Senin, 17 Juni 2019

RPP Eko_X_BAB.2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

         Sekolah                            : SMA Negeri 3 Pemalang
         Mata Pelajaran                 : Ekonomi
         Kelas/Semester                : X / Satu
         Materi Pokok                   : Masalah Ekonomi dan Sistem Ekonomi
         Alokasi Waktu                 : 6 x 45 menit (2 kali pertemuan)

A.        Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar dan Indikator :
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2   Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

Pertemuan ke 5
3.2.1     Menjelaskan permasalahan pokok ekonomi secara umum, klasik dan modern
3.2.2     Mengidentifikasi permasalahan pokok ekonomi klasik dan modern

Pertemuan ke 6
3.2.3     Menjelaskan pengertian sistem ekonomi
3.2.4     mengidentifikasi macam-macam sistem ekonomi
3.2.5     mengidentifikasi ciri-ciri, kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi
3.2.6     Menjelsakan pengertian sistem ekonomi Indonesia
3.2.7     Mengidentidikasi karakteristik system perekonomian Indonesia
3.2.8     Mengidentifikasi nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia
3.2.9     Menganalisis masalah ekonomi dalam hubungannya dengan system ekonomi
4.2   Menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

4.2.1.  Mempresentasikan hasil analisis masalah ekonomi  dan cara mengatasinya berdasarkan sistem ekonomi


C.      Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik dapat menganalisis masalah ekonomi dalam system ekonomi dan menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam system ekonomi dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras, toleransi dan bekerja sama.

D.        Materi Pembelajaran
1.       Permasalahan pokok ekonomi  Klasik (produksi, distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa) barang diproduksi
2.       Sistem Ekonomi
a.    Pengertian sistem ekonomi
b.    Macam-macam sistem ekonomi
c.    Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi
3.       Sistem Perekonomian Indonesia
a.    Karakteristik perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33
b.    Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)

E.         Pendekatan dan Metode Pembelajaran
a.         Pendekatan    : Saintifik
b.        Model                                : PBL
c.         Metode            : Ceramah, Diskusi, tanya jawab dan penugasan

F.       Media Pembelajaran

Media/Alat               : Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point

 

G.        Sumber Belajar

Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi  1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta: CV Putra Kertonatan
Ismawanto. 2017. Panduan Materi Sukses Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi Insani.
Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber

H.       Langkah-Langkah Pembelajaran

a.       Pertemuan Minggu V (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a) Kelas  dipersiapkan   agar  lebih  kondusif  untuk   proses  belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan  kelas, menyiapkan  media  dan  alat serta  buku  yang diperlukan).
b) Peserta   didik  disinggung   tentang  materi   minggu   lalu  yaitu konsep dasar ilmu ekonomi dan ekonomi Islam kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidpan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
d) Peserta  didik dibagi  menjadi  enam  kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
20 menit
Inti
a) Sebelum  peserta  didik mempelajari masalah ekonomi,   peserta didik dapat   diberikan  apersepsi  dengan menanyakan tentang masalah ekonomi dan system ekonomi yang mereka ketahui.
b) Kelompok I, III dan V ditugaskan untuk melakukan kajian tentang Masalah pokok ekonomi secara umum, secara klasik dan secara modern melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
c) Kelompok II, IV dan VI ditugaskan untuk  melakukan  kajian tentang Cara mengatasi masalah ekonomi melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
d) Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang  dikaji. Hasil kajian  itu sebaiknya didukung  dengan gambar-gambar yang relevan.
e) Kelompok  II, V dan VI ditunjuk   oleh   guru   untuk   mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok I, III dan VI yang tidak presentasi  dapat  mengajukan pertanyaan.
f) Peserta didik diminta menuliskan hasil diskusi pada lembar kertas kerja
g) Hasil diskusi kelompok kemudian  dikumpulkan  kepada  guru.

100 menit
Penutup
a) Peserta  didik  dapat   ditanya  apakah   sudah  memahami  materi tersebut.
b) Peserta didik diminta untuk mengumpulkan kertas kerja.
c) Guru  menutup pembelajaran minggu ke-5 ini dengan memberikan   ringkasan  tentang makna masalah ekonomi dan cara mengatasinya. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15 menit

b.      Pertemuan Minggu VI (3 JP)
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a) Kelas  dipersiapkan   agar  lebih  kondusif  untuk   proses  belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan  kelas, menyiapkan  media  dan  alat serta  buku  yang diperlukan).
b) Peserta   didik  disinggung   tentang  materi   minggu   lalu  yaitu masalah pokok ekonomi dan cara mengatasinya kemudian menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
d) Peserta  didik dibagi  menjadi  enam  kelompok (kelompok I, II, III, IV, V, dan VI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.

20 menit
Inti
a) Peserta   didik   dijelaskan   tentang   sistem ekonomi suatu negara. Setelah itu guru  juga menjelaskan  mengenai contoh negara-negara yang menggunakan sistem ekonomi tertentu.
b) Peserta didik ditugaskan dalam setiap kelompok untuk berdiskusi tentang sistem ekonomi suatu negara. Waktu diskusi kelompok 30 menit. Bahan materi utama buku teks pelajaran Ekonomi dan  dapat  ditambah dengan buku  lain yang tersedia.
c) Setelah  diskusi  kelompok   selesai,  setiap  kelompok   bergiliran mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelompok yang tidak presentasi  dapat  bertanya  dan atau memberi masukan.

100 menit
Penutup
a) Peserta  didik  dapat   ditanya  apakah   sudah  memahami  materi tersebut.
b) Peserta  didik diberikan  pertanyaan lisan secara  acak  untuk mendapatkan umpan  balik atas pembelajaran minggu ini.
c) Sebelum  mengakhiri  pelajaran,  peserta  didik diminta  untuk menyerahkan kertas kerja dan melakukan  penilaian
d) Guru  menutup pembelajaran minggu ke-6 ini dengan memberikan   ringkasan  tentang makna  Sistem ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.

15 menit

I.           Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran  
1.    Teknik Penilaian :
A.   Penilaian Pengetahuan       :     Tes Tertulis
B.    Penilaian Keterampilan       :     Unjuk Kerja/ Praktik dan Portofolio
2.    Bentuk Penilaian              :              
A.   Tes tertulis                    : Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian
B.    Unjuk kerja                  : lembar penilaian presentasi dan pedoman penilaian
C.    Portofolio                      : Pengumpulan tugas mandiri
3.    Instrumen penilaian        : terlampir
4.    Alat Penilaian                     : Soal terlampir




      Pemalang,  ­­­­­­­­­­­­­­­­16 Juli 2018
         Mengetahui,                                                                 Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA Negeri 3 Pemalang                                             


                                               
CAHYONO, S.Pd., M.Si.                                                 SRI PUJIASTUTI,S.Pd.
NIP. 19680102 199301 1 004                                        NIP. 19780924 200701 2 007











Lampiran Materi Pembelajaran
Materi Pertemuan V
         
MASALAH POKOK EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI
A.      MASALAH POKOK EKONOMI

1.  Masalah Pokok Ekonomi Secara Umum
Secara umum masalah pokok ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas untuk memenuhi kebutuhan sifatnya terbatas, sehingga manusia harus dapat menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan agar seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi.

2.  Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Klasik
a.   Masalah Produksi
b .   Masalah Distribusi
Distribusi  dapat  dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.
1)   Distribusi  langsung,  artinya  menyalurkan  barang  dari produsen  langsung  kepada  konsumen  tanpa  melewati perantara. Contohnya  seorang  penjual  martabak  memproduksi sendiri  dan  langsung  menjual  dagangannya  kepada pembeli  (konsumen).
2)   Distribusi  tidak  langsung,  artinya  menyalurkan  barang dari  produsen  kepada  konsumen  melalui  perantara. Misalnya melalui pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retailer), agen, makelar, komisioner, eksportir, importir, dan penyalur-penyalur yang lainnya.
c.   Masalah  Konsumsi
Untuk melakukan kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu sebagai berikut:
1)   faktor intern, meliputi sikap, kepribadian, motivasi diri, pendapatan seseorang, selera, dan watak (karakter).
2)   faktor  ekstern,  meliputi  kebudayaan,  adat  istiadat, lingkungan  masyarakat,  status  sosial,  keluarga,  dan pemerintah.

3.  Masalah  Pokok Ekonomi  Menurut  Teori  Modern
a.   Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what)
b .   Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (how)
c.   Untuk  siapa  barang-barang  tersebut  diproduksi  (for  whom)

Untuk  memecahkan  ketiga  masalah  pokok  ekonomi  di  atas dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya kebiasaan dan  tradisi,  insting, serta  komando  (paksaan/perintah). Sementara  itu  bagi  masyarakat  modern,  pemecahan  masalah mengandalkan mekanisme harga di pasar. Adapun mekanisme harga itu sendiri adalah proses yang berjalan atas  dasar  daya  tarik-menarik  antara  konsumen  dengan produsen  yang  bertemu  di  pasar.  Gerak  harga  yang  terjadi  di pasar akan dapat memecahkan ketiga masalah pokok ekonomi di masyarakat, dengan jalan sebagai berikut.

a.   Masalah  What
Masalah What merupakan masalah apa dan berapa banyak barang yang akan diproduksi yang besar kecilnya sangat dipengaruhi  oleh  permintaan  masyarakat.  Jika  permintaan masyarakat  meningkat,  maka  harga  akan  cenderung  naik dan  produsen  memperoleh  keuntungan,  sehingga  akan memperbesar  produksinya.  Sebaliknya  jika  permintaan asyarakat  menurun,  maka  harga  akan  cenderung  turun, sehingga  keuntungannnya  sedikit  dan  produsen  akan mengurangi  produksinya.


b .   Masalah How
Masalah How merupakan masalah bagaimana   sumber-sumber   ekonomi   (faktor-faktor produksi)  yang  tersedia  harus  dipergunakan  untuk memproduksi barang-barang, tergantung pada gerak harga faktor  produksi  tersebut.  Bila  harga  faktor  produksi  naik, maka  produsen  akan  menghemat  penggunaan  faktor produksi tersebut dan menggunakan faktor produksi yang lain.  Jadi  gerak  harga  faktor  produksi  menentukan kombinasi yang digunakan produsen dalam produksinya.

c.   Masalah  for  Whom
Masalah for Whom merupakan masalah untuk  siapa  barang-barang  tersebut  diproduksi,  sangat dipengaruhi  oleh  distribusi barang  tersebut.  Barang  hasil produksi  dijual  kepada  konsumen.  Konsumen  membayar harga barang tersebut dari penghasilannya atas penggunaan faktor-faktor  produksi.  Jadi,  gerak  harga  barang  dan  harga faktor  produksi  akan  menentukan  distribusi  barang  yang dihasilkan.

Instrumen Penilaian Pertemuan V
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Bagaimana masalah pokok ekonomi secara umum yang terjadi di masyarakat ?
2.       Jelaskan pengertian produksi, distribusi dan konsumsi secara singkat !
3.       Apa yang terkandung dalam pengertian masalah pokok ekonomi modern “What”?
4.       Apa jawaban tentang tiga masalah pokok ekonomi (what, how,  dan  for  whom)? Bagaimana  penerapannya  di  masyarakat  sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan?
5.       Masalah  for  whom  (untuk  siapa  barang  diproduksi)  sangat  terkait  dengan  pemasaran/distribusi barang. Jelaskan hal itu!

Score : Setiap soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4

Tugas :
1.     Diskusikanlah dengan teman kelompok Anda!
2.     Perhatikanlah, sejak manusia bisa menciptakan mobil dari awal penciptaan hingga sekarang muncul mobil dengan berbagai ragam bentuk maupun model, demikian pula dengan penciptaan barang-barang yang lainnya, seperti televisi, komputer, dan handphone. Mengapa manusia tidak pernah menghentikan usahanya untuk menciptakan, membuat atau mengola suatu benda menjadi alat pemuas kebutuhan hidupnya?
3.     Lakukanlah analisis terhadap permasalahan tersebut dan buatlah laporan diskusi kepada guru pelajaran untuk mendapatkan nilai!
Sistematika laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan dokumen pendukung yang anda miliki.



Materi Pertemuan VI

B.       SISTEM EKONOMI

Sistem  ekonomi   adalah  cara  untuk  mengatur  atau            mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga  negara  atau  pemerintah,  maupun  rumah  tangga masyarakat atau swasta. Aktivitas ekonomi yang dimaksudkan di  sini  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  masyarakat  yang meliputi kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Setiap  pengusaha  atau  usahawan  sebaiknya  mengetahui sistem ekonomi untuk membantu dan mempermudah dalam menyelesaikan  masalah  yang  dihadapi  sehari-hari,  karena sistem ekonomi tersebut tidak dapat lepas dari kebijakan yang dilakukan  oleh  pemerintah  khususnya  di  bidang  ekonomi.
Pada  dasarnya,  sistem  ekonomi  bisa  dibagi  menjadi empat sistem yang mendasar, yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi  liberal, sistem ekonomi terpusat, dan sistem ekonomi campuran. Satu per satu sistem ekonomi tersebut dijelaskansebagai berikut.

  1. Sistem ekonomi tradisional
Masyarakat yang mempunyai sistem ekonomi tradisional adalah masyarakat yang belum ada pembagian kerja, cara mendapatkan barang dengan “barter” (natura), belum mengenal uang sebagai alat pembayaran, produksi dan distribusi terbentuk karena tradisi dan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri/masyarakat.
Ciri-ciri
Kebaikan
Keburukan
1.       Belum ada pembagian kerja
2.       Pertukaran dengan sistem barter
3.       Jenis produksi ditentukan sesuai dengan kebutuhan
4.       Hubungan masyarakat bersifat kekeluargaan
5.       Bertumpu pada sektor agraris
6.       Keadaan masyarakatnya masih statis, tradisional dan msikin
1.          Setiap masyarakat termotivasi untuk menjadi produsen
2.          Produksi tidak ditujukan untuk mencari keuntungan
3.          Dengan sistem pertukaran barter, masyarakat cenderung bertindak jujur
1.       Tidak ada kerjasama antar individu atau masyarakat
2.       Sulit mempertemukan kedua belah pihak yang saling membutuhkan
3.       Jenis dan jumlah barang yang diproduksi sering tidak mencukupi kebutuhan
4.       Sulit menetapkan ukuran dari barang yang dipertukarkan

  1. Sistem ekonomi sosialis/terpusat
Sistem ekonomi sosialis adalah system ekonomi dimana seluruh kebijaksaanaan perekonomian ditentukan oleh pemerintah sedangkan masyarakat hanya menjalankan peraturan yang ditentukan. Sistem ekonomi terpusat ini berdasar pada teori yang dikemu­kakan oleh Karl Marx dalam bukunya yang benjudul ‘Das Kapit­al’ tahun 1867. Jadi sistem ini lebih bersifat memerintah, karena campur tangan pemerintah di bidang ekonomi melakukan pembatasan - pembatasan atas kegiatan yang dilakukan oleh mas­yarakat.
Ciri-ciri
Kebaikan
Keburukan
1.       Perencanaan disusun oleh pemerintah pusat
2.       Semua alat produksi dikuasai oleh negara
3.       Produksi, distribusi dan konsumsi diatur secara  terpusat
4.       Inisiatif dan hak milik perorangan dibatasi
1.       Pemerintah bertanggung jawab penuh dalam perekonomian
2.       relatif tidak ada jurang pemisah antara orang kaya dan miskin
3.       Hasil produksi dapat dinikmati secara rata
4.       Mudah melakukan pengendalian harga
1.       Hak milik perorangan sangat dibatasi dan rakyat kurang memiliki pilihan
2.       Potensi dan daya kreasi tidak berkembang
3.       Tidak terdapat kebebasan individu


  1. Sistem ekonomi liberal
Sistem ekonomi liberal adalah suatu sistem dimana negara memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi. Sistem ini berdasar pada teori yang dikekukakan oleh Adam Smith (1723 - 1790) dalam bukunya yang berjudul ‘The Wealth of Nations’, yang diterbitkannya pada tahun 1776, dengan ajaran pokoknya yaitu memberikan kebebasan perseorangan di setiap sektor ekonomi.
Ciri-ciri
Kebaikan
Keburukan
1.       Hak milik atas alat produksi di tangan perorangan
2.       Harga barang ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar
3.       Adanya persaingan bebas
4.       Tidak ada campur tangan pemerintah dalam perekonomian
5.       Modal memegang perang penting
6.       terbuka kesempatan bagi individu untuk mengejar keuntungan
1.       Dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas barang yang diproduksi
2.       Terdorong untuk mengejar kemakamuran bagi dirinya sendiri
3.       Setiap orang atau pengusaha termotivasi mencari keuntungan
4.       Pemilihan sektor usaha disesuaikan dengan kemampuan 
1.       Menimbulkan persaingan tidak sehat
2.       Terdapat kesenjangan kaya dan miskin
3.       Menimbulkan monopoli
4.       Terdapat eksploitasi SDM
5.       Pemanfaatan SDA sering tidak memperhatikan kelestarian lingkungan 

  1. Sistem ekonomi campuran (sosialis dan liberal)
Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem liberal dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang juga berarti garis antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu.
Ciri-ciri
Kebaikan
Keburukan
1.       Adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian
2.       Pihak swasta ikut berperan dalam kegiatan perekonomian
1.   Sektor ekonomi pemerintah dan swasta terpisah secara jelas
2.   Fluktuasi harag dapat lebih terkendali
3.   Hak milik perorangan diakui dan pemerintah mendorongnya
1.       Jika peran pemerintah mendominasi akan timbul etatisme
2.       Jika peran swasta mendominasi, akan timbul monopoli yang merugikan masyarakat

5.  Sistem Ekonomi Indonesia (Kerakyatan)
Sistem  ekonomi  yang  digunakan  di  Indonesia  bardasar  atas demokrasi  ekonomi. Apakah pengertian demokrasi ekonomi? Demokrasi ekonomi menunjukkan arti bahwa  produksi  dikerjakan  oleh  semua masyarakat,  dan  untuk  semua  di  bawah  pimpinan  atau pemilikan  anggota  masyarakat.  Kemakmuran  masyarakatlah yang  diutamakan,  bukan  kemakmuran  orang  seorang.  Sistem ekonomi  di  Indonesia  berdasar  Pancasila,  UUD  1945,  serta GBHN,  sehingga  disebut  sebagai  “sistem  ekonomi  berdasar demokrasi ekonomi Pancasila”.
Demokrasi ekonomi yang diterapkan di Indonesia mengandung ciri-ciri positif sebagai berikut.
a.   Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas- asas kekeluargaan.
b .   Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
c.   Bumi  dan  air  dan  kekayaan  alam  yang  terkandung  di dalamnya  dikuasai  oleh  negara  dan  dipergunakan  untuk sebesar-besarnya  kemakmuran  rakyat.
d.   Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat serta  pengawasan  terhadap  kebijaksanaannya  ada  pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.
e.   Fakir  miskin  dan  anak-anak  yang  terlantar  dipelihara  oleh negara.
f.     Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
g.   Hak  milik  perorangan  diakui  dan  pemanfaatannya  tidak boleh  bertentangan  dengan  kepentingan  masyarakat.
h.   Potensi,  inisiatif,  dan  daya  kreasi  setiap  warga  negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan  kepentingan  umum.
Selain ciri-ciri positif demokrasi ekonomi Pancasila yang disebutkan di atas, ada pula ciri-ciri negatif dalam demokrasi ekonomi Pancasila. Adapun ciri-ciri negatif dalam sistem perekonomian Indonesia yang harus dihindarkan di antaranya sebagai berikut.
a.   Sistem  free  fight  liberalism,  yakni  yang  menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain.
b .   Sistem  etatisme,  yakni  negara  serta  aparatur  ekonomi bersifat  dominan,  mendesak  dan  mematikan  potensi  dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara.
b.       Monopoli, yakni pemusatan kekuasaan ekonomi pada satu kelompok.


Instrumen Penilaian Pertemuan VI
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.       Berikan penjelasan sistem ekonomi sosial dan sistem ekonomi liberal!
2.       Berikan  contoh  negara-negara  yang  menganut  sistem ekonomi  liberal!
3.       Berikan  contoh  negara-negara  yang  menganut  sistem sosialis!
4.       Apakah Indonesia dapat dikatakan menggunakan sistem ekonomi campuran? Berikan penjelasan tentang pernyataan tersebut!
5.       Identifikasikan kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional dan sistem ekonomi campuran!

Score : Setiap soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4

TUGAS KELOMPOK
Lakukanlah tugas berikut bersama teman kelompokmu! Selesaikan permasalaan berikut dilihat dari sudut pandang dan hubungan antara masalah ekonomi, pilihan, biaya peluang, skala prioritas kebutuhan, pengelolaan keuangan, permasalahan pokok ekonomi, dan sistem ekonomi!  Apakah penyebab sering terjadinya kelangkaan bahan-bahan pangan di negara Indonesia yang subur, makmur, dan kaya sumber daya alam? Sebagai contoh, pada tahun 2007 terjadi kelangkaan minyak goreng, tahun 2013 kelangkaan BBM dan kedelai.  Buatlah analisis dan laporan hasil kerja ditulis dengan bahasa yang baik dan benar! Kumpulkan hasil kerja kepada guru mata pelajaran.



PENILAIAN KETRAMPILAN
Penilaian kompetensi ketrampilan         : Penilaian Proyek
KD
IPK
4.2   Menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

4.2.1     Mempresentasikan hasil analisis masalah ekonomi  dan cara mengatasinya berdasarkan sistem ekonomi


Satuan pendidikan              : SMA NEGERI 3 Pemalang
Tahun pelajaran                   : 2018/2019
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi

No
Nama Siswa/Kelompok
Skor Perolehan
Jml
Kerjasama kellompok
Kecepatan pengerjaan
Ketepatan pengerjaan
Tehnik presentasi
Laporan
1.







2.







3.







4.







5.







6.
























Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100

Nilai akhir ketrampilan :




Penilaian kompetensi ketrampilan         :  Portofolio
KD
IPK
4.2. Menyajikan hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi

4.2.1.        Mempresentasikan hasil analisis masalah ekonomi  dan cara mengatasinya berdasarkan sistem ekonomi

Satuan pendidikan              : SMA NEGERI 3 Pemalang
Tahun pelajaran                   : 2018/2019
Kelas/Semester                    : X/1
Mata Pelajaran                     : Ekonomi
No
Nama Siswa
SKOR
Nilai Akhir
Ketepatan waktu
Kerapihan
Kebenaran Jawaban
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.





8.





9.





10.





11.





12.





13.





14.





15.





16.





17.





18.





19.





20.





21.





22.





23.





24.





25.





26.





27.





28.





29.





30.





31.





32.





33.





34.





35.





36.





Nilai atau skor dalam rentang 0 – 100
Nilai Akhir =

SOAL ULANGAN HARIAN

1.       Inti atau pokok permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh setiap masyarakat atau suatu negara adalah masalah-masalah:
a.        ketidakseimbangan antara permintaan (demand) dan penawaran (supply)
b.       apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi, dan untuk siapa diproduksi
c.        stabilitas harga dan kesempatan kerja (inflasi dan pengangguran)
d.       ketidakstabilan kurs mata uang dalam negeri terhadap valuta asing
e.       ketidakmerataan (kesenjangan) distribusi pendapatan nasional

2.      Di antara keadaan-keadaan di bawah ini yang paling tepat menggambarkan sumber masalah ekonomi adalah....
a.        subsidi atas harga bahan bakar minyak kian membesar
b.       harga-harga barang secara umum dan tingkat penganggur meningkat
c.        harga obat dan uang sekolah semakin tak terjangkau oleh masyarakat luas
d.       kayu jati semakin sulit didapat dan tidak tersedia di toko-toko bahan bangunan
e.       perusahaan-perusahaan menghadapi tuntutan kenaikan upah oleh para pekerjanya

3.       Seorang wirausaha akan melakukan kegiatan yang terkait dengan produksi baik berupa barang maupun jasa. Berikut ini kegiatan yang dilakukan seorang wirausaha:
(1)   Bagaimana distribusi yang paling efektif
(2)   Jenis barang apa yang akan diproduksi
(3)   Jumlah modal sangat menentukan tingkat produksi
(4)   Bagaimana teknik produksi yang digunakan
(5)   Target dan sasaran akhir dari barang yang diproduksi
Yang merupakan masalah pokok ekonomi modern adalah … .
a.        (1), (2), dan (3)
b.       (1), (3), dan (4)
c.        (2), (3), dan (4)
d.       (2), (4), dan (5)
e.       (3), (4), dan (5)

4.       Seorang pengusaha handycraft ingin mengembangkan produk, sehingga banyak permintaan di pasaran. Untuk memenuhi permintaan tersebut pengusaha menambah mesin dan tenaga warga dari lingkungan sekitar.
Berdasarkan ilustrasi di atas, masalah pokok ekonomi dari pengusaha adalah ....
A. barang apa yang akan diproduksi
B. siapa yang akan memproduksi
C. bagaimana akan diproduksi barang
D. untuk siapa barang diproduksi
E. dimana barang diproduksi

5.       Di bawah ini beberapa masalah yang dihadapi oleh manusia :
  1. Ibu Sumarsih sedang berfikir barang apa yang akan diproduksi dalam rangka membuka usaha baru
  2. Bapak Sumarso sedang memilih-milih barang apa yang akan ia beli sewaktu berbelanja di Super Mall
  3. Bapat Tinoto sedang menghitung-hitung berapa jumlah pesanan kue pada hari ini, sehingga ia dapat menetukan jumlah kue yang akan dibuat
  4. PT Astra Motor sedang merencanakan bagaimana dapat memproduksi sepeda motor dengan harga di bawah Rp 5.000.000,00 agar terjangkau untuk masyarakat lapisan terbawah
  5. CV Kenari sedang melaksanakan rapat pimpinan untuk memprediksi jumlah keuntungan yang akan diraih tahun ini
Masalah di atas yang merupakan permasalahan pokok ekonomi modern adalah .....
  a.    1, 2 dan 3               c. 1, 3 dan 5          e. 3, 4 dan 5
a.        1, 3 dan 4              d. 2, 3 dan 4

6.       Berikut ini adalah beberapa permasalahan ekonomi yang terjadi di masyarakat:
1.     Kebutuhan manusia yang tidak terbatas menimbulkan keserakahan manusia, sehingga terjadi eksplorasi sumberdaya alam secara membabi buta tanpa memerhatikan aspek lingkungan.
2.     Dalam menentukan barang atau jasa apa yang akan diproduksi memerlukan kecerdasan seorang wirausaha dalam menciptakan inovasi dan penemuan hal-hal yang baru.
3.     Untuk memproduksi barang atau jasa perlu dipikirkan teknologi yang tepat guna dan berdaya guna agar terjadi efisiensi, sehingga dapat memberikan keuntungan bagi produsen.
4.     Sumberdaya alam yang keberadaannya sangat  terbatas perlu diatur tatacara eksplor dan penggunaannya, sehingga tidak merusak lingkungan yang dapat menimbulkan bencana alam.
5.     Dalam memproduksi barang seorang produsen perlu memerhatikan untuk konsumen yang mana barang tersebut diproduksi, sehingga tidak salah produksi.
Permasalahan di atas yang merupakan permasalahan ekonomi modern adalah butir….
A.     1, 2, dan 3             D.   2, 4, dan 5
B.     1, 3, dan 5              E.   3, 4, dan 5
C.     2, 3, dan 5 

7.       Di dalam negara B pembangunan ekonomi dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan swasta. Kegiatan ekonomi dilakukan oleh masyarakat di bawah pengawasan pemerintah. Potensi, inisiatif, dan daya kreasi masyarakat dikembangkan sepanjang tidak merugikan kepentingan umum, namun masih adanya pemusatan ekonomi pada satu kelompok tertentu. Dari ilustrasi di atas, peran pemerintah dalam sistem ekonomi di atas adalah ....
A. pemerintah ikut mengatur dan mengawasi perekonomian suatu negara
B. pemerintah memberi kebebasan melakukan kegiatan ekonomi
C. pemerintah berperan dominan di bidang ekonomi
D. pemerintah membatasi munculnya kreatifitas warga negara
E. pemerintah memiliki monopoli dalam perekonomian

8.       Setiap negara mempunyai sistem ekonomi yang berbeda-beda, karena ditentukan oleh sistem nilai yang dianut oleh negara yang bersangkutan. Oleh karena itu setiap negara mempunyai ciri khas, diantaranya cara memecahkan masalah ekonomi. Berikut ini adalah cara memecahkan masalah ekonomi yang dianut oleh suatu negara, KECUALI .....
A.       Barang dan jasa kebutuhan masyarakat yang akan diproduksi diserahkan kepada pihak swasta karena sistem ekonomi yang dianut kapitalis
B.       Teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa ditentukan oleh pemerintah karena sistem ekonomi yang dianutnya ekonomi terpimpin
C.       Barang dan jasa yang akan diproduksi berdasarkan permintaan dan penawaran dari masyarakat karena sistem ekonominya liberal
D.       Seluruh barang dan jasa kebutuhan masyarakat yang akan diproduksi ditentukan pemerintah karena sistem ekonominya komando
E.       Ada produk berupa barang dan jasa yang diproduksi oleh pemerintah, terutama yang menguasai hajat hidup orang banyak, dan oleh masyarakat bila sistem ekonominya sosialis

9.       Sistem ekonomi Indonesia sekarang ini tergolong sistem ekonomi campuran antara sistem ekonomi liberal yang kapitalis dan sistem ekonomi ternasional yang sosialis. Hal ini antara lain terlihat dari atau ditandai dengan:
a.        rendahnya pendapatan per kapita dan timpangnya ditribusi pendapatan
b.       dominannya sektor informal dan maraknya pasar gelap (black market)
c.        berkembangnya sektor modern dan sektor tradisional secara berdampingan
d.       dikuasainya berbagai kegiatan hajat hidup orang banyak oleh negara
e.       selarasnya kehidupan masyarakat perkotaan dengan masyarakat perdesaan

10.    Perhatikan matrik di bawah ini :
A
B
C
1. Siapapun boleh mendirikan perusahaan
1. Setiap orang boleh memiliki apa saja yang ia kehendaki
1. Setiap orang bekerja dan ditempatkan oleh pemerintah untuk kepentingan negara
2. Di negara tersebut yang ada hanya perusahaan milik pemerintah
2.  Air, langit dan bumi beserta isinya adalah milik negara
2. Setiap orang berhak untuk mengembangkan diri seluas-luasnya





Berdasarkan tabel di atas yang merupakan ciri dari sistem ekonomi pasar adalah .....
a.        A1, B1 dan C2                       d. A2, B1 dan C1
b.       A1, B2 dan C2                       e. A2, B2 dan C2
c.        A1, B2 dan C2

11.    Sistem lain dalam aspek atau bidang kehidupan nonekonomi yang sering berkaitan erat dengan sistem perekonomian di suatu bangsa atau negara ialah....
a.        sistem sosial-kemasyarakatan
b.       sistem kebudayaan
c.        sistem keuangan
d.       sistem pemerintahan
e.       sistem pertahanan-keamanan

12.    Sebagian besar penyediaan barang dan jasa dilakukan dengan mekanisme pasar. Manakah diantara jenis barang atau jasa berikut yang penyediaannya tidak mungkin diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar?
a.        Lembaga keuangan seperti bank umum, bank perkreditan rakyat
b.       Beras, terigu, minyak, dan gula serta sembako dan lainnya
c.        Transportasi umum seperti bus antar kota da bus kota
d.       Koran, TV dan media masa lainnya
e.       Kepolisian, kejaksaan dan kehakiman

13.    Suatu sistem ekonomi dimana tujuan utamanya adalah kebebasan dan efisiensi ekonomi yang diperoleh dengan memfasilitasi persiangan secara sehat bagi seluruh warga negaranya disebut …..
A.      Sistem ekonomi pasar
B.       Sistem ekonomi komando
C.       Sistem ekonomi tradisional
D.       Sistem ekonomi campuran
E.        Sistem ekonomi kesejahteraan

14.    Masyarakat mempunyai cara-cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi persoalan ekonomi yang dihadapinya :
1)       Pada saat menjelang hari raya idul fitri, produksi sarung diperbanyak jumlahnya
2)       Menghemat penggunaan BBM dan beralih ke elpiji
3)       Untuk mengatasi produksi apel yang melimpah, pemerintah berencana untuk membangun pabrik pengolahan apel
4)       Menciptakan alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
5)       Memanfaatkan hasil hutan dengan cara tebang pilih
Untuk mengatasi persoalan inti ekonomi dapat dilakukan dengan cara .....
A.       1), 2), dan 3)           D.   2), 4), dan 5)
B.       1), 3), dan 5)           E.   3), 4), dan 5)
C.       2), 3), dan 4)

15.    Saat ini persaingan usaha sangat ketat, terutama di bidang produksi tekstil. Tekstil dari Cina di pasar dalam negeri dijual dengan harga yang sangat murah. Bu Murti seorang pengusaha tekstil ingin mengembangkan usaha agar dapat bersaing dan meningkatkan keuntungan perusahaannya. Masalah ekonomi modern yang dihadapi Bu Murti adalah ....
A.       Untuk siapa barang tersebut diproduksi
B.       Berapa banyak dana yang dibutuhkan untuk produksi
C.       Kapan barang akan diproduksi
D.       Barang apa yang harus diproduksi
E.       Bagaimana cara memproduksi barang dengan efisien

16.   Ketika menghadapi masalah ekonomi, setiap orang secara otomatis akan menerapkan prinsip ekonomi, entah itu disadari ataupun tanpa disadari. Istilah teknis bagi penerapan prinsip ekonomi ialah...
a.   efisiensi
b.   modifikasi
c.   sinkronisasi
d.   maksimalisasi
e.   optimalisasi
17.    Kebaikan  sistem ekonomi pasar antara lain ….
a.   harga ditentukan oleh mekanisme harga
b.   mudah memperoleh barang karena banyak penjual
c.   terjadi efisiensi dan barang berkualitas
d.   barang selalu terjual karena pembeli banyak
e.   barang yang dijual  homogen sehingga di manapun selalu ada

18.    Salah satu ciri negara yang menganut sistem ekonomi liberal-kapitalisme ialah...
a.   segala keputusan ekonomi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar
b.   kegiatan bisnis hanya terbuka bagi dan dijalankan oleh pemodal-pemodal besar
c.   kepala pemerintahannya selalu seorang pengusaha atau mantan pengusaha besar
d.   perusahaan-perusahaan multinasional merupakan penggerak roda perekonomian
e.   pasar modal atau bursa efek di negara yang bersangkutan sudah sangat mapan

19.   Sepanjang kurun 1959-1965 Indonesia menerapkan sebuah sistem ekonomi yang Pemerintah RI sendiri ketika itu dinamakan...
a.   Sistem ekonomi liberal
b.   Sistem ekonomi Pancasila
c.   Sistem ekonomi terpimpin
d.   Sistem ekonomi kapitalisme rakyat
e.   Sistem ekonomi berdikari (berdiri di atas kaki sendiri)



20.    Dewasa ini di dunia praktis hanya tinggal beberapa negara yang masih menjalankan sistem ekonomi sosialis, yaitu....
a.      kuba dan rusia
b.      kuba dan korea utara
c.      rusia dan republik rakyat cina
d.      korea utara dan republik rakyat cina
e.      kuba, rusia, korea utara, dan republik rakyat cina

21.    Perhatikan permasalahan di bawah ini:
1)            Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu dibuka kesempatan kerja seluas-luasnya
2)            Masalah kemiskinan dapat diatasi sejak dari akamya, yaitu dengan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam bidang pendidikan
3)            Rendahnya tingkat investasi, menyebabkan rendahnya produktivitas
4)            Bagaimana anak-anak akan tumbuh menjadi atlet profesional atau ahli ekonomi profesional atau pemprogram komputer
5)            Seberapa luas lahan yang ajcan digunakan untuk menanam cabai, dan seberapa luas untuk menanam jagung
Pernyataan di atas yang merupakan permasalahan ekonomi modem adalah butir....
A.       1 dan 2             D.   3 dan 4
B.       2 dan 3             E.   4 dan 5
C.       2 dan 4

22.    Di negara ini, peranan masyarakat hampir tidak terlihat karena peranan pemerintah sangat dominan. Kegiatan ekonomi ditentukan pemerintah dan seluruh faktor produksi dimilik negara. Oleh karena itu, Pak Rahman yang sudah memiliki usaha selama 5 (lima) tahun di negara tersebut ingin segera memindahkan usaha yang sudah dijalani ke negara yang menganut sistem ekonomi pasar.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, cara yang tepat dapat dilakukan Pak Rahman adalah ....
A.       Bergabung dengan para pengusaha yang berasal dari negara lain yang menganut sistem ekonomi pasar di negara tersebut
B.       Memperkenalkan penerapan sistem ekonomi pasar ke pelaku ekonomi yang ada di negara yang menganut sistem ekonomi terpusat
C.       Mempelajari penerapan sistem ekonomi pasar sebagai bekal untuk diterapkan di negara yang menganut sistem ekonomi terpusat
D.       Memperkenalkan penerapan sistem ekonomi terpusat kepada pelaku ekonomi yang ada di negara yang menganut sistem ekonomi pasar
E.        Mempelajari penerapan sistem ekonomi pasar yang sangat bermanfaat untuk digunakan ketika membuka usaha di negara tersebut

23.    Di negara ini jarang terjadi krisis karena seluruh produksi, distribusi, dan konsumsi dikendalikan oleh pemerintah. Masyarakat tidak diberi kebebasan untuk memiliki faktor-faktor produksi. Hampir tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan miskin.
Dari ilustrasi di atas, sistem ekonomi yang diterapkan di negara tersebut adalah ....
A.       terpusat
B.       tradisional
C.       pasar
D.       campuran
E.        demokrasi ekonomi

24.    Untuk menghasilkan kecap, tahu, tempe dan susu kedelai dibutuhkan bahan baku kedelai yang cukup banyak,  sehingga  petani  dalam negeri  tidak mampu mencukupi kebutuhan tersebut, maka langkah yang tepat untuk mengatasi masalah itu adalah ....
A.         mengurangi konsumsi kecap, tahu, kedelai dan susu kedelai
B.         menggiatkan petani untuk memperluas areal penanaman kedelai
C.         mengoptimalkan peningkatan produksi dan mengimpor kekurangannya
D.         berusaha untuk mengimpor kedelai dari luar negeri meskipun harganya mahal
E.          melarang masyarakat untuk mengkonsumsi kecap, tahu, tempe maupun susu kedelai

25.    Pemerintah daerah berupaya membangun perumahan bersubsidi yang harganya terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terkait dengan masih banyaknya warga masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal. Kegiatan tersebut menunjukkan adanya upaya pemecahan permasalahan pokok ekonomi modern yaitu....
          A.  untuk siapa barang diproduksi
          B.  barang apa yang harus diproduksi
          C.  bagaimana cara memproduksi
          D.  di mana barang akan diproduksi
          E.  berapa banyak jumlah yang diproduksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar