan kajiantentangPengertian prinsip ekonomi dan mengidentifikasi berbagai
prinsip ekonomi baik produsen maupun konsumen melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
d)
KelompokIII, dan VIditugaskanuntuk melakukan kajiantentang pengertian motif ekonomi dan mengidentifikasi motif seseorang
bertindak ekonomi tersebut melaluibuku-buku
yangtersediatermasukkeperpustakaan.
e)Setiapkelompokharusmembuatlaporansesuaidenganmasalah yang dikaji.Hasilkajian itu sebaiknyadidukung
dengangambar-gambaryangrelevan.
f)Kelompok IV, V dan VI ditunjuk oleh
guru untuk mempresentasikan kajiannyakemudiankelompok
I, II dan III yangtidakpresentasi
dapat mengajukanpertanyaan.
g)Pesertadidikdimintamenuliskanhasildiskusipadalembarkertas kerja.
h)Hasildiskusikelompokkemudian
dikumpulkan kepada guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a)Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami
materi tersebut.
b)Pesertadidikdimintauntukmengumpulkankertaskerja atau hasil diskusi.
c)Gurumenutuppembelajaran mingguke-3ini dengan memberikan ringkasan tentangmakna
biaya peluang, prinsip ekonomi dan motif ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk
kita semua.
|
15 menit
|
d. Pertemuan Monggu IV (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a)Kelas dipersiapkan agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar;kerapiandankebersihanruangkelas, berdoa, presensi(absensi, kebersihan
kelas,menyiapkan media dan alatserta
buku yang
diperlukan).
b)Peserta didik disinggung tentang materi minggu
lalu yaitu biaya peluang, prinsip
dan motif ekonomi kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidupan
sehari-hari.
c)Pesertadidikditegaskankembalitentangtopikdanmenyampaikan kompetensiyangakandicapai.
d)Peserta
didikdibagi menjadi enam kelompok(kelompokI,II,III,IV,V,danVI)
dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
a)Sebelum peserta didikmempelajari
pembagian ilmu
ekonomi dan ekonomi islam, peserta didikdapat diberikan apersepsi denganmenanyakantentang mengapa manusia melakukan kegiatan ekonomi dan masalah ekonomi dalam dunia nyatayangmerekaketahui.
b)KelompokI, dan IVditugaskanuntukmelakukankajiantentang pembagian ilmu ekonomi dan konsep
dasar ilmu ekonomimelaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
c) KelompokII, dan Vditugaskanuntuk melakukan kajiantentangpengertian ekonomi syariah dan tujuan serta prinsip
ekonomi syariah melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
d)
KelompokIII, dan VIditugaskanuntuk melakukan kajiantentang karakteristik ekonomi syarian dan konsep ekonomi syariah melaluibuku-buku yangtersediatermasukkeperpustakaan.
e)Setiapkelompokharusmembuatlaporansesuaidenganmasalah yang dikaji.Hasilkajian itu sebaiknyadidukung
dengangambar-gambaryangrelevan.
f)Kelompok I, II dan III ditunjuk oleh
guru untuk mempresentasikan kajiannyakemudiankelompok
IV, V dan VI yangtidakpresentasi
dapat mengajukanpertanyaan.
g)Pesertadidikdimintamenuliskanhasildiskusipadalembarkertas kerja.
h)Hasildiskusikelompokkemudian
dikumpulkan kepada guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a)Peserta
didik dapat ditanya apakah sudah memahami
materi tersebut.
b)Pesertadidikdimintauntukmengumpulkankertaskerja.
c)Gurumenutuppembelajaran mingguke-4 ini dengan memberikan ringkasan tentangmakna
pembagian ilmu ekonomi dan masalah
ekonomi dan ekonomi Islam. Dan mengajak
berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
|
16 menit
|
I.
Penilaian Proses dan
Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian:
A. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
B. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik dan
Portofolio
2.
Bentuk Penilaian :
A.
Tes tertulis :
Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian
B.
Unjuk kerja :lembar penilaian presentasi dan pedoman
penilaian
C.
Portofolio : Pengumpulan tugas
mandiri
3.
Instrumen penilaian :
terlampir
4.
Alat Penilaian : Soal terlampir
Pemalang, 16 Juli 2018
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA Negeri 3 Pemalang
CAHYONO, S.Pd., M.Si. SRI PUJIASTUTI,S.Pd.
NIP. 19680102 199301 1 004 NIP. 19780924 200701 2
007
Lampiran Materi Pembelajaran
Materi Pertemuan I
ILMU EKONOMI
A.
PENGERTIAN
ILMU EKONOMI
|
Mengapa belajar ilmu ekonomi? Pertanyaan ini
layak untuk diajukan dalam kehidupan. Kalau kita pelajari lebih lanjut tentang
ilmu ekonomi akan dapat memberikan manfaat yang dapat dita peroleh dalam
kehidupan, diantaranya :
1.
Memperbaiki cara berfikir yang membantu dalam
pengambilan keputusan
2.
Membantu memahami masyarakat
3.
Membantu memahami masalah-masalah
internasional (global)
4. Bermanfat
dalam membangun masyarakat demokrasi
Sedangkan
tujuan kita mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita dapat :
1. Memahami
sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan
kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi dilingkungan individu, rumah
tangga, masyarakat, dan negara
2. Menampilkan
sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk
mendalami ilmu ekonomi
3. Membentuk sikap
bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan
keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri
sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara
4. Membuat
keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam
masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional
Menurut
asal kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu Oikos dan Nomos.
Oikos artinya rumah tangga atau
keluarga dan Nomos artinya aturan, peraturan atau hukum, sehingga istilah
ekonomi berarti mengatur rumah tangga atau keluarga. Dalam kegiatan rumah
tangga manusia selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhannya baik berupa barang
maupun jasa agar tercapai kemakmuran.
Menurut Prof. P.A.
Samuelson, seorang ahli ekonomi mengemukakan,“IlmuEkonomiadalahsuatustudimengenai
bagaimana orang-orang dan masyarakat
membuat pilihan, dengan cara atau tanpa penggunaan uang, dengan
menggunakan sumber daya yang terbatas
tetapi dapat digunakan dalam berbagai
cara untuk menghasilkan berbagai jenis
barang dan jasa serta mendistribusikannya
untuk keperluankonsumsisekarangdandimasamendatang,kepada
berbagai orang dan
golongan masyarakat. Ilmu ekonomi menganalisis
biaya dan keuntungan serta memperbaiki
corak penggunaansumberdaya-sumberdaya.”
Berdasarkan definisi ilmu ekonomi
yang dikemukakan oleh Prof. PA
Samuelson, terdapat prinsip
dasar yang melahirkan ekonomi adalah
:
1.
kelangkaan(scarcity), dan
2. pilihan(choice).
Dalam
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang
Standar Isi, dijelaskan bahwa Ekonomi
merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui
pilihan-pilihan kegiatan produksi,
konsumsi, dan/atau distribusi.
Dari gambaran
di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Ilmu Ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia
untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber
daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi agar tercapai
kemakmuran.
B.
KELANGKAAN
|
KelangkaanSumberDaya terdiri dari :
a. KelangkaanSumberDayaAlam
b. KelangkaanSumberDayaManusia
c. KelangkaanSumberDayaModal
d. KelangkaanSumberDayaWirausaha
Sumber daya ekonomi yang tersedia
dalam jumlah yang terbatas atau langka harus dilaksanakan secara bijak agar
masalah kelangkaan bisa teratasi, yang caranya, antara lain, sebagai berikut.
a. Menentukan
prioritas pemanfaatan sumber daya sehingga masyarakat masih dapat menikmatinya
b. Peduli terhadap
kerusakan lingkungan akibat adanya ulah manusia yang cenderung serakah
c. Disiplin dalam menggunakan sumber daya
sehemat mungkin
d. Tanggung jawab
atas kebutuhan masyarakat banyak
e. Memanfaatkan
sumber daya ekonomi secara selektif, dengan mempertimbangkan kelestariannya,
agar anak cucu kita dapat menikmatinya.
f.
Meningkatkan kemampuan sumber daya Indonesia untuk menguasai
teknologi
g. menggunakan
sumber daya yang terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa agar dapat
mengimbangi keinginan manusia yang tidak terbatas
Instrumen Penilaian Pertemuan I
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Berikan
penjelasan tentang mengapa kita mempelajari ilmu ekonomi ?
2. Jelaskan
perbedaan antara ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro !
3. Bagaimana
kedudukan ilmu ekonomi dalam ilmu-ilmu sosial ? Berikan alasannya!
4. Dalam
perkembangannya ilmu ekonomi terapan sangat banyak, diantaranya ilmu matematika
ekonomi, ekonomi perusahaan, ekonomi moneter dan ekonomi syariah. Berikan
penjelasan perkembangan ilmu ekonomi terapan tersebut !
5. Jelaskan hubungan
antara ilmu ekonomi dan kemakmuran (individu, masyarakat dan bangsa) !
Score : Setiap
soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4
Tugas:
1. Carilah di berbagai sumber buku-buku,
internet, atau pun majalah dan buletin ekonomi tentang kondisi perekonomian di
negara kita sekarang ini!
2. Lakukanlah analisis terhadap kondisi
perekonomian dan klasifikasikan ke dalam ilmu ekonomi di atas yang telah
dikelompokkan berdasarkan pembagiannya masing-masing!
3. Tulislah hasil analisis kelompokmu terhadap
permasalahan tersebut kemudian presentasikan ke depan kelas sebagai bahan
diskusi!
4. Setiap respon dari anggota diskusi,
sebaiknya diselesaikan dan ditanggapi dengan ranah sikap yang bijak, ramah,
bersahabat, dan percaya diri.
Sistematika
laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan
dokumen pendukung yang anda miliki.
Materi Pertemuan II
C.
KEBUTUHAN MANUSIA
|
1. Pengertian
Kebutuhan
Kebutuhan
diartikan sebagai hasrat yang muncul dari dalam diri manusia dan harus dipenuhi
karena jika tidak terpenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidupnya. Lain hal dengan
keinginan, keinginan adalah hasrat yang muncul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi
tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Maka, bisa dibedakan bahwa
kebutuhan harus dipenuhi oleh manusia sedangkan keinginan tidak harus dipenuhi.
Seperti contoh di atas, keinginan untuk tour ke Bali tidak akan memengaruhi
kelangsungan hidup seseorang; namun kebutuhan pokok terhadap makanan dan
minuman yang tidak terpenuhi dapat berakibat fatal.
2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi
Kebutuhan
a. Tingkat Kepuasan dan Gaya Hidup
b. Umur
c. Penghasilan yang Diperoleh
d. Pendidikan
e. Pekerjaan
Adapun faktor-faktor
eksternal yang memengaruhi kebutuhan manusia, antara lain, sebagai berikut.
a. Keadaan Alam
b. Tingkat Kemajuan Peradaban
c. Agama dan Kepercayaan
d. Adat-Istiadat
e. Tingkat Kemajuan Teknologi
3. Jenis-Jenis Kebutuhan
a. KebutuhanMenurutIntensitasnya
1) Kebutuhan Primer
2) Kebutuhan Sekunder
3) Kebutuhan Tersier
b. KebutuhanMenurutSifatnya
1)KebutuhanJasmani
2) KebutuhanRohani
c. Kebutuhan
Berdasarkan Waktu Pemenuhannya
1) Kebutuhan Sekarang
2) Kebutuhan Masa Datang/Depan
d. Kebutuhan Berdasarkan Subjek
atau Pihak yang Membutuhkan
1) Kebutuhan Individu
2) Kebutuhan Masyarakat/Publik/Kelompok
e. Kebutuhan Berdasarkan
Wujudnya
1) Kebutuhan Material
2) Kebutuhan Spiritual
D.
SKALA PRIORITAS
|
1.
Perbuatan Pilihan
Jika
anda amati dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu dihadapkan pada suatu
pilihan (choice), baik dalam memenuhi
kebutuhannya maupun mengalokasikan seluruh pendapatannya, sehingga anda harus
bisa melakukan pilihan yang lebih menguntungkan terutama bagi dirinya sendiri.
Dengan pendapatan yang terbatas manusia tidak bisa memenuhi kebutuhannya
apabila tidak memikirkan kebutuhan mana yang seharusnya dipenuhi terlebih
dahulu. Oleh karena itu kita selalu dihadapkan pada masalah pilihan terhadap
kebutuhan mana yang harus didahulukan maupun kebutuhan mana yang harus dipenuhi
di kemudian hari.
Sebagai
contoh Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penghasilan yang terbatas,
disamping membiayai kebutuhan sehari-hari di rumah juga membiayai kebutuhan
sekolah anaknya (SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi) dan lain-lain. Pada suatu
saat anaknya yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi minta untuk dibelikan
kendaraan (mobil) untuk memperlancar kuliahnya. Maka timbul pertanyaan :
Kebutuhan manakan yang harus didahulukan, apakah membeli kendaraan (mobil) atau
membiayai sekolahnya?
Seperti
telah diuraikan di muka bahwa setiap hari manusia dihadapkan pada suatu
pilihan, maka dari itu kita perlu menyusun skala pemenuhan kebutuhan
berdasarkan intensitasnya (kepentingannya). Kebutuhan yang memiliki intensitas
tinggi harus didahulukan, kemudian baru memenuhi kebutuhan yang memiliki
intensitas yang rendah, bahkan lebih rendah lagi. Untuk menyusun skala
pemenuhan kebutuhan perlu dipertimbangkan beberapa hal, diantaranya
1. Nilai kegunaan di
masa kini ataupun di masa yang akan datang
2. Ketepatan waktu
pemenuhan kebutuhan
3. Trend mode atau
kecenderungan keadaan saat ini
4. Adat dan
kebiasaan yang dilakukan oleh manusia/masyarakat
2. Skala
Prioritas
Setiap hari kita selalu
dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup.Penghasilanyangkitaterimadapatdipergunakanuntuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Seluruh pendapatan yang diperolehakandikeluarkanuntukmencukupikebutuhan,baik
untuk konsumsi dan produksi maupun
ditabung. Karena jumlah kebutuhan konsumen
tidak terbatas, maka sebaiknya disusunskalaprioritaskebutuhanataudaftarurutankebutuhan,
agarpendapatanyangdimilikidapatdigunakansesuaidengan
urutan kepentingannya. Adapunhubunganantarapendapatandengankonsumsiadalah
berbanding terbalik seperti
yang dikemukakan oleh sarjana ekonomiJermanbernamaEngelyangterkenaldenganHukum Engel, berbunyi
“Semakin besar pendapatan, semakin kecil
bagian
pendapatan yang digunakan untuk konsumsi,
dan sebaliknya”.
Berdasarkan Hukum Engel,
maka kamu
perlu berperilaku hiduphematdengancaramenyusunanggaran dan skala prioritas,sehinggaantara
besarnyapenerimaandanpengeluaranselaluseimbang.Bagaimanakah
cara menyusun skala prioritas kebutuhan? Agar lebih mudah memahami, sebaiknya
kamu perhatikan contoh berikut.
Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan penghasilan sebulan
sebesar Rp5.000.000,00 dan telah berkeluarga serta memiliki anak sebanyak 3
anak. Agar dengan gaji tersebut dapat terpenuhi segala kebutuhannya, maka
disusun skala prioritas kebutuhan sebagai berikut.
Kebutuhan
Primer
Makan dan Minum Rp
1.200.000,00
Listrik, air,
telepon (hp) dan internet Rp 500.000,00
Keperluan sekolah
anak Rp 600.000,00
BBM Rp 300.000,00
Kebutuhan
Sekunder
Keperluan mandi
dan cuci Rp 500.000,00
Rekreasi dan jajan Rp 750.000,00
Sosial dan keamanan Rp 250.000,00
Kebutuhan
Tersier
Tabungan untuk beli
motor Rp 400.000,00
Tabungan untuk masa
depan Rp 500.000,00
_____________
+
Jumlah Rp
5.000.000,00
=============
E.
ALAT PEMUAS KEBUTUHAN
|
1. Alat
Pemuas Kebutuhan (Barang
dan Jasa)
a. BarangMenurutSifatnya
1)Barang Ekonomis
2) BarangBebas
b. BarangMenurutFungsinya(TujuanPenggunaannya)
1)Barang Konsumsi
Barang konsumsi dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai
berikut.
a) Barang
yang hanya dipakai satu kali langsung habis. Contoh: makanan, minuman, dan
lain-lain.
b) Barang
yang dapat dipakai beberapa kali. Contoh: pakaian, sepatu, dan lain-lain.
2) Barang Produksi/Barang Modal
c. BarangMenurutWujudnya
1)Barang Konkret/Nyata/Material
2) Barang
abstrak/immaterial
d. BarangMenurutCaraPenggunaannya
1)Barang Substitusi
2) Barang
Komplementer
e. BarangMenurutCaraPengerjaannya
1)Barang Mentah
2) BarangSetengahJadi
3)Barang jadi
Dengan demikian,sudahjelasbahwabarangataujasasangatbergunabagi manusiadanmempunyainilaisertamanfaatyangbesardalam
rangka memenuhi berbagai macam kebutuhan
manusia.
2. Jenis-jenis
kegunaan barang/jasa
MenurutAl Meyers,
jenis-jenis kegunaan barang atau benda
dapatdiuraikansebagaiberikut.
a. Element
utility (faedah elemen), artinya benda
berguna karena mempunyai zat
asli yang dibutuhkan. Misalnya umbi-umbian,
buah-buahan, dan sayur-sayuran.
b. Time
utility (faedah waktu), artinya benda
akan lebih
berfaedah bila digunakan
pada waktu yang tepat. Sebagai
contoh menimbun gabah untuk persiapan
pada masa
paceklikdanpayungpadasaatmusimhujan.
c. Place utility
(faedah tempat), artinya benda yang
setelah dipindahkan tempatnya akan
lebih berfaedah bagi
manusia. Misalnyapasirdisungaidipindahkankekotadankayudi hutandipindahkankekotadipakaisebagaibahanbangunan.
d. Form utility
(faedah bentuk), artinya benda setelah
diubah bentuknya dapat lebih berfaedah
bagi manusia. Misalnya kayudiubahmejadimebel,kaindiubahmenjadibaju/celana,
gandumdiubahmenjadiroti,dansebagainya.
e. Ownership
utility (faedah hak milik), artinya
benda yang dapatberfaedahsetelahdimiliki.Misalnyamobilyangmasih di
toko setelah
dibeli oleh konsumen akan menjadi
lebih berguna.
Instrumen Penilaian Pertemuan II
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Ada sementara
orang berpendapat bahwa prinsip ekonomi adalah berusaha dengan biaya yang
serendah-rendahnya untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya. Coba kamu
pikirkan secara logis, layakkah pernyataan tersebut sebagai prinsip ekonomi?
Berikan penjelasan!.
2. Berikan
penjelasan tentang prinsip ekonomi dan motif ekonomi!
3. Identifikasikan
faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam melakukan perbuatan yang
berdasarkan prinsip ekonomi!
4. Berikan lima
contoh seseorang melakukan perbuatan ekonomi berdasarkan prinsip ekonomi!
5. Berikan lima
contoh seseorang melakukan motif ekonomi!
Score : Setiap
soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4
Tugas:
Cobalah kamu
laksanakan salah satu dari 10 prinsip ekonomi Gregory Mankiw di atas. Setelah
percobaanmu selesai, tulislah dalam bentuk laporan deskripsi singkat mengenai
prinsip ekonomi yang kamu pilih dan interaksinya terhadap tindakan yang kamu
lakukan! Diskusikan hal tersebut bersama teman kelompok!
Materi Pertemuan III
F.
BIAYA SEHARI-HARI DAN BIAYA PELUANG
|
Biaya sehari-hari adalah biaya / ongkos yang
dikeluarkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam
barang/jasa yang diperlukan agar tercapai kemakmuran
Sedangkan Biaya Peluang/Biaya Implisit/Ongkos Alternatif (Opportunity Cost) adalah sejumlah barang atau pendapatan yang
harus dikorbankan agar sejumlah barang yang lain dapat diproduksi/digunakan,
atau kesempatan untuk memperoleh sesuatu yang hilanh karena telah memilih
alternatif lain. Jadi Ongkos alternatif sejumlah barang X adalah sejumlah
barang Y yang harus dikorbankan agar sejumlah barang X dapat diproduksikan.
Biaya Eksplisit adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan
untuk membayar biaya input atau biaya atas penggunaan faktor produksi, Misalnya
Biaya gaji atau biaya tenaga kerja, biaya sewa, biaya listrik dan air, biaya
bahan baku, biaya penjualan, biaya aministrasi dan sebagainya
Biaya Sesungguhnya/Biaya Kesempatan merupakan biaya yang dikeluarkan perusahaan dan biaya yang tidak
mengharuskan perusahaan untuk membayar biaya-biaya input, sehingga biaya
sesungguhnya merupakan penjumlahan antara biaya implisit dengan biaya eksplisit
Biaya
Sesungguhnya = Biaya Implisit + Biaya Eksplisit
|
Laba-Rugi Akuntansi atau Keuntungan Akuntansi (Accounting Profit) adalah selisih antara
seluruh pendapatan perusahaan (jumlah pendapatan yang diterima oleh suatu
perusahaan sebagai hasil penjualan output) dengan seluruh biaya yang
dikeluarkan perusahaan (biaya usaha dan biaya di luar usaha yang merupakan
biaya eksplisit).
Keuntungan
Akuntansi = Pendapatan Total – Biaya total atau Biaya Eksplisit
|
Laba-Rugi Ekonomi atau Keuntungan Ekonomi (Economic Profit) adalah selisih antara
pendapatan total (pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha) dengan biaya
sesungguhnya (biaya implisit dan biaya eksplisit)
Keuntungan
Ekonomi = Pendapatan Total – Biaya Sesungguhnya
|
Atau
Keuntungan
Ekonomi = Keuntungan Akuntansi – Biaya Implisit
|
Contoh 1 :
Seorang
lulusan SMA diterima di UGM. Yang bersangkutan juga sudah diterima untuk
bekerja penuh waktu (full time) di Toko A dengan gaji Rp 3.000.000,00 per
bulan, di pabrik B dengan gaji Rp 3.250.000,00 per bulan, dan di kantor C
dengan gaji Rp 3.500.000,00 per bulan. Jika yang bersangkutan memutuskan untuk
kuliah dan bukan bekerja, maka biaya oportunitasnya sebesar Rp 3.500.000,00 perbulan
Contoh 2 :
Perusahaan melakukan
pengambilan keputusan mengganti atau tetap memakai mesin yang sekarang
digunakan. Jika biaya operasi mesin lama Rp 100.000,00 perbulan, sedangkan
biaya operasi mesin baru Rp 75.000,00 perbulan, maka penghematan biaya Rp
25.000,00 perbulan tersebut merupakan biaya peluang atau biaya kesempatan bagi
alternatif biaya menggunakan mesin lama.
Contoh 3 :
Tn. Amir
seorang karyawan perusahaan swasta di kota "Y" memperoleh gaji Rp
3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki usaha sendiri dia berhenti dari
perusahaan tempat bekerja dan mendirikan industri batu bata. Pendapatan dari
industri batu bata 1 bulan Rp 5.000.000,00, beli bahan Rp 1.500.000,00, upah
karyawan Rp 2.000.000,00 dan biaya lain‑lain Rp 750.000,00. Berdasarkan contoh tersebut maka dapat ditentukan
hal-hal berikut ini :
a.
Biaya peluang / Biaya
implicit sebesar Rp 3.000.000,00
b.
Biaya eksplisit = Rp 1.500.000,00 + Rp
2.000.000,00 + Rp 750.000,00
= Rp 4.250.000,00
c.
Biaya sesungguhnya = Rp 3.000.000,00 + Rp 4.250.000,00
= Rp 7.250.000,00
d.
Laba-Rugi
akuntansi = Rp 5.000.000,00 – Rp
4.250.000,00
Laba Akuntansi =
Rp 750.000,00
e.
Laba-Rugi
ekonomi = Rp 5.000.000,00 – Rp
7.250.000,00
Rugi Ekonomi = Rp 2.250.000,00
G.
PRINSIP EKONOMI DAN MOTIF EKONOMI
|
1.
Prinsip Ekonomi
a. Pengertian prinsip
ekonomi
Prinsip Ekonomi adalah pedoman/patokan yang digunakan manusia dalam melakukan kegiatan atau tindakan ekonomi. Pedoman tersebut berupa kalimat istimewa, yaitu dengan
pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk memperoleh hasil yang tertentu atau
dengan pengorbanan yang tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
b. Ciri-Ciri
Perilaku Seseorang yang Menggunakan Prinsip Ekonomi
1)
Bersikap hemat
2)
Menentukan skala prioritas
3)
Bertindak secara rasional dan ekonomis
4)
Bertindak dengan prinsip cost
and benefit
5)
2. Motif Ekonomi
Motif ekonomi
adalah gejala sesuatu yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan ekonomi. Tindakan atau motif
ekonomi seseorang biasanya berupa berikut:
1.
motif untuk mencari keuntungan/kemakmuran;
2. motif untuk
mencapai kekuasaan;
3. motif untuk
mencapai penghargaan;
4. motif untuk
melakukan kegiatan sosial.
Instrumen Penilaian Pertemuan III
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1. Alat pemuas kebutuhan
manusia dikatakan terbatas. Sekalipunjumlahnyabanyaksekalitetapitetapdikatakan.
terbatas,mengapahalinidapatterjadidanapayangharus kamu
lakukan?
2. Diskusikan dengan
kelompokmu mengenai usaha-usaha yang dilakukan
manusia untuk mengatasi kelangkaan sumberdaya!
3. Mengapakebutuhanmanusiasifatnyatidakterbatasdanalatpemuaskebutuhanmanusia
terbatas? Jelaskan!
4. Jelaskan
perbedaan antara kebutuhan jasmani dengan kebutuhan rohani dan kebutuhan
sekarang dengan kebutuhan masa yang akan datang !
5. Berikan
masing-masing 3 contoh kebutuhan menurut intensitasnya dan kebutuhan menurut
subyeknya !
6. Jelaskan
perbedaan antara barang konsumsi dengan barang produksi dan barang ekonomi
dengan barang bebas !
7. Apakah bisa
barang bebas menjadi barang ekonomi ? jelaskan dengan contoh !
8. Jelaskan
pengertian barang substitusi dan berikan 4 contoh pasangan barang substitusi !
9. Berikan
masing-masing 5 contoh kegunaan barang menurut AL Meyers !
10. Diskusikan dengan
kelompokmu mengenai usaha-usaha yang dilakukan
manusia untuk mengatasi kelangkaan sumberdaya!
Score : Setiap
soal memiliki nilai 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 2
Tugas:
TUGAS KELOMPOK
Amatilah kehidupan di sekitar lingkunganmu!
Bagaimanakah orang-orang di sekitarmu berusaha memenuhi kebutuhannya? Sebutkan
atau tuliskanlah beberapa cara orang-orang di sekitar Anda dalam berusaha
memenuhi kebutuhannya! Jika memungkinkan, tulislah pula jenis kebutuhan yang
berhasil dipenuhi oleh orang-orang tersebut!
TUGAS MANDIRI
Tunjukkan dalam
contoh bahwa tradisi di wilayahmu memengaruhi keinginan masyarakat dalam
memenuhi kebutuhan! Buatlah laporan tertulis mengenai hal ini dan presentasikan
di depan kelas untuk memperoleh tanggapan.
Materi Pertemuan IV
H.
PEMBAGIAN ILMU EKONOMI
|
Ilmu ekonomi
termasuk bagian dari Ilmu Pengetahuan Sosial (social science) sehingga ruang lingkup dalam pembagian ilmu ekonomi
dapat kita bahas menurut masalah yang dipelajari dan menurut kegiatannya.
Menurut masalah
yang dipelajari, ilmu ekonomi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
a. Ekonomi
Deskriptif (Descriptive Economics),
Ekonomi
deskriptif menggambarkan atas peristiwa-peristiwa ekonomi yang timbul dalam
masyarakat, sehingga tidak diperlukan penjelasan dan penilaian atas fakta atau
peristiwa tersebut. Contoh : Peristiwa kenaikan harga barang, kelangkaan barang
yang ada di pasar, terjadinya gagal panen,
pemanfaatan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dan sebagainya
b. Ekonomi Teori (Theory Economics)
Teori dasar
dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi
dua, yaitu teori ekonomi
mikro yang membahas permasalahan bersifat parsial atau bagian
kecil dari kegiatan perekonomian, dan teori ekonomi makro,
yang membahas permasalahan ekonomiyangbersifatglobalataumenyeluruh.
a. EkonomiMikro
Ekonomimikroadalahilmuyangmempelajari
aktivitas-aktivitasperekonomianyangbersifatbagiankecil,yang
memusatkanperhatiannyapadamasalahbagaimanakonsumen akan
mengalokasikan pendapatannya yang terbatas terhadap
berbagai macam barang
dan jasa
yang dibutuhkan,
untuk memperoleh kepuasan maksimum. Dan umumnya membahas tiga masalah pokok
ekonomi modern, yakni What, Hor dan For Whom.
b. EkonomiMakro
Ekonomi makro
merupakan bagian dari ilmu ekonomi
yangmempelajarimekanismebekerjanyaperekonomiansecara keseluruhan.Dengandemikianhubungankausalyangdipelajari
dalam ekonomi makro, pada intinya
adalah hubungan antar variabel ekonomi agregatif
(secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah
tangga, saving (tabungan), investasi nasional,
tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca
pembayaran, stok kapital nasional, utang
pemerintah, dansebagainya.
c. Ekonomi Terapan (Applied Economics)
a. Matematika
Ekonomi
Matematika
Ekonomi merupakan cabang ilmu ekonomi yang mencakup pengertian-pengertian,
dalil-dalil dan rumus-rumus serta teknik-teknik penggunaan matematika dalam
pembahasan persoalan-persoalan ekonomi secara kuantitatif.
b. Politik Ekonomi
Politik Ekonomi
merupakan ilmu ekonomi yang membahas kebijakan-kebijakan pemerintah dalam
bidang perekonomian dalam rangka untuk mencapai kemakmuran atau kesejahteraan
rakyat
c. Ekonomi Perusahaan
Ekonomi
Perusahaan merupakan suatu bagian dari ilmu ekonomi yang khusus bertujuan untuk
mempelajari gejala-gejala dalam rumah tangga perusahaan
d. Ekonomi Industri
Ekonomi Industri
merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas hubungan berbagai perusahaan dalam
suatu industri, baik industri kecil, menengah maupun industri besar
e. Ekonomi Moneter
Ekonomi Moneter
merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas permasalan moneter (inflasi,
deflasi dan jumlah uang yang beredar) dalam masyarakat suatu negara
f.
Ekonomi Internasional
Ekonomi
Internasional merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari segala sesuatu
mengenai hubungan ekonomi antar negara di dunia.
g. Ekonomi Keuangan
atau Keuangan Negara
Ekonomi Keuangan
merupakan cabang ilmu ekonomi yang berkaitan dengan pembahasan keuangan negara
atau anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)
h. Ekonomi Syariah
atau Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
merupakan cabang ilmu ekonomi yang kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip
Islam atau hukum Islam
Menurut kegiatannya, ilmu ekonomi dibagi
menjadi tiga bagian, yaitu :
a. Kegiatan
Produksi
b. Kegiatan
Distribusi
c. Kegiatan Konsumsi
3. Pembagian
Ilmu Ekonomi Secara Fundamental dan Historis
a. Ilmu Ekonomi
Positif
Hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi
dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Merupakan ilmu yang melibatkan diri
dalam masalah “apakah yang terjadi”. Oleh karena itu ilmu ekonomi netral
terhadap nilai-nilai. Artinya, ilmu ekonomi positif atau bebas nilai, hanya
menjelaskan ‘apakah harga itu’ dan ‘apakah yang terjadi jika harga itu naik
atau turun’ bukan ‘apakah harga itu adil atau tidak’.
b. Ilmu Ekonomi
Normatif
Membahas pertimbangan-pertimbangan nilai etika.
Ilmu ekonomi normatif beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri
dalam mencari jawaban atas masalah “apakah yang seharusnya terjadi”.
I.
EKONOMI SYARIAH
|
Beberapa pengertian
tentang Ekonomi Islam (Ekonomi Syariah) yang dikemukakan para ahli ekonomi
Islam, diantaranya :
a. M. Akram Kan
Ilmu ekonomi islam
bertujuan untuk melakukan kajian tentang kebahagiaan hidup manusia yang dicapai
dengan mengorgansiasikan sumber daya alam atas dasar bekerjasama dan
partisipasi.
b. Muhammad Abdul Manan
Ilmu ekonomi islam adalah
ilmu pengetahuan social yang mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat
yang diilhami oleh nilai-nilai islam
c.
M. Umer Chapra
Ekonomi islam adalah
sebuah pengetahuan yang membantu upaya realisasi kebagahiaan manusia melalui
alokasi dan distribusi sumber daya yang terbatas yang berada dalam koridor yang
mengacu pada pengajaran Islam tanpa memberikan kebebasan individu atau tanpa
perilaku makroekonomi yang berkesinambungan dan tanpa ketidakseimbangan
lingkungan.
d. Muhammad Nejatullah Ash-Shidiqy
Ilmu ekonomi islam adalah
respon pemikir muslim terhadap tantangan ekonomi pada masa tertentu
e. Kursyid Ahmad
Ilmu ekonomi islam adalah
sebuah usaha sistematis untuk memahami masalah-masalah ekonomi dan tingkah laku
manusia secara relasional dalam perspektif islam.
f.
Muhammad Abdullah
Ekonomi syariah atau
ekonomi Islam ialah sekumpulan
dasar- dasar umum ekonomi yang disimpulkan dari alquran dan sunnah, di mana merupakan
bangunan perekonomian yang
didirikan di atas landasan dasar-dasar tersebut sesuai lingkungan dan masa.
g. Dr. Mardani
Ekonomi syariah adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh orang per
orang atau kelompok
orang atau badan usaha yang berbadan hukum atau
tidak berbadan hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial menurut prinsip
syariah.
h. Dawam Rahardjo
Ekonomi Islam dapat dibagi
kedalam tiga arti. Pertama,
yang dimaksud ekonomi islam adalah ilmu ekonomi yang berdasarkan nilai atau
ajaran islam. Kedua, yang
dimaksud ekonomi islam ialah sebagai suatu sistem. Sistem menyangkut pengaturan
yaitu pengaturan kegiatan ekonomi dalam suatu masyarakat atau negara
berdasarkan suatu cara atau metode tertentu. Ketiga, ekonomi islam dalam pengertian perekonomian umat islam.
2. Tujuan Ekonomi Syariah
Terdapat beberapa tujuan sistem
ekonomi islam / syariah, antara lain :
- Konsumsi manusia dibatasi sampai pada tingkat yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia
- Alat pemuas kebutuhan manusia seimbang dengan tingkat kualitas manusia agar ia mampu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan teknologinya guna menggali sumber-sumber alam yang masih terpendam
- Dalam pengaturan ditribusi dan sirkulasi barang dan jasa, nilai-nilai moral harus diterapkan
- Pemerataan pendapatan dilakukan dengan mengingat sumber kekayaan seseorang yang diperoleh dari usaha halal, maka zakat sebagai sarana distribusi pendapatan merupakan sarana ampuh.
- Menyediakan dan menciptakan peluang-peluang yang sama dan luas bagi semua orang untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan ekonomi.
- Memberantas kemiskinan absolute dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar bagi semua individu masyarakat.
- Mempertahankan stabilitas ekonomi dan pertumbuhan, dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
Ada beberapa prinsip dasar
yang digunakan dalam ekonomi syariah, antara lain sebagai berikut.
1.
Berbagai sumber daya dipandang sebagai pemberian
atau titipan dari Allah swt kepada manusia.
2.
Islam mengakui pemilikan pribadi dalam batas-batas
tertentu.
3.
Kekuatan penggerak utama ekonomi Islam adalah
kerja sama.
4.
Ekonomi Islam menolak terjadinya akumulasi
kekayaan yang dikuasai oleh segelintir orang saja.
5.
Ekonomi Islam menjamin pemilikan masyarakat dan
penggunaannya direncanakan untuk kepentingan banyak orang.
6.
Seorang mulsim harus takut kepada Allah swt dan
hari penentuan di akhirat nanti.
7.
Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah
memenuhi batas (nisab)
8.
Islam melarang riba dalam segala bentuk
4.
Karakteristik Ekonomi Syariah
Ada beberapa karakteristik
ekonomi islam yang dapat diringkas sebagai berikut :
a.
Harta kepunyaan Allah dan manusia merupakan
khalifah atas harta
b. Ekonomi
terkait dengan akidah, syariah (hukum), dan Moral
c.
Keseimbangan antara kerohanian dan kebendaan
d. Menciptakan
keseimbangan antara kepentingan individu dengan kepentingan umum
e. Kebebasan
individu dijamin dalam Islam
f.
Negara diberi wewenang turut campur dalam
perekonomian
g.
Adanya bimbingan konsumsi
h. Adanya
petunjuk investasi
i.
Adanya Zakat
j.
Larangan adanya Riba
Instrumen Penilaian Pertemuan IV
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.
Mengapa kita harus melakukan perbuatan pilihan pada pemanfaatan
barang/jasa dalam kehidupan sehari-hari?
2.
Identifikasikan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam
menyusun skala pemenuhan kebutuhan!
3.
Jelaskan hukum Engel dan
berikan contoh hukum Engel dengan
menggunakan analisis berupa data kuantitatif (angka)!
4.
Mengapa kita harus melakukan skala prioritas dalam memenuhi
kebutuhan?
5.
Bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan agar seluruh
kebutuhan manusia terpenuhi secara merata?
6.
Diskusikan dengan kelompokmu cara menyusun pengelolaan keuangan dalam
rangka memenuhi kebutuhan berdasarkan intensitasnya (menyusun anggaran
pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga)!
7.
Bagaimana cara mengatasi jika terjadi defisit anggaran dalam kehidupan
manusia sehari-hari!
8.
Berikancontohbiayapeluangyangterjadidimasyarakat!
9.
Simaklahterlebihdahulusoalceritaini.
Suatu perusahaan akan
menentukan berbagai pilihan produksisebagaiberikut.Apabilamemproduksibarang A diperoleh laba Rp2.000.000,00,
memproduksi barang B diperoleh laba Rp
2.200.000,00, dan memproduksi barang C diperoleh
laba Rp2.500.000,00. Pada akhirnya perusahaanmengambilkeputusanuntukmemproduksi barang D. Lakukan diskusi
dengan teman-temanmu berapabiayapeluangnya!
10. Simaklah pernyataan yang
berhubungan dengan biaya peluang berikut ini!
Tn. Amir seorang karyawan perusahaan swasta di kota
"Y" memperoleh gaji Rp3.000.000,00 per bulan. Karena ingin memiliki
usaha sendiri dia berhenti dari perusahaan tempat bekerja dan mendirikan
industri batu bata. Pendapatan dari industri batu bata 1 bulan Rp5.000.000,00,
beli bahan Rp1.500.000,00, upah karyawan Rp2.000.000,00 dan biaya lain‑lain
Rp750.000,00. Hitunglah
hal berikut.
a.
Biaya peluang / biaya implisit
b.
Biaya eksplisit
c.
Biaya sesungguhnya
d. Laba akuntansi
e. L/R ekonomi
Score : Setiap
soal memiliki nilai 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 2
Tugas:
1. Diskusikanlah dengan
teman kelompok Anda!
2. Perhatikanlah, sejak
manusia bisa menciptakan mobil dari awal penciptaan hingga sekarang muncul
mobil dengan berbagai ragam bentuk maupun model, demikian pula dengan
penciptaan barang-barang yang lainnya, seperti televisi, komputer, dan
handphone. Mengapa manusia tidak pernah menghentikan usahanya untuk
menciptakan, membuat atau mengola suatu benda menjadi alat pemuas kebutuhan
hidupnya?
3. Lakukanlah analisis
terhadap permasalahan tersebut dan buatlah laporan diskusi kepada guru
pelajaran untuk mendapatkan nilai!
Sistematika
laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan
dokumen pendukung yang anda miliki.
PENILAIAN KETRAMPILAN
Penilaian
kompetensi ketrampilan :Penilaian
Proyek
KD
|
IPK
|
4.1. Mengidentifikasi
kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
|
4.1.1.
Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian ilmu
ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.
Mempresentasikan
hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi
kebutuhan
|
Satuan pendidikan : SMA
Negeri 3 Pemalang
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester
: X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
Nama Siswa/Kelompok
|
Skor Perolehan
|
Jml
|
||||
Kerjasama kellompok
|
Kecepatan pengerjaan
|
Ketepatan pengerjaan
|
Tehnik presentasi
|
Laporan
|
|||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
|||||||
6.
|
|||||||
Nilai atau skor
dalam rentang 0 – 100
Nilai akhir
ketrampilan :
Penilaian kompetensi ketrampilan : Portofolio
KD
|
IPK
|
4.1. Mengidentifikasi
kelangkaan dan biaya peluang dalam memenuhi kebutuhan
|
4.1.1.
Mempresentasikan hubungan antara konsep ekonomi melalui pengertian ekonomi, pembagian
ilmu ekonomi dan penerapan prinsip ekonomi
4.1.2.
Mempresentasikan
hubungan antara konsep kelangkaan dengan biaya peluang dalam memenuhi
kebutuhan
|
Satuan pendidikan : SMA
Negeri 3 Pemalang
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester
: X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
Nama Siswa
|
SKOR
|
Nilai Akhir
|
||
Ketepatan waktu
|
Kerapihan
|
Kebenaran Jawaban
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
8.
|
|||||
9.
|
|||||
10.
|
|||||
11.
|
|||||
12.
|
|||||
13.
|
|||||
14.
|
|||||
15.
|
|||||
16.
|
|||||
17.
|
|||||
18.
|
|||||
19.
|
|||||
20.
|
|||||
21.
|
|||||
22.
|
|||||
23.
|
|||||
24.
|
|||||
25.
|
|||||
26.
|
|||||
27.
|
|||||
28.
|
|||||
29.
|
|||||
30.
|
|||||
31.
|
|||||
32.
|
|||||
33.
|
|||||
34.
|
|||||
35.
|
|||||
36.
|
Nilai atau skor
dalam rentang 0 – 100
Nilai Akhir =
SOAL ULANGAN HARIAN
1.
Pada saat ini dengan persaingan kerja yang begitu ketat, banyak pekerja
mencoba mencari alternatif lain dalam berkendaraan untuk menghindari macet yang
sering terjadi. Untuk itu pemerintah berusaha mewujudkan suatu alat
transportasi yang aman, terjangkau, dan nyaman seperti Bus Trans Jakarta (Bus Way) di Jakarta. Hal ini peluang
bagi produsen untuk memecahkan masalah yang tepat … .
A. barang apa yang dapat diproduksi
B. bagaimana cara memproduksi
C. untuk siapa barang diproduksi
D. di mana pengguna memanfaatkan
E.
kapan
barang akan produksi
2. Setiap musim hujan tiba,
beberapa kawasan di Indonesia sering dilanda banjir. Hal ini terjadi karena
alih fungsi lahan menjadi gedung perkantoran atau tempat usaha, dan menimbulkan
kelangkaan lahan resapan air terutama di perkotaan. Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah
tersebut adalah … .
A. membongkar gedung-gedung yang ada dan
mengembalikan lahan bekas gedung tersebut seperti keadaan semula
B. menyediakan lahan baru di daerah yang masih kosong
untuk diijadikan tempat resapan air dan penghijauan
C. membuat lubang biopori di setiap lahan yang masih tersisa di antara
bangunan atau tempat air tergenang
D. melakukan pengerukan sungai dari sampah dan tanah
yang mengendap sehingga air mengalir dengan lancer
E.
membuat
danau untuk menampung air hujan sebelum dialirkan ke sungai di sekitar
pemukiman penduduk
3.
Keluarga Pak Hartanto memenuhi beberapa kebutuhan,
di antaranya:
(1) Membeli beberapa kebutuhan pokok sehari‑hari.
(2) Membeli satu set kaset wayang kulit dalang Ki Anom Suroto.
(3) Makan bakso sapi kegemarannya dengan keluarganya.
(4) Pergi rekreasi dengan keluarga ke Candi Borobudur.
(5) Membeli pakaian tebal saat musim dingin.
Jika ditinjau dari
sifatnya yang termasuk kebutuhan jasmani adalah ... .
A.
(1), (2), dan (3)
B.
(1), (3), dan (5)
C.
(1), (4), dan (5)
D.
(2), (3), dan (4)
E.
(3), (4), dan (5)
4.
Di beberapa daerah terjadi kelangkaan BBM bersubsidi
karena terlambat pasokannya sehingga di beberapa SPBU terlihat antrean panjang
kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar. Cara yang paling tepat untuk
mengatasi kelangkaan tersebut dalam jangka pendek adalah ....
A.
mengurangi pasokan BBM bersubsidi agar masyarakat tidak tergantung
B.
memperbanyak BBM non‑subsidi agar masyarakat pindah dari BBM bersubsidi
C.
membatasi pembelian oleh masyarakat agar tidak lagi terjadi kelangkaan
D.
memperbaiki saluran distribusi sehingga tidak terjadi keterlambatan
E. mendatangkan pasokan BBM bersubsidi dari daerah lain
yang berlebih
5.
Fani seorang
tenaga kerja berpeluang menjadi penjaga toko dengan gaji Rp 1.500.000,00/bulan,
menjadi sales barang kosmetik dengan gaji Rp 1.200.000,00/bulan, dan berpeluang
menjadi karyawan swasta dengan gaji Rp 2.000.000,00. Apabila Tuan Fani memilih
menjadi wirausaha, maka biaya peluang yang dikorbankan adalah …..
A.
Rp 1.200.000,00
B.
Rp 1.500.000,00
C.
Rp 2.000.000,00
D.
Rp 3.500.000,00
E.
Rp 4.700.000,00
6.
Tn. Abu ingin membuka usaha dari uang
pensiunan. Jika ia membuka usaha sablon dengan omset Rp 80.000,00/hari, usaha
foto copy dengan omset Rp 60.000,00/hari dan usaha salon dengan omset Rp
70.000,00/hari. (1 bulan = 30 hari). Tn Abu harus memilih salah satu dari semua
kemungkinan karena ada keterbatasan modal.
Setelah dipertimbangkan, Tn Abu ingin membuka
usaha sablon. Besar biaya peluang perbulan adalah …
A. Rp 1.800.000,00 D. Rp 4.500.000,00
B. Rp 2.100.000,00 E. Rp
6.300.000,00
C. Rp 2.400.000,00
7.
Apakah mungkin keuntungan secara akuntansi bernilai positif pada saat
keuntungan secara ekonomi bernilai negatif?
A. Tidak
mungkin, karena kedua konsep tersebut pada dasarnya identik.
B. Mungkin,
bila total pendapatan dapat menutupi biaya kesempatan (opportunity cosl) namun
tidak dapat menutupi biaya eksplisit.
C. Mungkin, bila total
pendapatan dapat menutupi biaya eksplisit namun tidak dapat menutupi biaya
kesemp atan (opporfitnity cost).
D. Tidak
mungkin, karena keuntungan secara ekonomi harus selalu lebih besar daripada
keuntungan secara akrmtansi.
E. Tidak
mungkin, karene keuntungan secara ekonomi harus selalu lebih besar daripada
keuntungan secara akuntansi.
8. Jika keuntungan ekonomi dari suatu perusahaan = Rp 0,00, dapat
disimpulkan bahwa ….
A.
Keuntungan
akuntansi perusahaan sama dengan Rp 0,00
B. Keuntungan akuntansi perusahaan lebih besar dari pada Rp 0,00
C.
Keuntungan
akuntansi perusahaan lebih kecil dari pada Rp 0,00
D.
Keuntungan
akuntansi perusahaan tak bisa ditentukan
E.
Perusahaan
hanya mampu menutup biaya eksplisit saja
9. Mas Pri adalah seorang karyawan perusahaan swasta
dengan gaji Rp 7,5 jula/bulan. Sejak dua bulan yang lalu, Mas Pri mencoba
membuka warung bakso setiap malam di depan rumahnya dan ternyata bakso
produksinya disukai konsumen. Mas Pri memutuskan untuk berhenti bekerja di
perusahaan swasta untuk berkonsentrasi penuh di warung baksonya. Jika diketahui
bahwa keuntngan warung bakso Mas Pri adalah Rp 7,5 juta/bulan, maka dapat
disimpulkan bahwa …..
A.
Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri adalah Rp 0/bulan
B. Keuntungan akuntansi usaha Mas Pri adalah Rp 0/bulan
C. Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri adalah Rp 7,5 juta/bulan
D. Keuntungan ekonomi usaha Mas Pri pasti lebih besar dibandingkan
keuntungan akuntansi, namun besarnya keuntungan tidak bias dipastikan
E.
Keuntungan ekonomi dan keuntungan
akuntansi usaha Mas Pri tidak bisa diestimasi
10. Perhatikan tabel ini
No
|
A
|
B
|
C
|
1
|
Makanan
|
Pakaian
|
Perusahaan
|
2
|
Piano
|
Video
|
Parabola
|
3
|
Meja, kursi
|
Sepatu
|
Sepeda
|
Yang termasuk
kebutuhan sekunder adalah ... .
A.
A1, B1, C1
B.
A1, B2, C1
C.
A2, B2,
C3
D.
A2, B2,
C1
E.
A3, B3, C3
11.
Berikut ini merupakan definisi ekonomi Islam menurut para ahli,
kecuali:
A.
ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari permasalahan ekonomi dari
orang-orang memiliki nilai-nilai Islam.
B.
upaya sistematis untuk mencoba memahami permasalahan ekonomi dan
perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut dari sudut
pandang Islam.
C.
ilmu yang
mempelajari prilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tak terbatas
menggunakan faktor-faktor produksi yang terbatas.
D.
ilmu yang mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber
daya bumi atas dasar kerjasama dan partisipasi.
E.
upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi manusia dan berorientasi
masyarakat yang menolak ekses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.
12.
Dalam perekonomian Islam, negara memiliki fungsi utama yaitu:
A.
menjaga tingkat inflasi
B.
menjaga stabilitas mata uang
C.
menjamin
terpenuhinya kebutuhan minimal rakyat
D.
menyediakan lapangan pekerjaan
E.
mengambil zakat
13.
Berikut ini yang bukan merupakan fungsi uang dalam ekonomi Islam
adalah:
A.
alat tukar.
B.
pembakuan nilai.
C.
komoditas.
D.
satuan penghitungan.
E.
penyimpanan kekayaan.
14.
Andri siswa SMA
mempunyai uang sebesar Rp500.000,00. Dia mempunyai beberapa kebutuhan antara
lain, beli seragam sekolah Rp30.000,00, beli buku pelajaran Rp200.000,00, beli
sepatu futsal Rp300.000,00 dan beli tas sekolah Rp200.000,00 untuk mengganti
tas lama yang masih bagus dan layak pakai.
Untuk
memenuhi kebutuhan tersebut cara mengatasinya adalah ....
A.
membeli sepatu futsal dan buku pelajaran
B. membeli seragam sekolah dan buku pelajaran
C.
membuat skala priori tas kebutuhan
D.
mencari altematif kebutuhan lain
E.
membeli semua kebutuhan dengan cara apapun
15.
Berikut ini masalah
kelangkaan sumber daya yang dihadapi masyarakat:
(1) Semakin berkurangnya lahan pertanian akibat adanya
proyek pembangiman perumahan.
(2) Adanya penebangan liar di hutan mengakibatkan
kerusakan hutan dan menimbulkan tanah longsor.
(3) Kemarau yang berkepanjangan, masyarakat sulit
mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi kelangkaan tersebut adalah ....
A.
melarang pembangunan perumahan di daerah perdesaan
B.
mencari tempat tinggal aman dan tidak menimbulkan bencana
C.melakukan penghijauan di daerah-daerah agar tidak
texjadi bencana
D. menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan sumber daya
sesuai kebutuhan
E. melakukan transmigrasi untuk mengembangkan
potensi alam di daerah tersebut
16. Dalam ekonomi apabila kita ingin mencapai suatu
tujuan, harus mengorbankanmtujuan yang lain karena ada keterbatasan ataupun
tujuan yang saling bertentangan. Hal ini disebut dengan ….
A.
Biaya oportunitas
B. Scarcity
C. Marginalisasi
D. Trade off
E.
Analisis manfaat
17. Menurut pengertian ilmu ekonomi, kemakmuran akan tercapai apabila .....
a.
Setiap orang dapat
memenuhi kebutuhan pokok
b.
Semua sumber daya
alam dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya
c.
Setiap orang dapat
mencapai kesejahteraan lahir dan batin
d.
Setiap orang dapat
memenuhi bermacam-macam kebutuhannya
e.
Terdapat keseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas
kebutuhan
18.
Orang awam seringkali keliru memahami atau menafsirkan Prinsip ekonomi Pengertian atau tindakan pnnsip ekonomi yang benar adalah …..
A.
memaksimumkan suatu manfaat (benefit, utility, profit)
B.
meminimumkan suatu pengorbanan (cost, efforts, loss)
C.
memaksimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan yang minimum
D.
memaksimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan senilai tertentu
E.
mengoptimumkan suatu manfaat dengan pengorbanan yang juga optimum
19.
Ketika menghadapi
masalah ekonomi, secara disadari atau tanpa disadari setiap orang secara
otomatis akan menerapkan prinsip ekonomi. Istilah teknis yang paling tepat
untuk penerapan prinsip ekonomi itu adalah …..
a.
Efisiensi d. Maksimalisasi
b. Modifikasi e. Optimalisasi
c.
Sinkronisasi
20. Dalam ekonomi apabila kita ingin mencapai suatu tujuan, harus
mengorbankanmtujuan yang lain karena ada keterbatasan ataupun tujuan yang
saling bertentangan. Hal ini disebut dengan ….
A. Biaya
oportunitas
B. Scarcity
C. Marginalisasi
D. Trade off
E.
Analisis manfaat
21. Ilmu ekonomi merupakan bagain
dari ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam
A.
memanfatakan
sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas
B.
memanfaatkan sumber daya bebas untuk
memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas
C.
menganalisis biaya dan manfaat dari eksploitasi sumber daya
D.
menganalisis pengeluaran yang semaksimal mungkin dari peningkatan alokasi
sumberdaya
E.
menganalisis pengeluarang minimal
untuk hasil yang maksimal
22. Situasidibawahiniyangmerupakankebutuhandasar(basicneeds)manusiaterdiriatas
limahalkecuali:
A.sandang D. Hak asasi
B.pangan E. Pendidikan Dasar
C.kesehatan
23.
Anton
mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai arsitek dimana ia mendapatkan gaji
Rp. 240.000.000 per tahun untuk memulai usaha konsultan arsitekturnya sendiri.
Biaya eksplisit yang timbul pada saat Anton mengambil keputusan tersebut:
A.
hanya mencakup biaya yang timbul untuk
menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan kantor.
B.
hanya mencakup
gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000 per tahun.
C.
mencakup biaya
yang timbul untuk menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan kantor dan
gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000 per tahun.
D.
tidak mencakup
biaya yang timbul untuk menyewa kantor, membeli peralatan, dan kelengkapan
kantor dan gaji yang hilang akibat pengundurandirinya sebesar Rp. 240.000.000
per tahun.
E.
tidak dapat
ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar