RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Sekolah
: SMA Negeri 3 Pemalang
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas/Semester : X / Satu
Materi Pokok : Masalah Ekonomi dan Sistem Ekonomi
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (2
kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti :
Rumusan Kompetensi Sikap
Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator :
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Menganalisis
masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
|
Pertemuan ke 5
3.2.1
Menjelaskan permasalahan pokok ekonomi secara umum,
klasik dan modern
3.2.2
Mengidentifikasi
permasalahan pokok ekonomi klasik dan modern
Pertemuan ke 6
3.2.3
Menjelaskan
pengertian sistem ekonomi
3.2.4
mengidentifikasi
macam-macam sistem ekonomi
3.2.5
mengidentifikasi
ciri-ciri, kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi
3.2.6
Menjelsakan pengertian sistem ekonomi Indonesia
3.2.7
Mengidentidikasi
karakteristik system perekonomian Indonesia
3.2.8
Mengidentifikasi
nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia
3.2.9
Menganalisis
masalah ekonomi dalam hubungannya dengan system ekonomi
|
4.2
Menyajikan hasil analisis masalah ekonomi
dalam sistem ekonomi
|
4.2.1.
Mempresentasikan hasil
analisis masalah ekonomi dan cara mengatasinya
berdasarkan sistem ekonomi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui pendekatan
saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, peserta didik dapat menganalisis masalah ekonomi dalam system ekonomi dan menyajikan
hasil analisis masalah ekonomi dalam
system ekonomi dengan penuh tanggung jawab, bekerja keras, toleransi dan bekerja sama.
D.
Materi Pembelajaran
1. Permasalahan
pokok ekonomi Klasik (produksi,
distribusi, dan konsumsi) dan ekonomi modern (apa, bagaimana, untuk siapa)
barang diproduksi
2. Sistem
Ekonomi
a.
Pengertian sistem ekonomi
b.
Macam-macam sistem ekonomi
c.
Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem
ekonomi
3. Sistem
Perekonomian Indonesia
a.
Karakteristik perekonomian Indonesia menurut
UUD 1945 Pasal 33
b.
Nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia
menurut UUD 1945 Pasal 33 (kerja sama, kekeluargaan, gotong royong, keadilan)
E.
Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Model : PBL
c.
Metode : Ceramah,
Diskusi, tanya jawab dan penugasan
F. Media Pembelajaran
Media/Alat : Laptop dan LCD, Peta Konsep dan Power point
G. Sumber Belajar
Ismawanto, Inna Ratna Sari Dewi. 2014. Ekonomi 1. Kelompok Peminatan Ilmu Sosial Kelas X. Surakarta: CV Putra Kertonatan
Ismawanto. 2017.
Panduan Materi Sukses
Olimpiade Sains Ekonomi Jilid 1 (Makro dan Mikro). Jakarta: Bina Prestasi
Insani.
Buku ekonomi lain yang relevan dan ber-isbn, internet dan nara sumber
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pertemuan Minggu V (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a) Kelas
dipersiapkan agar
lebih
kondusif
untuk proses
belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta
buku yang diperlukan).
b) Peserta didik disinggung tentang
materi minggu lalu yaitu konsep dasar ilmu ekonomi dan ekonomi Islam kemudian
menghubungkannya dengan kondisi kehidpan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik
dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
d) Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok
(kelompok I, II, III, IV, V, dan
VI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
a) Sebelum peserta didik mempelajari masalah ekonomi, peserta didik dapat diberikan
apersepsi
dengan menanyakan tentang masalah ekonomi
dan system ekonomi yang mereka ketahui.
b) Kelompok I, III dan V ditugaskan untuk melakukan kajian tentang
Masalah pokok ekonomi secara umum, secara klasik dan secara modern
melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
c)
Kelompok II, IV dan VI ditugaskan untuk melakukan kajian tentang Cara
mengatasi masalah ekonomi melalui buku-buku yang tersedia termasuk ke perpustakaan.
d) Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai
dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan gambar-gambar yang relevan.
e)
Kelompok II, V dan VI ditunjuk oleh
guru
untuk
mempresentasikan kajiannya kemudian kelompok
I, III dan VI yang tidak presentasi
dapat
mengajukan pertanyaan.
f)
Peserta didik diminta
menuliskan hasil diskusi
pada lembar kertas
kerja
g) Hasil diskusi kelompok
kemudian dikumpulkan kepada guru.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Peserta didik dapat
ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
b) Peserta didik diminta untuk
mengumpulkan kertas kerja.
c) Guru menutup pembelajaran minggu ke-5
ini dengan memberikan ringkasan
tentang makna
masalah ekonomi dan cara mengatasinya. Dan
mengajak berdoa semoga pembelajaran hari ini bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
b. Pertemuan Minggu VI (3 JP)
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a) Kelas
dipersiapkan agar
lebih
kondusif
untuk proses
belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, berdoa, presensi (absensi, kebersihan kelas, menyiapkan media dan alat serta
buku yang diperlukan).
b) Peserta didik disinggung tentang
materi minggu lalu yaitu masalah pokok ekonomi dan cara mengatasinya kemudian
menghubungkannya dengan kondisi kehidupan sehari-hari.
c) Peserta didik ditegaskan kembali tentang topik
dan menyampaikan kompetensi yang akan dicapai.
d) Peserta didik dibagi menjadi enam kelompok
(kelompok I, II, III, IV, V, dan
VI) dan diberikan waktu untuk diskusi 30 menit.
|
20 menit
|
Inti
|
a) Peserta
didik dijelaskan
tentang sistem ekonomi suatu negara. Setelah itu
guru juga
menjelaskan mengenai contoh negara-negara yang menggunakan
sistem ekonomi tertentu.
b) Peserta didik ditugaskan dalam setiap
kelompok untuk berdiskusi tentang sistem ekonomi
suatu negara. Waktu diskusi kelompok 30 menit. Bahan materi utama buku teks pelajaran Ekonomi dan
dapat ditambah dengan
buku lain yang tersedia.
c) Setelah diskusi kelompok selesai, setiap kelompok bergiliran
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Kelompok yang tidak presentasi dapat
bertanya
dan atau
memberi masukan.
|
100 menit
|
Penutup
|
a) Peserta didik dapat
ditanya apakah sudah memahami materi tersebut.
b)
Peserta didik diberikan pertanyaan lisan secara acak
untuk mendapatkan umpan balik atas pembelajaran minggu ini.
c) Sebelum
mengakhiri pelajaran, peserta didik diminta untuk menyerahkan kertas kerja dan melakukan penilaian
d) Guru menutup pembelajaran minggu ke-6
ini dengan memberikan ringkasan tentang makna Sistem
ekonomi. Dan mengajak berdoa semoga pembelajaran
hari ini bermanfaat untuk kita semua.
|
15 menit
|
I.
Penilaian Proses dan
Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
Penilaian :
A. Penilaian
Pengetahuan : Tes Tertulis
B. Penilaian
Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik dan
Portofolio
2.
Bentuk Penilaian :
A.
Tes tertulis : Pilihan ganda dan Uraian beserta pedoman penilaian
B.
Unjuk kerja : lembar penilaian
presentasi dan
pedoman penilaian
C.
Portofolio : Pengumpulan tugas
mandiri
3.
Instrumen penilaian :
terlampir
4.
Alat Penilaian : Soal terlampir
Pemalang, 16 Juli 2018
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala SMA Negeri 3 Pemalang
CAHYONO, S.Pd., M.Si. SRI
PUJIASTUTI,S.Pd.
NIP. 19680102 199301 1 004 NIP. 19780924 200701 2
007
Lampiran Materi Pembelajaran
Materi Pertemuan V
MASALAH POKOK EKONOMI DAN SISTEM
EKONOMI
A. MASALAH POKOK EKONOMI
|
1. Masalah Pokok Ekonomi Secara
Umum
Secara umum masalah pokok ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tidak
terbatas, sedangkan alat pemuas untuk memenuhi kebutuhan sifatnya terbatas,
sehingga manusia harus dapat menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan
agar seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi.
2. Masalah Pokok Ekonomi Menurut Teori Klasik
a. Masalah Produksi
b . Masalah Distribusi
Distribusi dapat
dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut.
1) Distribusi
langsung, artinya
menyalurkan barang dari
produsen langsung
kepada konsumen
tanpa melewati
perantara. Contohnya seorang
penjual martabak
memproduksi sendiri dan
langsung menjual
dagangannya kepada pembeli (konsumen).
2)
Distribusi
tidak langsung,
artinya menyalurkan
barang dari produsen kepada
konsumen melalui
perantara. Misalnya melalui pedagang besar (grosir), pedagang
kecil (retailer), agen, makelar, komisioner, eksportir, importir,
dan
penyalur-penyalur yang lainnya.
c.
Masalah
Konsumsi
Untuk melakukan
kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu
sebagai berikut:
1)
faktor intern, meliputi sikap, kepribadian, motivasi diri,
pendapatan seseorang,
selera, dan watak (karakter).
2)
faktor
ekstern, meliputi
kebudayaan, adat istiadat,
lingkungan masyarakat,
status sosial,
keluarga, dan pemerintah.
3. Masalah
Pokok Ekonomi Menurut Teori Modern
a.
Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what)
b
. Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (how)
c.
Untuk
siapa barang-barang
tersebut diproduksi
(for whom)
Untuk memecahkan
ketiga masalah
pokok ekonomi
di atas
dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya kebiasaan
dan tradisi, insting,
serta
komando (paksaan/perintah).
Sementara itu bagi
masyarakat modern, pemecahan
masalah mengandalkan mekanisme harga di pasar. Adapun mekanisme harga itu sendiri adalah proses yang berjalan
atas
dasar daya
tarik-menarik antara konsumen
dengan produsen
yang
bertemu di
pasar.
Gerak harga
yang
terjadi di
pasar akan dapat memecahkan
ketiga masalah pokok ekonomi
di masyarakat, dengan jalan sebagai berikut.
a.
Masalah
What
Masalah What merupakan masalah apa dan berapa banyak barang yang akan diproduksi
yang besar kecilnya sangat dipengaruhi
oleh permintaan
masyarakat. Jika permintaan
masyarakat meningkat, maka harga
akan cenderung
naik dan produsen memperoleh
keuntungan, sehingga akan
memperbesar produksinya.
Sebaliknya jika
permintaan asyarakat
menurun, maka
harga akan
cenderung turun,
sehingga keuntungannnya sedikit dan
produsen akan
mengurangi produksinya.
b
. Masalah How
Masalah How
merupakan masalah bagaimana sumber-sumber ekonomi
(faktor-faktor
produksi) yang
tersedia harus
dipergunakan untuk memproduksi barang-barang, tergantung pada gerak harga faktor produksi
tersebut. Bila
harga faktor
produksi naik,
maka produsen akan
menghemat penggunaan
faktor produksi tersebut dan menggunakan faktor produksi yang lain. Jadi
gerak harga
faktor produksi
menentukan kombinasi yang digunakan produsen dalam produksinya.
c.
Masalah
for Whom
Masalah for Whom merupakan
masalah untuk siapa barang-barang
tersebut diproduksi,
sangat dipengaruhi
oleh distribusi barang
tersebut. Barang
hasil produksi dijual kepada
konsumen. Konsumen
membayar harga barang tersebut dari penghasilannya atas penggunaan
faktor-faktor produksi. Jadi,
gerak harga
barang dan
harga faktor
produksi akan
menentukan distribusi
barang yang dihasilkan.
Instrumen Penilaian Pertemuan V
Jawablah dengan singkat dan jelas
menurut pendapat anda!
1.
Bagaimana
masalah pokok ekonomi secara umum yang terjadi di masyarakat ?
2.
Jelaskan pengertian
produksi, distribusi dan konsumsi secara singkat !
3.
Apa yang terkandung dalam
pengertian masalah pokok ekonomi modern “What”?
4.
Apa
jawaban tentang tiga masalah pokok ekonomi (what,
how, dan
for whom)? Bagaimana
penerapannya di masyarakat
sehingga masalah tersebut dapat terselesaikan?
5.
Masalah for
whom (untuk
siapa barang
diproduksi) sangat terkait
dengan pemasaran/distribusi barang. Jelaskan hal itu!
Score : Setiap
soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4
Tugas :
1. Diskusikanlah dengan
teman kelompok Anda!
2. Perhatikanlah, sejak
manusia bisa menciptakan mobil dari awal penciptaan hingga sekarang muncul
mobil dengan berbagai ragam bentuk maupun model, demikian pula dengan
penciptaan barang-barang yang lainnya, seperti televisi, komputer, dan
handphone. Mengapa manusia tidak pernah menghentikan usahanya untuk
menciptakan, membuat atau mengola suatu benda menjadi alat pemuas kebutuhan
hidupnya?
3. Lakukanlah analisis
terhadap permasalahan tersebut dan buatlah laporan diskusi kepada guru
pelajaran untuk mendapatkan nilai!
Sistematika
laporan minimal terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup, lampirkan sumber dan
dokumen pendukung yang anda miliki.
Materi Pertemuan VI
B. SISTEM EKONOMI
|
Sistem ekonomi
adalah cara
untuk mengatur
atau
mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga
negara atau pemerintah, maupun rumah tangga masyarakat atau swasta. Aktivitas
ekonomi yang dimaksudkan di sini adalah
kegiatan yang
dilakukan oleh
masyarakat yang meliputi kegiatan
produksi, distribusi, dan konsumsi.
Setiap pengusaha atau
usahawan sebaiknya
mengetahui sistem ekonomi untuk membantu dan mempermudah dalam menyelesaikan masalah yang
dihadapi sehari-hari,
karena sistem ekonomi tersebut tidak dapat lepas dari kebijakan yang dilakukan oleh
pemerintah khususnya di
bidang ekonomi.
Pada dasarnya, sistem
ekonomi bisa
dibagi menjadi
empat sistem yang mendasar,
yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi terpusat,
dan sistem ekonomi campuran. Satu per satu sistem ekonomi tersebut dijelaskansebagai berikut.
- Sistem ekonomi tradisional
Masyarakat yang mempunyai sistem ekonomi tradisional adalah
masyarakat yang belum ada pembagian kerja, cara mendapatkan barang dengan
“barter” (natura), belum mengenal uang sebagai alat pembayaran, produksi dan
distribusi terbentuk karena tradisi dan hanya untuk memenuhi kebutuhan
sendiri/masyarakat.
Ciri-ciri
|
Kebaikan
|
Keburukan
|
1.
Belum ada pembagian kerja
2.
Pertukaran dengan sistem barter
3.
Jenis produksi
ditentukan sesuai dengan kebutuhan
4.
Hubungan masyarakat bersifat
kekeluargaan
5.
Bertumpu pada sektor agraris
6.
Keadaan
masyarakatnya masih statis, tradisional dan msikin
|
1.
Setiap
masyarakat termotivasi untuk menjadi produsen
2.
Produksi tidak
ditujukan untuk mencari keuntungan
3.
Dengan sistem
pertukaran barter, masyarakat cenderung bertindak jujur
|
1.
Tidak ada
kerjasama antar individu atau masyarakat
2.
Sulit
mempertemukan kedua belah pihak yang saling membutuhkan
3.
Jenis dan
jumlah barang yang diproduksi sering tidak mencukupi kebutuhan
4.
Sulit
menetapkan ukuran dari barang yang dipertukarkan
|
- Sistem ekonomi sosialis/terpusat
Sistem ekonomi sosialis adalah system ekonomi dimana
seluruh kebijaksaanaan perekonomian ditentukan oleh pemerintah sedangkan
masyarakat hanya menjalankan peraturan yang ditentukan. Sistem ekonomi terpusat
ini berdasar pada teori yang dikemukakan oleh Karl Marx dalam bukunya
yang benjudul ‘Das Kapital’ tahun 1867. Jadi sistem ini lebih bersifat
memerintah, karena campur tangan pemerintah di bidang ekonomi melakukan
pembatasan - pembatasan atas kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat.
Ciri-ciri
|
Kebaikan
|
Keburukan
|
1.
Perencanaan disusun oleh pemerintah pusat
2.
Semua alat
produksi dikuasai oleh negara
3.
Produksi,
distribusi dan konsumsi diatur secara
terpusat
4.
Inisiatif dan
hak milik perorangan dibatasi
|
1.
Pemerintah
bertanggung jawab penuh dalam perekonomian
2.
relatif tidak
ada jurang pemisah antara orang kaya dan miskin
3.
Hasil produksi
dapat dinikmati secara rata
4.
Mudah melakukan pengendalian harga
|
1.
Hak milik
perorangan sangat dibatasi dan rakyat kurang memiliki pilihan
2.
Potensi dan
daya kreasi tidak berkembang
3.
Tidak terdapat kebebasan individu
|
- Sistem ekonomi liberal
Sistem ekonomi liberal adalah suatu sistem dimana negara
memberi kebebasan kepada setiap orang untuk mengadakan kegiatan ekonomi. Sistem
ini berdasar pada teori yang dikekukakan oleh Adam Smith (1723 - 1790) dalam
bukunya yang berjudul ‘The Wealth of Nations’, yang diterbitkannya pada tahun
1776, dengan ajaran pokoknya yaitu memberikan kebebasan perseorangan di setiap
sektor ekonomi.
Ciri-ciri
|
Kebaikan
|
Keburukan
|
1.
Hak milik atas
alat produksi di tangan perorangan
2.
Harga barang
ditentukan oleh permintaan dan penawaran di pasar
3.
Adanya persaingan bebas
4.
Tidak ada
campur tangan pemerintah dalam perekonomian
5.
Modal memegang perang penting
6.
terbuka
kesempatan bagi individu untuk mengejar keuntungan
|
1.
Dapat
meningkatkan efisiensi dan kualitas barang yang diproduksi
2.
Terdorong untuk
mengejar kemakamuran bagi dirinya sendiri
3. Setiap orang atau pengusaha termotivasi mencari
keuntungan
4.
Pemilihan
sektor usaha disesuaikan dengan kemampuan
|
1.
Menimbulkan persaingan tidak sehat
2.
Terdapat kesenjangan kaya dan miskin
3.
Menimbulkan monopoli
4.
Terdapat eksploitasi SDM
5.
Pemanfaatan SDA
sering tidak memperhatikan kelestarian lingkungan
|
- Sistem ekonomi campuran (sosialis dan liberal)
Sistem
ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem liberal dan sistem sosialis,
yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang juga
berarti garis antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu.
Ciri-ciri
|
Kebaikan
|
Keburukan
|
1.
Adanya campur tangan pemerintah dalam perekonomian
2.
Pihak swasta ikut berperan dalam kegiatan perekonomian
|
1.
Sektor ekonomi pemerintah dan swasta terpisah secara
jelas
2.
Fluktuasi
harag dapat lebih terkendali
3.
Hak milik perorangan diakui dan pemerintah mendorongnya
|
1.
Jika peran pemerintah mendominasi akan timbul etatisme
2.
Jika peran swasta mendominasi, akan timbul monopoli
yang merugikan masyarakat
|
5. Sistem Ekonomi Indonesia (Kerakyatan)
Sistem ekonomi
yang digunakan
di Indonesia
bardasar atas demokrasi ekonomi.
Apakah pengertian demokrasi ekonomi? Demokrasi ekonomi menunjukkan arti
bahwa produksi dikerjakan oleh
semua masyarakat,
dan untuk
semua di
bawah pimpinan
atau pemilikan
anggota masyarakat.
Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran
orang seorang.
Sistem ekonomi
di Indonesia
berdasar Pancasila,
UUD 1945,
serta GBHN,
sehingga disebut
sebagai “sistem
ekonomi berdasar
demokrasi ekonomi Pancasila”.
Demokrasi ekonomi yang diterapkan
di Indonesia mengandung
ciri-ciri positif sebagai berikut.
a.
Perekonomian disusun sebagai usaha
bersama berdasar atas- asas kekeluargaan.
b
. Cabang-cabang produksi
yang penting bagi negara dan yang
menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
c. Bumi dan
air dan
kekayaan alam
yang terkandung
di dalamnya
dikuasai oleh
negara dan
dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
d.
Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan
dengan permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat serta pengawasan
terhadap kebijaksanaannya
ada pada
lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.
e.
Fakir
miskin dan
anak-anak yang
terlantar dipelihara
oleh negara.
f. Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan
yang dikehendaki serta mempunyai
hak akan pekerjaan dan
penghidupan yang layak.
g.
Hak
milik perorangan
diakui dan
pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan
masyarakat.
h.
Potensi,
inisiatif, dan daya
kreasi setiap
warga negara
diperkembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan
umum.
Selain ciri-ciri
positif demokrasi ekonomi Pancasila yang disebutkan di atas, ada pula ciri-ciri
negatif dalam demokrasi ekonomi Pancasila. Adapun ciri-ciri negatif dalam sistem perekonomian Indonesia yang harus
dihindarkan di antaranya
sebagai berikut.
a.
Sistem
free fight
liberalism,
yakni yang
menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain.
b .
Sistem
etatisme, yakni
negara serta
aparatur ekonomi
bersifat dominan, mendesak
dan mematikan
potensi dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara.
b. Monopoli, yakni pemusatan
kekuasaan ekonomi pada satu kelompok.
Instrumen Penilaian Pertemuan VI
Jawablah dengan singkat dan jelas menurut pendapat anda!
1.
Berikan penjelasan sistem ekonomi sosial dan sistem ekonomi
liberal!
2.
Berikan contoh negara-negara
yang menganut
sistem ekonomi liberal!
3.
Berikan contoh negara-negara
yang menganut
sistem sosialis!
4.
Apakah Indonesia dapat dikatakan menggunakan sistem ekonomi campuran?
Berikan penjelasan tentang pernyataan tersebut!
5.
Identifikasikan kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional
dan sistem ekonomi campuran!
Score : Setiap
soal memiliki score 5
Nilai akhir : Jumlah Score x 4
TUGAS KELOMPOK
Lakukanlah tugas
berikut bersama teman kelompokmu! Selesaikan permasalaan berikut dilihat dari
sudut pandang dan hubungan antara masalah ekonomi, pilihan, biaya peluang,
skala prioritas kebutuhan, pengelolaan keuangan, permasalahan pokok ekonomi,
dan sistem ekonomi! Apakah penyebab
sering terjadinya kelangkaan bahan-bahan pangan di negara Indonesia yang subur,
makmur, dan kaya sumber daya alam? Sebagai contoh, pada tahun 2007 terjadi
kelangkaan minyak goreng, tahun 2013 kelangkaan BBM dan kedelai. Buatlah analisis dan laporan hasil kerja ditulis
dengan bahasa yang baik dan benar! Kumpulkan hasil kerja kepada guru mata
pelajaran.
PENILAIAN KETRAMPILAN
Penilaian
kompetensi ketrampilan : Penilaian Proyek
KD
|
IPK
|
4.2 Menyajikan
hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
|
4.2.1
Mempresentasikan hasil
analisis masalah ekonomi dan cara
mengatasinya berdasarkan sistem ekonomi
|
Satuan pendidikan : SMA
NEGERI 3 Pemalang
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester
: X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
Nama Siswa/Kelompok
|
Skor Perolehan
|
Jml
|
||||
Kerjasama kellompok
|
Kecepatan pengerjaan
|
Ketepatan pengerjaan
|
Tehnik presentasi
|
Laporan
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai atau skor
dalam rentang 0 – 100
Nilai akhir
ketrampilan :
Penilaian kompetensi ketrampilan : Portofolio
KD
|
IPK
|
4.2. Menyajikan
hasil analisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi
|
4.2.1.
Mempresentasikan hasil
analisis masalah ekonomi dan cara
mengatasinya berdasarkan sistem ekonomi
|
Satuan pendidikan : SMA
NEGERI 3 Pemalang
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester
: X/1
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
Nama Siswa
|
SKOR
|
Nilai Akhir
|
||
Ketepatan waktu
|
Kerapihan
|
Kebenaran Jawaban
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
25.
|
|
|
|
|
|
26.
|
|
|
|
|
|
27.
|
|
|
|
|
|
28.
|
|
|
|
|
|
29.
|
|
|
|
|
|
30.
|
|
|
|
|
|
31.
|
|
|
|
|
|
32.
|
|
|
|
|
|
33.
|
|
|
|
|
|
34.
|
|
|
|
|
|
35.
|
|
|
|
|
|
36.
|
|
|
|
|
|
Nilai atau skor
dalam rentang 0 – 100
Nilai Akhir =
SOAL ULANGAN HARIAN
1. Inti atau pokok
permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh setiap masyarakat atau suatu negara
adalah masalah-masalah:
a.
ketidakseimbangan antara
permintaan (demand) dan penawaran (supply)
b.
apa yang
diproduksi, bagaimana memproduksi, dan untuk siapa diproduksi
c.
stabilitas harga dan
kesempatan kerja (inflasi dan pengangguran)
d.
ketidakstabilan kurs
mata uang dalam negeri terhadap valuta asing
e.
ketidakmerataan
(kesenjangan) distribusi pendapatan nasional
2.
Di antara keadaan-keadaan di bawah ini yang paling
tepat menggambarkan sumber masalah ekonomi
adalah....
a.
subsidi atas harga bahan bakar minyak kian membesar
b.
harga-harga barang
secara umum dan tingkat penganggur meningkat
c.
harga obat dan uang sekolah semakin tak terjangkau
oleh masyarakat luas
d. kayu jati semakin sulit
didapat dan tidak tersedia di toko-toko bahan bangunan
e. perusahaan-perusahaan
menghadapi tuntutan kenaikan upah oleh para pekerjanya
3. Seorang wirausaha akan melakukan kegiatan yang terkait dengan
produksi baik berupa barang maupun jasa. Berikut ini kegiatan yang dilakukan
seorang wirausaha:
(1) Bagaimana distribusi yang paling efektif
(2) Jenis barang apa yang akan diproduksi
(3) Jumlah modal sangat menentukan
tingkat produksi
(4) Bagaimana teknik produksi yang
digunakan
(5) Target dan sasaran akhir dari
barang yang diproduksi
Yang merupakan masalah pokok ekonomi modern adalah
… .
a.
(1), (2),
dan (3)
b.
(1), (3),
dan (4)
c.
(2), (3),
dan (4)
d. (2), (4), dan (5)
e.
(3), (4),
dan (5)
4.
Seorang pengusaha handycraft
ingin mengembangkan produk, sehingga banyak permintaan di pasaran. Untuk
memenuhi permintaan tersebut pengusaha menambah mesin dan tenaga warga dari
lingkungan sekitar.
Berdasarkan
ilustrasi di atas, masalah pokok ekonomi dari pengusaha adalah ....
A.
barang apa yang akan diproduksi
B.
siapa yang akan memproduksi
C. bagaimana akan diproduksi barang
D.
untuk siapa barang diproduksi
E. dimana barang
diproduksi
5.
Di bawah ini beberapa masalah yang dihadapi
oleh manusia :
- Ibu Sumarsih sedang berfikir barang apa yang akan diproduksi dalam rangka membuka usaha baru
- Bapak Sumarso sedang memilih-milih barang apa yang akan ia beli sewaktu berbelanja di Super Mall
- Bapat Tinoto sedang menghitung-hitung berapa jumlah pesanan kue pada hari ini, sehingga ia dapat menetukan jumlah kue yang akan dibuat
- PT Astra Motor sedang merencanakan bagaimana dapat memproduksi sepeda motor dengan harga di bawah Rp 5.000.000,00 agar terjangkau untuk masyarakat lapisan terbawah
- CV Kenari sedang melaksanakan rapat pimpinan untuk memprediksi jumlah keuntungan yang akan diraih tahun ini
Masalah di atas yang merupakan permasalahan pokok ekonomi
modern adalah .....
a. 1, 2 dan 3 c.
1, 3 dan 5 e. 3, 4 dan 5
a.
1, 3
dan 4 d. 2, 3 dan 4
6.
Berikut ini adalah beberapa permasalahan ekonomi yang terjadi di
masyarakat:
1. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas menimbulkan keserakahan manusia,
sehingga terjadi eksplorasi sumberdaya alam secara membabi buta tanpa
memerhatikan aspek lingkungan.
2. Dalam menentukan barang atau jasa apa yang akan diproduksi memerlukan
kecerdasan seorang wirausaha dalam menciptakan inovasi dan penemuan hal-hal
yang baru.
3. Untuk memproduksi barang atau jasa perlu dipikirkan teknologi yang
tepat guna dan berdaya guna agar terjadi efisiensi, sehingga dapat memberikan
keuntungan bagi produsen.
4. Sumberdaya alam yang keberadaannya sangat terbatas perlu diatur tatacara eksplor dan
penggunaannya, sehingga tidak merusak lingkungan yang dapat menimbulkan bencana
alam.
5. Dalam memproduksi barang seorang produsen perlu memerhatikan untuk
konsumen yang mana barang tersebut diproduksi, sehingga tidak salah produksi.
Permasalahan
di atas yang merupakan permasalahan ekonomi modern adalah butir….
A. 1, 2, dan 3 D.
2, 4, dan 5
B. 1, 3, dan 5 E. 3, 4, dan 5
C. 2, 3, dan 5
7.
Di dalam negara B
pembangunan ekonomi dilakukan bersama-sama antara pemerintah dan swasta.
Kegiatan ekonomi dilakukan oleh masyarakat di bawah pengawasan pemerintah.
Potensi, inisiatif, dan daya kreasi
masyarakat dikembangkan sepanjang tidak merugikan kepentingan umum, namun masih
adanya pemusatan ekonomi pada satu kelompok tertentu. Dari ilustrasi di atas,
peran pemerintah dalam sistem ekonomi di atas adalah ....
A. pemerintah ikut mengatur dan mengawasi perekonomian suatu
negara
B.
pemerintah memberi kebebasan melakukan kegiatan ekonomi
C.
pemerintah berperan dominan di bidang ekonomi
D.
pemerintah membatasi munculnya kreatifitas warga negara
E. pemerintah
memiliki monopoli dalam perekonomian
8. Setiap negara
mempunyai sistem ekonomi yang berbeda-beda, karena ditentukan oleh sistem nilai
yang dianut oleh negara yang bersangkutan. Oleh karena itu setiap negara
mempunyai ciri khas, diantaranya cara memecahkan masalah ekonomi. Berikut ini
adalah cara memecahkan masalah ekonomi yang dianut oleh suatu negara,
KECUALI .....
A.
Barang dan jasa kebutuhan masyarakat yang akan diproduksi
diserahkan kepada pihak swasta karena sistem ekonomi yang dianut kapitalis
B.
Teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
ditentukan oleh pemerintah karena sistem ekonomi yang dianutnya ekonomi
terpimpin
C.
Barang dan jasa yang akan diproduksi berdasarkan
permintaan dan penawaran dari masyarakat karena sistem ekonominya liberal
D.
Seluruh barang dan jasa kebutuhan masyarakat yang akan diproduksi
ditentukan pemerintah karena sistem ekonominya komando
E. Ada produk berupa barang dan jasa yang diproduksi oleh
pemerintah, terutama yang menguasai hajat hidup orang banyak, dan oleh
masyarakat bila sistem ekonominya sosialis
9. Sistem ekonomi
Indonesia sekarang ini tergolong sistem ekonomi campuran antara sistem ekonomi
liberal yang kapitalis dan sistem ekonomi ternasional yang sosialis. Hal ini
antara lain terlihat dari atau ditandai dengan:
a.
rendahnya pendapatan per
kapita dan timpangnya ditribusi pendapatan
b.
dominannya sektor
informal dan maraknya pasar gelap (black market)
c.
berkembangnya sektor
modern dan sektor tradisional secara berdampingan
d.
dikuasainya
berbagai kegiatan hajat hidup orang banyak oleh negara
e.
selarasnya kehidupan
masyarakat perkotaan dengan masyarakat perdesaan
10. Perhatikan matrik di bawah ini :
A
|
B
|
C
|
||
1. Siapapun boleh mendirikan perusahaan
|
1. Setiap orang boleh memiliki apa saja yang ia kehendaki
|
1. Setiap orang bekerja dan ditempatkan oleh pemerintah
untuk kepentingan negara
|
||
2. Di negara tersebut yang ada hanya perusahaan milik
pemerintah
|
2. Air, langit dan bumi beserta
isinya adalah milik negara
|
2. Setiap orang berhak untuk mengembangkan diri seluas-luasnya
|
||
Berdasarkan tabel di
atas yang merupakan ciri dari sistem ekonomi pasar adalah .....
a.
A1, B1
dan C2 d. A2, B1 dan C1
b.
A1, B2 dan C2 e. A2, B2 dan C2
c.
A1, B2 dan C2
11. Sistem lain dalam
aspek atau bidang kehidupan nonekonomi yang sering berkaitan erat dengan sistem
perekonomian di suatu bangsa atau negara ialah....
a.
sistem
sosial-kemasyarakatan
b.
sistem kebudayaan
c.
sistem keuangan
d. sistem
pemerintahan
e.
sistem
pertahanan-keamanan
12.
Sebagian besar penyediaan barang dan jasa dilakukan dengan
mekanisme pasar. Manakah diantara jenis barang atau jasa berikut yang
penyediaannya tidak mungkin diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar?
a.
Lembaga keuangan seperti bank umum,
bank perkreditan rakyat
b.
Beras, terigu, minyak, dan gula serta
sembako dan lainnya
c.
Transportasi umum seperti bus antar
kota da bus kota
d.
Koran, TV dan media masa lainnya
e. Kepolisian, kejaksaan dan
kehakiman
13. Suatu sistem ekonomi dimana tujuan utamanya adalah kebebasan dan efisiensi
ekonomi yang diperoleh dengan memfasilitasi persiangan secara sehat bagi
seluruh warga negaranya disebut …..
A.
Sistem ekonomi pasar
B. Sistem ekonomi komando
C. Sistem ekonomi tradisional
D. Sistem ekonomi campuran
E.
Sistem ekonomi
kesejahteraan
14. Masyarakat mempunyai
cara-cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi persoalan ekonomi yang
dihadapinya :
1) Pada saat
menjelang hari raya idul fitri, produksi sarung diperbanyak jumlahnya
2) Menghemat
penggunaan BBM dan beralih ke elpiji
3) Untuk mengatasi
produksi apel yang melimpah, pemerintah berencana untuk membangun pabrik
pengolahan apel
4) Menciptakan
alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
5) Memanfaatkan
hasil hutan dengan cara tebang pilih
Untuk
mengatasi persoalan inti ekonomi dapat dilakukan dengan cara .....
A. 1), 2), dan 3) D. 2),
4), dan 5)
B. 1), 3), dan 5) E. 3), 4), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
15. Saat ini
persaingan usaha sangat ketat, terutama di bidang produksi tekstil. Tekstil
dari Cina di pasar dalam negeri dijual dengan harga yang sangat murah. Bu Murti
seorang pengusaha tekstil ingin mengembangkan usaha agar dapat bersaing dan
meningkatkan keuntungan perusahaannya. Masalah ekonomi modern yang dihadapi Bu
Murti adalah ....
A. Untuk siapa
barang tersebut diproduksi
B. Berapa banyak
dana yang dibutuhkan untuk produksi
C. Kapan barang
akan diproduksi
D. Barang apa yang
harus diproduksi
E.
Bagaimana
cara memproduksi barang dengan efisien
16. Ketika menghadapi masalah ekonomi,
setiap orang secara otomatis akan menerapkan prinsip ekonomi, entah itu
disadari ataupun tanpa disadari. Istilah teknis bagi penerapan prinsip ekonomi
ialah...
a. efisiensi
b. modifikasi
c. sinkronisasi
d. maksimalisasi
e. optimalisasi
17. Kebaikan sistem ekonomi pasar
antara lain ….
a.
harga ditentukan oleh mekanisme harga
b. mudah memperoleh barang karena banyak penjual
c. terjadi
efisiensi dan barang berkualitas
d. barang selalu terjual
karena pembeli banyak
e. barang yang dijual
homogen sehingga di manapun selalu
ada
18. Salah satu ciri negara yang menganut
sistem ekonomi liberal-kapitalisme ialah...
a. segala keputusan ekonomi
diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar
b. kegiatan
bisnis hanya terbuka bagi dan dijalankan oleh pemodal-pemodal besar
c. kepala
pemerintahannya selalu seorang pengusaha atau mantan pengusaha besar
d. perusahaan-perusahaan
multinasional merupakan penggerak roda perekonomian
e. pasar
modal atau bursa efek di negara yang bersangkutan sudah sangat mapan
19. Sepanjang kurun 1959-1965 Indonesia
menerapkan sebuah sistem ekonomi yang Pemerintah RI sendiri ketika itu
dinamakan...
a. Sistem ekonomi liberal
b. Sistem ekonomi Pancasila
c. Sistem ekonomi terpimpin
d. Sistem ekonomi
kapitalisme rakyat
e. Sistem ekonomi berdikari
(berdiri di atas kaki sendiri)
20. Dewasa ini di dunia praktis hanya
tinggal beberapa negara yang masih menjalankan sistem ekonomi sosialis,
yaitu....
a. kuba dan rusia
b. kuba dan korea utara
c. rusia dan republik rakyat cina
d. korea
utara dan republik rakyat cina
e. kuba, rusia, korea utara, dan republik
rakyat cina
21.
Perhatikan
permasalahan di bawah ini:
1)
Untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat perlu dibuka kesempatan kerja seluas-luasnya
2)
Masalah
kemiskinan dapat diatasi sejak dari akamya, yaitu dengan memberi kesempatan
seluas-luasnya kepada masyarakat dalam bidang pendidikan
3)
Rendahnya tingkat
investasi, menyebabkan rendahnya produktivitas
4)
Bagaimana
anak-anak akan tumbuh menjadi atlet profesional atau ahli ekonomi profesional
atau pemprogram komputer
5)
Seberapa luas
lahan yang ajcan digunakan untuk menanam cabai, dan seberapa luas untuk menanam
jagung
Pernyataan di atas yang
merupakan permasalahan ekonomi modem adalah butir....
A. 1 dan 2 D. 3 dan 4
B. 2 dan 3 E. 4 dan 5
C. 2 dan 4
22.
Di negara ini, peranan masyarakat hampir tidak
terlihat karena peranan pemerintah sangat dominan. Kegiatan ekonomi ditentukan
pemerintah dan seluruh faktor produksi dimilik negara. Oleh karena itu, Pak
Rahman yang sudah memiliki usaha selama 5 (lima) tahun di negara tersebut ingin
segera memindahkan usaha yang sudah dijalani ke negara yang menganut sistem
ekonomi pasar.
Berdasarkan ilustrasi tersebut, cara yang
tepat dapat dilakukan Pak Rahman adalah ....
A.
Bergabung dengan para pengusaha yang berasal dari
negara lain yang menganut sistem ekonomi pasar di negara tersebut
B.
Memperkenalkan penerapan sistem ekonomi pasar ke
pelaku ekonomi yang ada di negara yang menganut sistem ekonomi terpusat
C.
Mempelajari
penerapan sistem ekonomi pasar sebagai bekal untuk diterapkan di negara yang
menganut sistem ekonomi terpusat
D.
Memperkenalkan penerapan sistem ekonomi terpusat
kepada pelaku ekonomi yang ada di negara yang menganut sistem ekonomi pasar
E.
Mempelajari penerapan sistem ekonomi pasar yang sangat
bermanfaat untuk digunakan ketika membuka usaha di negara tersebut
23.
Di negara ini
jarang terjadi krisis karena seluruh produksi, distribusi, dan konsumsi dikendalikan
oleh pemerintah. Masyarakat tidak diberi kebebasan untuk memiliki faktor-faktor
produksi. Hampir tidak ada jurang pemisah antara yang kaya dan miskin.
Dari ilustrasi di atas, sistem ekonomi yang diterapkan
di negara tersebut adalah ....
A. terpusat
B. tradisional
C. pasar
D. campuran
E.
demokrasi ekonomi
24.
Untuk menghasilkan kecap, tahu, tempe dan susu kedelai dibutuhkan
bahan baku kedelai yang cukup banyak,
sehingga petani dalam negeri
tidak mampu mencukupi kebutuhan tersebut, maka langkah yang tepat untuk
mengatasi masalah itu adalah ....
A.
mengurangi konsumsi kecap, tahu, kedelai dan susu kedelai
B.
menggiatkan petani untuk memperluas areal penanaman kedelai
C.
mengoptimalkan
peningkatan produksi dan mengimpor kekurangannya
D.
berusaha untuk mengimpor kedelai dari luar negeri meskipun
harganya mahal
E.
melarang masyarakat untuk mengkonsumsi kecap, tahu, tempe maupun
susu kedelai
25. Pemerintah
daerah berupaya membangun perumahan bersubsidi yang harganya terjangkau bagi
masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Hal tersebut dilakukan untuk
mengatasi permasalahan yang terkait dengan masih banyaknya warga masyarakat
yang belum memiliki tempat tinggal. Kegiatan tersebut menunjukkan adanya upaya
pemecahan permasalahan pokok ekonomi modern yaitu....
A. untuk siapa barang diproduksi
B. barang apa yang harus diproduksi
C. bagaimana cara memproduksi
D. di mana barang akan diproduksi
E. berapa banyak jumlah yang diproduksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar